5 Cara Ampuh Mengusir Rasa Malas

17.40
Rasa malas sering kita alami dalam keseharian. Rasa malas berhubungan dengan aktivitas-aktivitas yang sudah pernah kita lakukan, namun bisa juga terjadi pada hal-hal baru yang belum pernah kita lakukan sama sekali. Biasanya rasa malas diartikan dengan keengganan untuk melakukan sesuatu. Reaksi seseorang terhadap rasa malas berbeda-beda. Ada yang membiarkannya terus bersemayam dalam dirinya, ada juga yang berusaha untuk mengusir rasa malas.

Orang yang memiliki karakter disiplin sejatinya merupakan individu yang telah berhasil mengusir rasa malas dalam dirinya dan memiliki keyakinan serta komitmen yang kuat untuk terus-menerus meningkatkan kualitas hidupnya. Meskipun pada awalnya terasa berat, mengusir rasa malas akan bermanfaat banyak bagi kesuksesan seseorang. Hidup lebih teratur dan fokus, kesehatan semakin membaik, dan tentu saja orang yang bersangkutan akan tercapai apapun yang menjadi target dalam hidupnya.

Cara Ampuh Mengusir Rasa Malas
Cara Ampuh Mengusir Rasa Malas

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat kita terapkan untuk mengusir rasa malas:
  1. Segerakan melakukan hal-hal kecil yang ada dalam pikiran Anda. Misalkan saat ini Anda ingin minum segelas air putih, maka segeralah bergerak menuju tempat dimana tersedia air minum. Tubuh Anda sudah memberikan warning berupa rasa haus yang membawa pesan alias perintah agar Anda segera minum, jika itu dibiarkan akibat rasa malas maka tubuh akan bereaksi lagi dan itu bisa langsung dirasakan dengan keringnya tenggorokan Anda. Ini adalah salah satu contoh nyata betapa rasa malas itu efeknya sangat berbahaya.
  2. Terus membaca atau mendengar kisah sukses orang lain yang pekerjaan atau hobi mereka mirip dengan Anda untuk memotivasi diri. Kesuksesan mereka dalam me-manage rasa malas yang ditandai dengan kesuksesan mereka baik secara finansial maupun sosial bisa memberikan cipratan energi positif untuk mengusir rasa malas. Anda akan melihat bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu menyikapi rasa malas dengan aktivitas produktif seperti membaca buku sambil duduk santai. Anda juga akan memahami bahwa mereka adalah individu yang cermat dalam merencanakan sesuatu, dan cerdas dalam mewujudkan rencana-rencana tersebut. Patuh pada schedule adalah poin yang bisa Anda pelajari dari kisah orang-orang sukses.
  3. Terus berdoa dan berdoa. Dalam beberapa agama doa merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan kualitas hidup kita lahir dan batin. Berdoa dengan kusyu dan penuh konsentrasi serta keyakinan akan berdampak juga dalam mengurangi rasa malas. Dalam agama rasa malas merupakan godaan syaitan dan kita mesti berdoa agar terhindar dari rasa malas.
  4. Jangan pikirkan nanti bagaimana, tetapi lakukan dengan baik dan benar. Rasa malas bisa juga timbul karena kita takut atau khawatir dengan apa yang akan kita lakukan. Ini terutama untuk kebiasaan positif baru yang ingin kita jadikan rutinitas sehari-hari. Lalukan saja dengan baik dan benar, jangan pedulikan apa yang akan terjadi setelahnya. Kebiasaan menunda pekerjaan juga berakibat pada semakin tumbuh suburnya rasa malas ini secara permanen.
  5. Anda harus memaksa diri Anda. Kadang secara rasional rasa malas dapat membawa orang pada terlambatnya kesuksesan. Rasa malas terbukti menghambat kebaikan-kebaikan lainnya dalam hidup kita. Ini adalah jurus pamungkas yang harus diterapkan. Paksa diri kita untuk tidak malas, paksa diri untuk peduli dengan diri sendiri. Keyakinan yang kuat adalah resep ampuh untuk mengusir rasa malas. Keyakinan bahwa dengan melakukan banyak hal secara baik, ikhlas, dan telaten, akan memberikan banyak manfaat positif baik dari segi kesehatan, keuangan, pekerjaan, hubungan personal, dan lain sebagainya. Yakinlah bahwa Anda akan berlipat lebih bahagia dengan meng-cut sifat malas, pokoknya jangan beri ampun untuk sifat yang satu ini.
Nah, masihkah Anda merasa malas? Jika memang rasa malas masih ada pada diri kita maka langkah yang paling teruji adalah dengan memaksa diri kita untuk bangkit dan melawan rasa malas. Lakukan sekarang dan nikmati perubahannya pada kehidupan Anda. Mudah-mudahan dengan niat baik dan tekad untuk mengusir rasa malas, maka kebaikan, keberuntungan, berkah senantiasa menghiasi hari-hari kita.
Previous
Next Post »

20 komentar

  1. harus dipaksakan diri agar tidak malas
    sekuatnya beraktivitas
    karena malas bisa menyebabkan terkena penyakit yaitu diabetes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sobat, harus memaksa diri untuk membuang rasa malas.

      Hapus
  2. Ya itulah Kawan karena rasa malas itu salah satu yang bisa menghalangi kita menuju sukses.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger harus mengusir rasa malas, malas update dan malas blogwalking.

      Hapus
  3. Harus memaksakan diri agar tidak berterusan malas.

    BalasHapus
  4. harus dari dalam hati kang hhehehehe.. susah klo gak ada niat dari diri sendiri untuk mengatasi rasa malas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Motivasi diri harus ada memang. Thanks Kang Eka sudah mampir.

      Hapus
  5. Walau agak malas untuk berkunjung, namun karena silaturahim harus terjalin, maka rasa malas itu hilang untuk mengunjungi Sahabatku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...terima kasih Bang. Salam sukses selalu dan ditunggu informasi pertandingan bola di blog sobat.

      Hapus
  6. terima kasih sobat motivasi yg bagus
    selamat sore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bang Rustadi, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  7. susah kan rasa malas ni, kerja pun tak jalan :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sobat katakan, kita harus extra hard untuk mengusir rasa malas ni.

      Hapus




  8. hello my dear friend good end of the week

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello, have a nice day my dear friend. Thank you for dropping by.

      Hapus
  9. Salah satu yang ampuh : melihat kesuksesan orang lain :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar kita bisa termotivasi untuk sukses juga ya Sobat Tuteh.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya