Malas - Penyakit Kronis Blogger Yang Harus Dilawan

19.59
Salam sukses dan mulia!. Sobat blogger dan rekan netizen sekalian, malas merupakan salah satu penyakit "mental" yang kerapkali dialami hampir 99% manusia di dunia. Hanya segelintir orang saja yang bisa dikatakan "bebas" dari rasa malas.

Saya malah mengganggap malas ini sebagai penyakit kronis, yang seringkali menjadi hambatan bagi seorang blogger untuk terus aktif dan produktif. Beberapa penyebab seorang blogger menjadi malas untuk menulis artikel diantaranya adalah:

1. MALAS KARENA TAK ADA IDE
Percayalah Sobat blogger dan rekan netizen, hal ini pernah saya alami. Dulu sebelum saya rajin membaca buku-buku motivasi, melihat postingan figur orang sukses di sosial media, saya tergolong blogger yang sangat malas. Terus terang waktu itu saya sering gregetan dan kesal dengan diri sendiri karena masih juga malas mengupdate artikel blog.


Tapi kini saya Alhamdulillah sudah dapat mengatur siasat, taktik, dan strategi untuk bisa melawan rasa malas. Meskipun harus jujur saya akui, bahwa kadang saya harus "menyerah" untuk sesaat dengan si rasa malas ini. Saya cepat-cepat melepas belenggu malas agar tak membuat saya terpenjara dan kehilangan waktu yang begitu berharga.

Gambar: news.okezone.com

Jika malas disebabkan karena tidak ada ide, saya akan segera membuka situs Youtube, dilain waktu saya juga sempatkan melihat postingan figur-figur sukses di Instagram. Youtube dan Instagram menjadi dua situs wajib untuk mendapatkan ide tulisan. Youtube yang memiliki sekitar 50 juta pengguna di Indonesia dan Instagram dengan sekitar 45 juta pengguna di Indonesia (jumlah bisa berubah sewaktu-waktu), merupakan "samudera ide" yang melimpah ruah untuk membuat artikel.

Artinya, ada jutaan bahkan milyaran ide yang bertebaran di Youtube dan Instagram. Dan blogger sebenarnya hanya memerlukan ratusan atau seribu ide saja untuk bisa meraup sesuap nasi agar bisa terus eksis dan rutin menulis artikel. Saya pribadi kini merasa "tak pernah kehabisan ide" dalam menyusun artikel. Hanya saja yang menyebabkan saya lamban dalam membuat artikel adalah penyebab malas yang kedua : MALAS DUDUK BERLAMA-LAMA DAN MEMBUKA LAPTOP.

2. MALAS DUDUK BERLAMA-LAMA DAN MEMBUKA LAPTOP
Penyebab malas yang kedua yang sering saya alami adalah karena saya tidak "sanggup" untuk duduk lama dan menulis artikel dengan menggunakan PC atau Laptop. Pinggang akan terasa "klonyotan" jika lebih dari dua jam duduk manis menghadap Laptop.


Padahal menulis artikel menggunakan Laptop akan menghasilkan ketikan yang rapi dan mudah dalam menyetting gambar beserta obyek lainnya yang disematkan dalam artikel. Optimasi SEO pun akan lebih mudah dilakukan dengan perangkat yang satu ini.


Untuk malas karena alasan tersebut saya menyiasatinya dengan memanfaatkan ponsel Android saya yang mungil namun sangat powerful. Maka saya tak lupa untuk mengunduh aplikasi Blogger lewat Play Store agar bisa digunakan untuk menulis artikel. Kalau membuka langsung melalui browser tentu teksnya terlihat kecil dan kurang bersahabat dengan jari saya yang seukuran botol freshcare ini.

Ahay!...dengan dengan ponsel mungil ini saya bisa menulis artikel sambil tiduran atau bobo-bobo nggak cantik. Ini berarti bahwa resiko sakit pinggang atau gejala medis "boyokane mandan semplek" tidak lagi saya rasakan. Dan dinding kamar tidur menjadi inspirator dan menjadi energi penyambung sel-sel otak saya yang sering nggak connect satu sama lain. Atau saya bisa menulis artikel sambil mendengarkan suara derasnya air hujan yang menurunkan berkah dari langit.

3. MALAS KARENA BELUM MENDAPATKAN UANG SESUAI IMPIAN
Untuk rasa malas karena yang satu ini, saya selalu mengingat-ingat sosok Linda Ikeji, blogger-preneur asal Nigeria. Bayangkan, apakah Sobat blogger dan rekan netizen bisa sabar ngeblog bertahun-tahun dan nggak menghasilkan uang sepeserpun? Sebagian besar dari kita pasti akan menjadi jenuh, bete, dan akhirnya "menghilang" dari jagat maya.


Oleh karena itu kita harus memiliki impian yang kuat, dan juga visi misi yang sangat kuat. Blog bukan sekedar mencari uang, semangat berbagi kebaikan dan memberikan manfaat kepada sesama adalah kunci meraih kesuksesan dan kebahagiaan. Percayalah! Yang Maha Melihat sedang "merekam" aktifitas positif Anda!. Para "malaikat-malaikat" pun tidak pernah berhenti untuk terus mendoakan dan "membantu" kita dalam mewujudkan impian.

Belajar dari orang-orang sukses adalah salah satu cara ampuh untuk membantu kita "melawan" rasa malas. Jangan biarkan si malas ini menggerogoti waktu yang tersisa. Karena waktu adalah kemewahan, hal yang sangat berharga untuk disia-siakan. Jadi, masih juga nih merasa malas untuk menulis artikel ??? Onde Mande!....Sungguh TER...LA...LU! Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Hahah.. untuk masalah malas memang maslah kuta semau ya sebagai blogger.

    Memang sangat malas kalau harus ngetik sampai berjam-jam (kalau saya sampai 3 jam an setiap nulis). Bosennya minta ampun.

    Kadang saya kembali menengok tujan saya sebelumnya untuk kembali membangkitkan semangat menulis.

    Tapi gak lama juga males lagi.

    Nah, apalagi kalau ngeblog belum pernah dapet penghasilan haduh rasanya kalau lagi males nulis pingin banget ninggalin dunia blogging.

    Tapi setelah baca blog-blog berpenghasilan seperti blogodolar atau sugeng.id rasanya semangat itu kembali membara.

    Tapi namanya juga manusia, ya kaya gitulah.

    Ok Pak Dody semoga kita semua bisa konsisten menulis dan berbagi hal bermanfaat.

    Kalau memang gak bisa menghasilkan seenggaknya kita bisa dapat pahala dari ilmu yang bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga sukses selalu Sobat Nurhan Nahidl. Terus berusaha dan berdoa, blog bersifat dinamis dan bisa dikustomasi kapan saja. Saya sih selalu pegang teguh prinsipnya Mpok Linda Ikeji. Yang penting passion dulu, Insha Allah uang akan datang dengan sendirinya nanti.

      Hapus
  2. Seringnya malas karena gak ada ide, apalgi mau nulis ceita perjalanan kadang lupa kejadiannya karena sudah capek :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gkgkgkgk...harus ngopi dulu itu Bang Idris Hasibuan.

      Hapus
  3. Hehe iya malas penyakitnya para pemula termasuk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera diobati itu Sobat, sebelum makin kronis...hehehe.

      Hapus
  4. Apalagi saya gan udah ngeblog 2 bulan artikel cuman 12 doang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...semangat terus Sobat, nanti juga ketemu "resep" nya. Yang penting ada niat untuk menulis artikel...trus langsung deh nulis.

      Hapus
  5. Inspiratif cara-cara mas Dody membuat artikel blog...,dibelain ngga bobok bobok cantik buat nulis2 ide.

    Terus semangat,mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang Himawan, salam sukses selalu.

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya