Menanti Realisasi Program Kerja Gubernur Baru Terkait Reklamasi

07.08
Menanti Realisasi Program Kerja Gubernur Baru Terkait Reklamasi
Reklamasi Teluk Jakarta, Gambar: merdeka.com

Salah satu program kerja Anies-Sandi pada waktu berkampanye adalah akan menghentikan reklamasi Teluk Jakarta. Seperti yang disampaikan melalui jakartamajubersama.com, menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta adalah janji kampanye yang cukup menarik perhatian publik.

Prinsip yang mendasari bahwa reklamasi Teluk Jakarta harus dihentikan adalah untuk :
  1. Mengutamakan kepentingan nelayan dan masyarakat sekitar.
  2. Mengutamakan pemeliharaan lingkungan.
  3. Pulau-pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun akan dikembalikan fungsinya untuk kepentingan masyarakat, konservasi dan infrastruktur.
  4. Dalam keputusan-keputusan terkait pulau reklamasi, pemerintah provinsi akan membuka partisipasi publik, baik untuk konservasi atau pembangunan infrastuktur.
  5. Pembangunan pulau-pulau reklamasi untuk kepentingan komersial ditolak.
  6. Mengganti tujuan reklamasi menjadi rehabilitasi pantai, agar kembali makmur, bersih dan mendukung nelayan.
  7. Memastikan pemberian jalan keluar terbaik bagi pengembang yang sudah investasi di pulau reklamasi.
Menurut pendapat sebagian orang, program kerja Gubernur DKI Jakarta yang akan dilantik pada hari Senin besok, tanggal 16 Oktober 2017 ini tidak mudah untuk direalisasikan mengingat ada dua kepentingan atau kekuasaan yang akan saling tarik-menarik. Yakni, kewenangan pemerintah pusat sebagai penentu kebijakan nasional dan kewenangan pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tentu saja berhak untuk mengatur dan merencanakan segenap hal yang dapat membawa kemajuan bagi DKI Jakarta sebagai ibukota negara.

Dan perbincangan mengenai Realisasi Program Kerja Gubernur Baru Terkait Reklamasi kembali hangat setelah melihat informasi bahwa Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk melanjutkan pengerjaan proyek reklamasi Teluk Jakarta. Menurut beliau, dipelajari tentang rencana awal didirikannya tujuan reklamasi ini semula adalah dalam upaya menyelamatkan Jakarta dari gejala perubahan lingkungan (sebagai bentuk adaptasi dari perubahan iklim) yang diharapkan menjadi penahan / peredam bila banjir dan rob akibat pasang naik air laut.

Kita sebagai warga DKI Jakarta tentu sangat menantikan Realisasi Program Kerja Gubernur Baru Terkait Reklamasi. Masyarakat berharap pasangan Gubernur DKI Jakarta yang baru, bapak Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan melaksanakan dan memenuhi janji-janji yang disampaikan saat kampanye, meski masyarakat menilai bahwa Realisasi Program Kerja Gubernur Baru Terkait Reklamasi ini merupakan satu program kerja yang cukup berat untuk direalisasikan. Semoga bapak Gubernur baru Jakarta ini bisa membawa perubahan yang sangat baik bagi DKI Jakarta. Aamiin.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. kepentingan masyarakat harus diutamakan daripada pribadi
    semoga cepat tercapai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali. Rakyat harus disejahterakan, karena tugas abdi negara adalah melayani masyarakat, bukan menguasai masyarakat.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya