Hemat dan Sehat Dengan Membawa Makanan Dari Rumah

22.10
Makanan yang sehat sangat diperlukan oleh tubuh manusia agar dapat menghasilkan energi yang maksimal untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Mahalnya harga makanan yang sudah jadi yang biasanya dibeli di warung makan seperti warteg, warung nasi padang, restoran, cafe, dan tempat lainnya membuat beberapa orang memilih untuk membawa bekal makanan sendiri.

Dilihat dari sudut pandang ekonomi dengan membawa bekal makanan sendiri jelas akan menghemat pengeluaran keluarga. Selain itu dilihat dari segi kesehatan anggota keluarga dapat terjamin kesehatannya karena makanan yang mereka bawa dapat ditelusuri dengan jelas asal-usulnya. Yakni dari bahan bakunya, dari kualitasnya, dan dari kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut. Apalagi saat ini dengan pertumbuhan ekonomi yang kurang baik, inflasi menjadi kenyataan yang harus dihadapi keluarga di seluruh Indonesia. Naiknya harga kebutuhan pokok, seperti sembako, sayuran, dan buah-buahan memberikan dampak menurunnya kemampuan keluarga dalam berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari.

Bukan hanya faktor ekonomi yang menyebabkan orangnya memilih untuk membawa bekal makanan sendiri, saat ini mencari makanan siap saji dengan rasa yang pas di lidah dan harga yang sesuai di kantong masih sangat sulit untuk didapatkan. Alasan rasa makanan yang kurang enak menjadi faktor utama yang mendorong orang untuk membawa bekal makanan sendiri. Meskipun Kota besar seperti Jakarta merupakan pusat bisnis, namun kenyataan menunjukkan bahwa masyarakat golongan menengah ke bawah kesulitan mencari tempat kuliner yang rasa dan harga sesuai dengan kantong mereka.

Selain itu anggota keluarga yang lain dapat menikmati makanan tersebut dengan harga yang lebih murah, yakni dengan cara membeli bahan baku makanan langsung dari pasar. Tentu kita akan mendapatkan selisih harga yang sangatlah berbeda. Anda dapat mengatur kapan harus membawa bekal makanan sendiri dan kapan saat yang tepat untuk jajan.

Misalnya dari hari Senin sampai Kamis Anda memutuskan untuk membawa bekal makanan, kemudian untuk hari Jumat dan hari Sabtu anda dapat memuaskan selera makan Anda di warung atau kafe langganan Anda. Yang terpenting adalah jangan sampai kebutuhan gizi sehari-hari tidak terpenuhi dan disiplinkan diri untuk makan tepat waktu agar tidak menimbulkan penyakit penyakit yang dapat mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Apalagi apabila jam istirahat di tempat kerja Anda terbatas, membawa bekal makanan sendiri memberikan keuntungan yakni Anda dapat menggunakan waktu yang sebentar tersebut untuk melaksanakan ibadah Salat lima waktu. Dengan demikian produktifitas tetap terjaga dan Anda lebih bersemangat lagi untuk bekerja.

Hemat dan Sehat Dengan Membawa Makanan Dari Rumah
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya