3 Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

00.57
3 Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Siapa sih orang yang tidak ingin hidup sehat dan bahagia? Setiap manusia pasti selalu berharap dan berusaha agar dirinya bersama anggota keluarga tercinta terhindar dari berbagai macam penyakit. Menjaga kesehatan tubuh menjadi tema penting bagi manusia modern yang menyadari bahwa semakin hari kualitas hidup kita dari aspek kesehatan semakin menurun. Ada banyak faktor penyebab menurunnya kualitas kesehatan manusia modern, diantaranya adalah:
  1. Tekanan Aktivitas dan Pekerjaan. Pekerjaan yang menjadi rutinitas sehari-hari seringkali memberikan tekanan batin yang luar biasa bagi manusia. Apalagi jika tempat dan suasana kerja yang penuh dengan kesibukan, sering terjadi konflik antar teman, lokasi yang kurang hijau alias tidak memiliki banyak pohon, semakin menambah tekanan atau stress yang memicu berbagai penyakit berbahaya.
  2. Polusi Udara dan Suara. Udara yang kurang bersih dan segar dapat mengurangi kualitas kesehatan manusia. Masyarakat yang hidup di wilayah perkotaan sangat dirugikan akibat polusi udara yang berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan bau tidak sedap dari saluran air yang tidak normal. Polusi suara juga dapat berakibat buruk yakni berkurangnya kualitas tidur manusia. Berbeda dengan orang yang hidup di desa, di kota kita tidak mungkin lagi mendengarkan suara jangkrik dan nyanyian serangga malam, yang sebenarnya bermanfaat untuk menetralkan gelombang otak manusia.
  3. Gaya Hidup Yang Buruk. Gaya hidup manusia modern yang buruk ini diantaranya: makan dan tidur yang tidak teratur, terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji yang tentu saja mengandung berbagai zat berbahaya, kurang banyak berolah raga, dan jarang minum air putih yang cukup. Gaya hidup seperti ini jelas merusak kualitas kesehatan manusia.
Oleh karena itu, upaya untuk memperbaiki perilaku dan kondisi lingkungan agar kita senantiasa sehat dan bahagia mesti diprioritaskan. Berikut ini ada 3 hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita lakukan:
  • Tidur Yang Cukup. Kebiasaan begadang di malam hari sangat tidak baik bagi kesehatan. Ibaratnya kita sedang menyiksa organ-organ tubuh untuk bekerja diluar proses yang wajar. Biasanya organ tubuh yang paling lemah yang akan terluka atau mengalami peradangan dan terjadi penyakit kronis pada organ tubuh tersebut. Biasakan untuk tidur teratur sesuai kebutuhan, hal ini karena waktu lamanya tidur antara seseorang dengan orang lain berbeda-beda. Meskipun begitu kita dapat menggunakan kisaran yang diberikan oleh para ahli kesehatan, yakni dikisaran 8 jam sehari dan jangan berlebihan atau kekurangan.
  • Kurangi Makanan Pedas dan Berlemak. Makanan pedas yang dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Kita bisa uji coba menggunakan telapak tangan kita, seperti apa rasanya telapak tangan yang terkena sambal pedas dan dibiarkan lama. Panas dan menyakitkan bukan? Nah, seperti itulah yang akan terjadi pada usus kita. Kalau usus kita kebetulan dalam kondisi fit memang tidak menjadi masalah. Namun, jika yang dialami adalah sebaliknya, maka bersiap-siaplah untuk menikmati rasa sakit pada usus kita. Begitu juga kita harus mengurangi makanan enak berlemak seperti jeroan, bebek goreng, daging kambing muda, dan lain sebagainya. Makanan berlemak seperti itu mengandung kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan penyakit stroke dan penyakit berbahaya lainnya.
  • Kurangi Makanan dan Minuman Manis. Orang jaman dahulu sering melakukan puasa dengan cara tidak makan nasi dan minum yang manis-manis selama satu minggu, mereka hanya mengkonsumsi makanan seperti kentang, ubi, atau singkong. Cara ini terbukti ampuh mengurangi kadar gula yang berbahaya bagi kesehatan. Minuman bersoda pun wajib dihindari agar usaha kita untuk selalu sehat bisa segera tercapai. Minuman bersoda apalagi yang manis dapat menyebabkan kerusakan pada organ pencernaan, ginjal, maupun jantung manusia.
Dengan mengikuti kebiasaan hidup yang baik seperti diatas, niscaya kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit. Meskipun saat ini sebagian biaya rumah sakit sudah ada yang ditanggung oleh pemerintah melalui program BPJS, saya yakin Anda akan memilih untuk hidup sehat daripada sakit. Segratis apapun biaya perawatan kesehatan, sakit jelas merugikan kita dilihat dari banyak hal. Rugi waktu adalah salah satunya. Kesempatan untuk bercengkerama dengan anggota keluarga menjadi hilang bahkan untuk selama-lamanya.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Info menarik Bang, Kesehatan lebih berharga dari apa yang kita miliki. Bukan begitu Bang?

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya