Sambel Goreng Tempe Ireng - Sensasi Kuliner Dari Desa

09.24
Salam sukses dan mulia!. Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Kuliner menjadi hal istimewa yang menjadi ciri khas suatu daerah. Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis makanan yang tidak dijumpai di daerah lainnya. Meskipun ada, biasanya rasa dan suasana tempat makannya tak senikmat di daerah asalnya.

Di sebuah desa di kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terdapat sebuah sajian kuliner yang sangat istimewa dan tak bisa dinikmati di desa lainnya. Adalah sebuah makanan yang diberi nama "Sambel Goreng Tempe Ireng", yang berasal dari desa Dawuhan Kulon / Dawuhan Wetan, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas - Jawa Tengah.

Sambel goreng tempe ireng menjadi begitu istimewa karena bahan bakunya yang berbeda dengan sambel goreng tempe biasa. Tempe yang dibuat dengan perpaduan kedelai biasa dan kedelai hitam ini menghasilkan cita rasa makanan yang gurih, manis, pedas, asin, dengan keseimbangan rasa yang membuat Sobat ketagihan.

Bumbu yang disertakan pada Sambel Goreng Tempe Ireng dan yang membuatnya terasa lezat adalah bercampurnya cabai merah dan cabai hijau yang beradu mesra dengan irisan pete yang aduhai wanginya. Makanan ini biasa disajikan dengan nasi liwet yang pulen hasil panen masyarakat desa. Dengan taburan buah "Cimongkak" semakin gurihlah rasa Sambel Goreng Tempe Ireng ini.

Meskipun orang tua saya tinggal di Kecamatan Sumbang, yang notabene bersebelahan dengan Kecamatan Kedung Banteng, namun makanan olahan dari bahan baku tempe kedelai hitam ini tidak dijumpai di desa lain, maupun kecamatan lainnya di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Banyak teman, maupun sanak keluarga yang sudah mengakui kelezatan Sambel Goreng Tempe Ireng ini. Sehingga sebanyak apapun porsi yang saya bawa selalu habis dan ludes sampai hanya tersisa piringnya saja.

Terbesit keinginan untuk menjual menu Sambel Goreng Tempe Ireng ini di sebuah warung makan yang bisa dinikmati pencinta kuliner di Banyumas. Namun apakah itu bisa terwujud atau tidak, saya belum bisa merancangnya sekarang. Mungkin nanti, bila saya sudah "balik kampung mbangun desa", saya bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Yang jelas saya melihat bahwa perkembangan industri kuliner di Kota Purwokerto terpantau begitu pesat dan menakjubkan. Berbagai cafe, resto, warteg, dan berbagai macam tempat kuliner begitu melimpah. Sehingga ada istilah, setiap sudut kota, di situ ada makanan lezat yang bisa disantap bersama teman atau keluarga.

Mengingat bahan bakunya yang terbilang langka dan terbatas, saya berharap Sambel Goreng Tempe Ireng dari desa Dawuhan Kulon dan Desa Dawuhan Wetan yang sudah saya sebutkan tadi akan tetap ada dan bisa dinikmati saat hari raya tiba nanti. Semoga bermanfaat dan selamat ber-kuliner ria!.

Sambel Goreng Tempe Ireng

Bahan Baku "Tempe Kedelai Hitam"
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Pengin nyobain sambel goreng paduan mesra antara kacang kedele biasa dan hitam seperti gimana rasanya ..
    Bahannya cabe merah dan cabe hijau intim dengan pete
    .. ,menggoda sepertinya 😉

    BalasHapus
  2. Wah enak dan sedap sepertinya black tempenya :) saya baru tahu prihal tempe hitam ini. Ohy klu ada promo gratis kabari saya yach.... :)

    BalasHapus
  3. mantap masakannya dimana ya saya bisa dapat masakan seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...itu ada alamatnya. Masakan desa.

      Hapus
  4. Wuih lagi shaum baca artikel kaya gini makin ngiler nih perut, jadi pengen bikin nih buat bukber xixixix..

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog