Makanan Sehat Untuk Jantung Manusia

17.09
Fungsi jantung bagi manusia sangatlah vital. Orang sering mengkaitkan detak jantung seseorang untuk memastikan kondisi, atau sebagai tanda apakah seseorang itu masih hidup atau sudah wafat. Pasien yang terkena serangan jantung akan langsung ditangani oleh dokter spesialis dan ditempatkan di ruang ICCU yang biayanya bagi orang biasa, bagi wong cilik terbilang sangat mahal. Karena itu kesehatan jantung perlu dijaga dan dilatih dengan olahraga yang rutin, istirahat yang cukup, serta makanan yang begizi tinggi.

Jantung berfungsi sebagai pemompa cairan darah sebagai pelarut zat-zat yang dibutuhkan tubuh manusia. Pekerjaan jantung adalah mensuplai darah, oksigen dan zat-zat makanan ke seluruh tubuh melalui jaringan yang rumit dan dilakukan dengan sangat cepat.

Makanan Sehat Untuk Jantung Manusia
Jantung Manusia

Pada saat beristirahat, jantung berdetak sebanyak 100.000 kali dan melaksanakan tugasnya memompa sebanyak 8000 liter darah sehari. Semakin berat aktivitas manusia, semakin banyak darah yang dibutuhkan agar tubuh tetap bekerja dengan optimal.

Olahraga adalah satu-satunya cara efektif untuk menjaga jantung agar tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan berolah raga otot-otot jantung menjadi kuat, aliran darah dari dan menuju jantung bekerja sangat powerfull. Paksakan diri Anda untuk berolah raga minimal seminggu sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Dan dengan diimbangi konsumsi makanan EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA mudah-mudahan jantung kita selalu sehat. Dibawah ini beberapa makanan yang dapat memelihara kesehatan jantung manusia:

Ikan Salmon
Ikan Salmon merupakan makanan terbaik untuk kesehatan jantung karena banyak mengandung omega-3. Omega-3 adalah lemak sehat yang dapat mengurangi risiko gangguan ritme jantung dan menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga bisa menurunkan trigliserida dan mencegah peradangan. Porsi ikan salmon yang dianjurkan adalah sebanyak dua porsi ikan salmon dalam seminggu.

Ikan Tuna
Dengan harga yang lebih murah dibandingkan ikan salmon, ikan tuna juga memiliki omega-3. Albacore (tuna putih) adalah jenis ikan salmon yang memiliki omega-3 lebih banyak dari tuna lainnya. Pilihlah ikan tuna yang sudah dikemas dalam air, dan bukan yang dikemas dalam minyak, untuk menjaganya tetap sehat.

Minyak Zaitun
Minyak ini merupakan lemak sehat yang terbuat dari buah zaitun yang dihancurkan. Minyak zaitun kaya antioksidan untuk memelihara kesehatan jantung. Minyak Zaitun juga dapat melindungi pembuluh darah Anda. Saat minyak zaitun dipakai untuk menggantikan lemak jenuh, seperti mentega, ia juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Gunakanlah minyak zaitun untuk campuran pada bumbu masakan, atau dapat dioleskan sedikit pada roti dan makanan lainnya.

Kacang Almond
Kacang Almond sangat cocok dipadukan dengan sayuran, ikan, ayam, dan makanan penutup. Mereka memiliki sterol, serat, dan lemak yang baik untuk jantung. Almond dapat membantu menurunkan kolesterol “jahat” LDL. Konsumsilah segenggam almond dalam sehari.

Tahu
Makanlah tahu dan Anda akan mendapatkan protein vegetarian dalam jumlah besar yang juga kaya akan mineral untuk jantung, serat, dan lemak tak jenuh ganda. Tahu juga dapat menyerap rempah-rempah atau saus yang Anda gunakan untuk memasak.

Buah Jeruk
Selain rasa yang manis, jeruk memiliki serat perctin yang dapat melawan kolesterol.. Buah ini juga memiliki kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah. Dalam sebuah studi, 2 cangkir jus jeruk perhari dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, juga dapat menurunkan tekanan darah pada pria.

Yoghurt
Produk susu identik dengan makanan yang baik untuk tulang manusia. Namun, produk susu juga dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Yogurt, misalnya, kaya akan kalsium dan kalium. Untuk benar-benar meningkatkan manfaat kalsiumnya dan mengurangi asupan lemak, pilih yoghurt dengan kandungan lemak yang rendah.

Buah Blueberry
Blueberry adalah makanan yang penuh nutrisi. Buah ini mengandung anthocyanin, antioksidan yang membantu pembuluh darah. Antioksidan inilah yang menyebabkan warna biru gelap pada blueberry. Buah ini juga juga memiliki serat dan banyak nutrisi lainnya. Anda dapat menambahkan blueberry segar pada sereal, pancake, atau yogurt.

Dengan memperhatikan jenis-jenis makanan yang dapat memelihara kesehatan jantung, kemudian diimbangi dengan aktivitas olah raga minimal 30 menit per hari, niscaya jantung akan terpelihara fungsinya dengan baik. Buah-buahan dan sayuran adalah makan abadi yang wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh manusia, organ jantung khususnya.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Balasan
    1. Hehehe...tahu dan tempe adalah makanan abadi. Termasuk juga jengkol dan pete.

      Hapus

Komentar Pengunjung Blog