Sensasi Medang Dengan Tempe Mendoan

21.04
Medang merupakan istilah yang diucapkan oleh orang Jawa, terutama Jawa Tengah, yang menggambarkan aktivitas menikmati makanan ringan yang disajikan untuk menyambut pagi atau sore hari, untuk menyambut kedatangan sanak keluarga dan tamu, atau sebagai sebuah aktivitas saat sekelompok orang sedang break dari pekerjaan yang dilakukannya. Ada juga yang menyebut Medang dengan istilah Macit. Keduanya hampir sama, tetapi ada penekanan yang berbeda. Kalau Medang lebih condong pada menikmati minuman yang disajikan, sedangkan Macit lebih kepada menikmati makanan ringan yang disuguhkan. Namun keduanya merujuk pada aktivitas yang sejenis.

Makanan dan minuman yang disuguhkan dalam acara Medang ini bervariasi yang ditempatkan dalam wadah yang berbeda. Penikmat Medang biasanya mencicipi makanan khas suatu daerah yang dilakukan sambil ngobrol santai atau duduk sendirian sambil mendengarkan suara burung perkutut atau mengamati hewan peliharaan.

Salah satu makanan khas daerah Banyumas, Purwokerto, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Slawi, Brebes, Bumiayu, Ajibarang, dan Banjarnegara adalah "Tempe Mendoan" atau biasa disebut dengan Mendoan saja. Makanan yang berbahan dasar tempe ini sejak lama telah menjadi makanan khas daerah-daerah tersebut. Dengan racikan tepung terigu, tepun beras, bumbu, dan irisan daun bawang, tempe yang diolah menjadi Mendoan ini akan berubah menjadi kuliner yang lezat, kenyal, gurih, dan nikmat yang dapat membuat hari-hari Anda semakin ceria.

Bagi Anda yang suka dengan makanan yang memiliki rasa pedas, Anda dapat mencocol Tempe Mendoan ini ke dalam adonan sambal, baik itu sambal kecap maupun sambal kacang. Anda bisa juga menikmati cita rasa maknyuss Tempe Mendoan ini dengan cara menggigit terlebih dahulu cabe rawit pedas ijo yang biasanya selalu setia menemani Tempe Mendoan ini. Dan selain sebagai Lawuh Medang, Tempe Mendoan bisa dijadikan sebagai lauk-pauk utama. Nah...nggak sabar kan pengen nyobain Tempe Mendoan yang kenyel, gurih, dan nikmat? Nggak sabar juga ingin merasakan sensasi medang dengan tempe mendoan? Tempe Mendoan...Nyatanya ngenakin!

Sensasi Medang Dengan Tempe Mendoan Sensasi Medang Dengan Tempe Mendoan
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. Wah mantap banget nih mas Dody, medang dengan tempe mendoan di pagi hari uwenaak tenaan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...memang enak, saya jadi pengin mudik ke Purwokerto nih biar bisa puas menikmati tempe anget mendoan.

      Hapus
  2. Medangnya teh poci dan gula batu...mantap tuh Mas Dody

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup mantap. Teh poci dan gula batu juga enak dan maknyuss untuk acara medang, makin seger dan bersemangat.

      Hapus
  3. Wuiiihhh enak banget kayaknya tuh Bang?

    BalasHapus
  4. Hemm...bentul, nikmat dan gurih. Hehehehe...

    BalasHapus

Komentar Pengunjung Blog