Mudik Asyik Menggunakan Kereta Api

16.03

Selasa, 20 Juni 2017 bertepatan dengan hari ke-25 bulan Ramadhan 1438 saya berkesempatan untuk mudik ke kampung halaman di Purwokerto, Jawa Tengah. Saya sangat bersyukur dengan perjuangan yang begitu mendebarkan untuk mendapatkan tiket kereta api jurusan Pasar Senen - Purwokerto. Alhamdulillah tiket kereta api ekonomi Gajah Wong yang aslinya menuju Stasiun Lempuyangan Yogyakarta dapat terbeli dengan harga Rp. 220.000.

Meskipun termasuk kereta ekonomi, namun fasilitas yang ada di dalam kereta ini mirip dengan kereta api Purwojaya yang notabene merupakan kereta api bisnis. Dengan pendingin udara sentral dan tempat duduk seat 2-2, membuat kereta api Gajah Wong cukup lumayan nyaman. Hanya saja, apabila kita duduk di rangkaian gerbong kereta api yang jauh dari lokomotif, badan kereta terasa sangat bergoyang ke kiri dan ke kanan. Maklum kereta api ini bergerak lebih cepat dibanding kereta ekonomi lainnya. Dan perjalanan dari Jakarta menuju Puwokerto menghabiskan waktu sekitar 5 jam, dari pukul 06.45 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Untuk menuju stasiun Pasar Senen dari rumah saya di Sukapura, taksi menjadi transportasi yang handal di saat-saat menjelang lebaran. Sempat merasa kecewa dengan penyedia transportasi online Grab karena sudah beberapa kali mencari pengemudi Grab Car sejak pukul 04.15 Subuh, namun sampai pukul 05.00 tidak ada pengemudi Grab Car yang mau mengangkut saya ke stasiun. Akhirnya saya hubungi call center Blue Bird dan dalam 15 menit sudah ada sopir taksi Blue Bird yang datang menjemput. Padahal di caption aplikasi pesanan Grab Car sudah saya tuliskan "Mau mudik Om, tolong diaccept" dan saya sempat tuliskan "nanti ongkos saya tambahin", tak ada satupun armada Grab Car yang mau menjemput.

Ini bakal menjadi kerugian bagi Grab karena sekali pelanggan kecewa, maka ia akan selamanya kecewa. Dan kabar baiknya, Blue Bird sudah mengintegrasikan layanan online untuk memudahkan mendapatkan penumpang. Sehingga kekecewaan saya bisa terobati. Yang terpenting adalah bahwa perusahaan transportasi harus memikirkan setiap aspek yang dibutuhkan pelanggan. Harus fair menjalankan model online yang notabene wajib menyediakan armada transportasi selama 24 jam.

Previous
Next Post »
0 Komentar

Komentar Pengunjung Blog