Proyek Seribu Artikel - Sudah Siap Dong?

18.29
Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam!. Pembaca www.dodypurwanto.com yang budiman, konten merupakan "gizi" utama yang wajib tersedia pada blog. Blog dengan konten yang minim akan cenderung susah untuk bisa bertengger di halaman pertama mesin pencari Google. Bisa jadi blog itu akan "ditenggelamkan" oleh waktu dan menjadi blog yang mati suri. Blog yang mati suri bisa dilihat ciri khasnya melalui statistik kunjungan yang menunjukkan angka nol alias zero traffic. Semoga ini tidak terjadi pada blog Anda, meskipun saya pernah mengalaminya.

Agar trafik blog selalu terjaga kesegaran dan kebugarannya, maka berbagai tips dan trik bisa Anda gunakan untuk melakukan optimasi pada blog Anda. Mulai dari menerapkan teknik SEO, blogwalking, atau yang paling canggih adalah menulis artikel setelah melakukan keywords research ( saya belum jago tentang ini) yang bisa menciptakan trafik yang dahsyat dan memukau.

Salah satu target yang sedang saya uber dan "geber" terus saban hari adalah sebuah aktifitas yang saya beri judul "Proyek Seribu Artikel". Pengertian proyek seribu artikel ini adalah suatu aktifitas yang melibatkan hati, pikiran, dan tubuh untuk memenuhi blog dengan artikel sampai dengan seribu judul. Dan proyek seribu artikel menurut saya akan lebih mudah diterapkan pada blog tipe "gado-gado".

Gambar: limakaki.com

KENAPA HARUS SERIBU ARTIKEL?
Beberapa master blogger seperti Mas Sugeng, Mba Juragan Cipir, dan beberapa blogger lainnya pernah menuliskan artikel yang isinya mengajak para blogger untuk memposting minimal 1000 artikel jika ingin merasakan gurihnya penghasilan dari blog, terutama untuk para Publisher Google Adsense. Petuah bijak mereka sampai saat ini masih saya pegang teguh seteguh mungkin. Apalagi blog saya memang belum terisi sampai seribu artikel untuk saat ini.


Sedangkan menurut pemahaman sederhana saya mengatakan bahwa semakin banyak jumlah artikel yang tersedia, maka akan semakin sering pula blog kita dikunjungi pengguna internet. Misalnya dalam blog Anda terdapat 100 buah artikel. Tentu tidak semua artikel akan menjadi populer dan mendapatkan page view yang banyak. Katakanlah kita ambil 20%nya, berarti ada 20 artikel (dari 100 buah artikel) yang berpotensi mendatangkan trafik.

Nah, jika 100 artikel ini tidak Anda tambah menjadi berlipat-lipat jumlahnya, sudah pasti blog akan tenggelam. Lain lagi dengan blogger-blogger yang sudah mahir melakukan riset kata kunci, khusus untuk mereka tidak termasuk dalam pembahasan kali ini. Artikel seperti apapun jika itu dihasilkan dari riset kata kunci akan sering nangkring di halaman pertama Google.

Hemm...terus terang saya tak mau terlalu pusing mikirin kata kunci. Saya lebih mengutamakan "kreatifitas murni" dari otak manusia yang bisa dijuluki sebagai super prosesor. Waktu sangat berharga, jangan gara-gara sibuk melakukan riset kata kunci, Anda menunda untuk menulis artikel pada blog. Saran saya, riset kata kunci bisa dilakukan sembari terus mengupdate artikel.

SUDAH 1000 ARTIKEL, TAPI TRAFIK BLOG MASIH "MBLEBEK"?
Hal seperti ini pasti pernah dialami oleh sebagian blogger. Jumlah artikel sudah melebihi seribu buah, tapi kenapa ya trafiknya tersendat-sendat? Ibarat sepeda motor, maka ia akan sering mogok di tengah jalan alias "mblebek", dan sepeda motor tersebut tentu harus "nginep" dulu di bengkel.

Ini juga pernah saya alami. Artikel salah satu blog saya yang sudah berisi 300 buah artikel tapi memiliki trafik yang sangat kecil, hanya 10 sampai 20 unique visitor saja yang terlihat. Lalu saya lakukan daur ulang pada beberapa artikel, dilanjutkan dengan menambahkan beberapa buah artikel. Hasilnya lumayan deh, meskipun baru mendatangkan 100 an pengunjung tetap. Walaupun begitu, saya sering menelantarkan blog tersebut. Ibarat kata blog tersebut seperti "isteri" kedua yang ditelantarkan suaminya...hehehe. Kasihan yah "isteri kedua" (blog) saya itu?

Masih "mblebek" juga trafiknya? Setahu saya blog yang memiliki artikel diatas 1000 rata-rata sudah memiliki trafik yang mumpuni dan relatif lebih stabil. Tapi tentu harus sering dirawat dan dipupuk agar makin subur dan makmur. Kalau nggak dirawat yah buktinya sudah ada, yakni saat kemaren selama dua hari blog Juragan Cipir nggak bisa diakses, setelah normal kembali saya lihat ada penurunan trafik yang cukup lumayan (untuk blog sekelas Juragan Cipir tentunya). Trouble pada server membuat blog tersebut trafiknya sedikit lebih gemuk.

Saya yakin Sobat blogger sekalian tentu punya resep jitu masing-masing agar blog bisa terus melejit setinggi mungkin. Jika masih belum terjadi sesuai harapan, jangan berkecil hati, jangan menyerah. Belajar, menulis artikel, belajar lagi, posting artikel lagi (jangan lupa diselingi blogwalking yah?). Semoga proyek seribu artikel ini bisa saya wujudkan. Semoga bermanfaat dan Salam Olahraga!
Previous
Next Post »

12 komentar

  1. Duh berat ampe 1000 artikelmah mas, saya aja ampe sat ni masi cuma 200 artikel.. duh susahnyo nulis sering2 juga kadang gada inspirasi ya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya sih memang berat, tapi kalau sedikit "dipaksa" untuk nulis lama-lama ketagihan sendiri. Hemm...kalau lagi nggak ada ide buat nulis sering-sering saja ngeliatin foto saya mba Vika, nanti muncul deh ide-ide buat nulis...hehehe.

      Hapus
  2. Saya saja masih mengejar 100 artikel untuk blog saya...:) Semoga saya nanti juga bisa mencapai 1000 artikel untuk posting diblog.
    Salam Kenal Kang Dody...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba Elin. Semangat terus untuk update artikelnya. Insha Allah suatu saat akan menjadi blog yang mantap!

      Hapus
  3. Untuk saat ini jumlah postingan dalam blog saya sudah sekitar 1.400-an dan Insya Allah akan terus bertambah. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang, blog Abang sudah oke kece badai. Berarti Abang tinggal ngejar Proyek 10.000 artikel...hehehe.

      Hapus
  4. kalo sampe 1000 sih belum pernah, paling ratusan itupun tidak lanjut; keburu kena penyakit bosan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus Sobat, nanti makin lama juga bakal tercapai itu 1000 artikel. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  5. Nah itu dia, terkadang sudah banyak artikel tapi gak ada yang cari susah juga... apalagi kalau mau pasang GA kan jadi lama sampe ke batasnya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat terus Sobat, blog saya juga dulu pernah nggak ada trafiknya sama sekali alias zero traffic. Sekarang sedikit demi sedikit mulai membaik.

      Hapus
  6. Artikel motivasi buat para bloger.
    Salam olah raga otak dan jari Mas dody, hehhee..

    10000 artikel adalah impian saya, tapi butuh berapa tahun yah hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung per harinya berapa Sobat Anderline. Kalau bikinnya 10 artikel per hari ya dalam waktu 3 tahun sudah terkumpul jumlah 10.000. Hehehe...

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya