Alangkah Senangnya Jika Menjadi Karyawan Google

23.49
Sebuah perusahaan yang baik akan memperhatikan karyawan atau pegawainya agar tercipta kualitas pekerja yang handal dan menguntungkan perusahaan tersebut. Karena karyawan merupakan salah satu aset penting perusahaan yang wajib dijaga produktifitasnya, sehingga dapat menjalankan kewajibannya sebagai karyawan dengan maksimal dan penuh tanggung jawab. Di Indonesia, kita masih sering mendengar cerita dan kisah para pekerja yang jangankan mengharapkan fasilitas tertentu dari perusahaan, gaji mereka sebulan pun belum tentu sesuai dengan standar upah minimal atau layak untuk mereka dapat hidup bahagia dan sejahtera bersama anggota keluarga tercinta.

Kantor Pusat Google di Mountain View
Kantor Pusat Google di Mountain View

Google sebagai perusahaan multinasional di bidang IT dapat dijadikan contoh yang sangat baik, bahkan kalau dibandingkan dengan negara kita apa yang diberikan oleh Google (dalam hal ini Google pusat) untuk para karyawannya terbilang sangat komplit dan mewah. Ini tentu akan berdampak signifikan terhadap kinerja karyawan Google.

Ada banyak fasilitas yang diberikan Google untuk memanjakan karyawannya, diantaranya adalah:

1. MAKANAN DAN MINUMAN GRATIS
Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Seorang karyawan yang bekerja setiap hari membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk melakukan pekerjaan rutin sesuai dengan job descriptions yang diberikan. Google memberikan fasilitas makan siang bahkan makan malam untuk para karyawannya. Hal ini dilakukan Google sebagai tindak lanjut mengatasi jauhnya lokasi tempat makan dari kantor pusat Google di Mountain View, Palo Alto, Amerika Serikat.


Empat sehat lima sempurna tentu sudah menjadi standar pemberian makanan gratis untuk karyawan Google. Selain tempat makanan ala cafe, menu yang disajikan pun sangat lengkap. Karyawan Google tinggal memilih apa yang akan mereka makan dan minum yang suasananya mirip seperti emak-emak yang lagi asyik memilih dan mengambil produk belanjaan di supermarket. Aneka buah-buahan juga tersedia lengkap untuk dikonsumsi. Bisa dibayangkan, betapa senangnya jika menjadi karyawan Google yah?

2. CUCI PAKAIN GRATIS
Google menginginkan agar waktu liburan karyawan (weekend) benar-benar dimanfaatkan untuk santai dan beristirahat, tujuannya agar para karyawan Google bisa kembali bugar dan fresh saat masuk kerja. Pada hari minggu para karyawan Google akan berbondong-bondong membawa pakaian kotor mereka untuk dicuci di Googleplex (sebutan terkenal untuk kantor Google). Jadi, kita nggak akan menjumpai seorang karyawan Google disaat libur ada yang lagi sibuk ngucek baju atau menunggu mesin cuci bekerja sambil menyapu lantai.

3. FASILITAS HIBURAN GRATIS
Disaat istirahat, karyawan Google dapat menggunakan fasilitas untuk menghibur diri secara gratis di Googleplex. Mulai dari meja bilyard, video game, alat permainan ala Timezone, dan berbagai permainan lain untuk merilekskan pikiran. Intinya Google ingin para karyawannya dalam kondisi senang dan gembira selalu.

Meja Billiard Untuk Hiburan Karyawan Google
Meja Billiard Untuk Hiburan Karyawan Google

4. FASILITAS OLAHRAGA GRATIS
Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Fasilitas kebugaran yang ada di kantor Google sangat memadai untuk menjaga kesehatan karyawan agar tetap fit sepanjang hari. Google bahkan menyediakan kolam renang yang dilengkapi penjagaan khusus untuk memastikan keselamatan karyawan saat berenang. Hemm...gimana karyawan ga betah kalau begini coba? Pastilah karyawan Google sangat senang bekerja di perusahaan IT terkenal ini.

5. TUNJANGAN KEMATIAN UNTUK KELUARGA KARYAWAN
Setiap karyawan yang meninggal dunia, akan diberikan tunjangan kematian (uang kerokhiman) untuk para karyawannya. Selain itu, Google akan tetap memberikan separuh gaji selamat 10 tahun untuk suami / istri karyawan Google yang meninggal dunia. Dan yang lebih wow lagi adalah Google memberikan tunjangan sebesar 1000 dollar untuk anak almarhum yang masih bersekolah. Intinya Google benar-benar care dengan kesejahteraan anggota keluarga karyawannya.

Sepeda Mempermudah Mobilitas Karyawan Google
Sepeda Mempermudah Mobilitas Karyawan Google

Tentu saja masih ada beberapa fasilitas lainnya yang diberikan untuk karyawan Google yang tidak sempat saya tuliskan dalam artikel ini, seperti fasilitas sepeda sebagai sarana transportasi yang memudahkan karyawan Google dan mereka bisa "mondar-mandir" dari satu gedung ke gedung lainnya yang ada di Googleplex.


Fasilitas-fasilitas yang memanjakan karyawan Google tentu tidak diberikan untuk seluruh kantor cabang Google yang tersebar di beberapa negara. Hanya Google pusat saja yang menyediakan fasilitas super lengkap. Bukannya Google tidak sanggup memberikan fasilitas tersebut, tetapi lebih menyesuaikan dengan standar pemberian kesejahteraan karyawan di masing-masing negara. Mudah-mudahan saja Google Indonesia juga memperlakukan karyawannya seperti di kantor pusatnya. Hemm...alangkah senangnya jika menjadi karyawan Google yah?

Sumber :
  • https://tekno.kompas.com/read/2013/03/11/17153022/Beginilah.Cara.Google.Bikin.Karyawan.Betah
  • https://www.youtube.com/watch?v=Nz5bdLYYRsg
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Enak bener bisa cuci gratis juga yaa mas dody, ga perlu lagi tuh pergi2 ke laundry yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba Vika, acara ngucek baju atau nungguin mesin cuci udah nggak ada lagi tuh. Ada spa dan pijetnya juga lho...

      Hapus

Artikel Populer Lainnya