Waktu Adalah Kemewahan - Sebuah Catatan Berhuruf Tebal

02.23
Sewaktu masih bersekolah di bangku SMP saya ingat betul kalimat bijak yang sering diucapkan oleh guru Bahasa Inggris saya yang bunyinya: "Time is money" atau "Waktu adalah uang". Pada waktu itu uang memang sedang dikejar-kejar banyak orang, karena dengan memiliki uang maka ia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, dan juga mencoba produk-produk baru dari hasil pengembangan iptek di negara-negara maju. Uang menurut pemahaman masyarakat bisa mengangkat status sosial seseorang. Uang bisa mempermudah segala urusan manusia.

Zaman sekarang kebutuhan manusia akan uang tentu masih terbilang sangat tinggi. Tapi sekarang uang justru membuat manusia semakin bingung. Uang yang sedikit terasa kurang, dan uang yang banyak terasa kurang juga. Kenaikan harga di berbagai macam jenis kebutuhan yang tidak teratur atau bertahap membuat uang semakin tak dirasakan fungsinya. Justru uang semakin membuat resah manusia dewasa ini.

Waktu Adalah Kemewahan - Sebuah Catatan Berhuruf Tebal
Waktu Adalah Kemewahan - Sebuah Catatan Berhuruf Tebal

Kini ada sebuah wacana baru tentang waktu. Orang Eropa mengatakan "Time is luxury", waktu adalah kemewahan. Sesuatu yang dianggap mewah tidak selalu identik dengan benda-benda mahal, atau kendaraan mewah yang harganya milyaran. Kemewahan disini bermakna segala sesuatu yang sangat berharga dan memberikan perubahan terbaik pada kehidupan manusia. Sehingga waktu itu sejatinya merupakan hal yang paling berharga bagi manusia.


Semua manusia di seluruh penjuru dunia pada dasarnya memiliki waktu yang sama dalam sehari semalam. Sama-sama memiliki waktu 24 jam sehari. Jika 8 jam kita gunakan untuk tidur, maka akan tersisa waktu 16 jam saja. Nah, dari 16 jam sehari yang tersedia, pertanyaannya adalah dimanfaatkan untuk apakah waktu Anda yang tersisa selama 16 jam sehari tersebut? Bukankah waktu yang dimiliki Anda dan Jack Ma atau Hotman Paris atau Bill Gates atau Pak Ustadz itu sama-sama 16 jam? Tapi kenapa ada perbedaan yang dirasakan antara Anda dan orang-orang tersebut? Casingnya sama kok isinya bisa berbeda yah?

Waktu sangat berharga dan boleh dibilang waktu adalah kemewahan. Tanpa anugerah "waktu" yang diberikan Tuhan, maka nikmat-nikmat yang lainnya tidak akan pernah bisa kita rasakan manfaat dan kebahagiaannya. Sudahkah Anda memperlakukan waktu secara spesial? Jangan sampai terjadi kita menjadi generasi yang ditenggelamkan oleh waktu. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Tepat,mas.
    Sekarang ini waktu terasa sangat cepat.
    Bulan berganti bulan,tau-tau udah setahun lagi.
    Dan kebutuhan hidup juga semakin mahal dipenuhi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya kebut terus bikin artikelnya Bang Himawan, biar waktu yang cepat tersebut makin bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung Bang Himawan, salam sukses selalu.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya