Terapi Gestalt Untuk Meningkatkan Kesadaran Individu

00.44

Terapi Gestalt Sebuah Langkah Untuk Meningkatkan Kesadaran Individu

Masalah kesehatan jiwa merupakan salah satu hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan. Karena dengan jiwa yang sehat, mental yang kuat, seorang individu akan menjalani kehidupan sosial yang berkualitas. Kehidupan yang hangat dan ceria.

Kondisi mental yang down, efek trauma akibat dari suatu interaksi yang tidak sehat, atau kejadian menyedihkan yang melunturkan kepercayaan diri harus segera dipulihkan. Karena jika semakin lama dibiarkan akan menyebabkan seseorang kehilangan orientasi hidup.

Salah satu terapi psikologi yang penting bagi kesehatan jiwa seseorang adalah Terapi Gestalt. Sebuah terapi yang sangat bermanfaat ketika seseorang sedang mengalami kegamangan kepribadian. Yang disebabkan kurangnya kesadaran akan diri dalam menerima kenyataan yang terjadi dalam hidupnya saat ini.

Terapi Gestalt Untuk Meningkatkan Kesadaran Individu

Terapi Gestalt Untuk Meningkatkan Kesadaran Individu

Terapi Gestalt ini dikembangkan oleh Frederick Perls adalah bentuk terapi eksistensial yang berpijak pada sebuah asumsi. Yang menyatakan bahwa seorang individu harus menemukan jalan hidupnya sendiri dan dengan legowo menerima tanggung jawab pribadi jika mereka berharap mencapai kematangan.

Bahwa individu  mampu untuk menangani sendiri masalah-masalah yang menerpa hidupnya secara efektif. Tugas utama dari sang terapis adalah membantu orang yang diterapi agar mengalami sepenuhnya keberadaanya di sini dan sekarang. Yakni dengan menyadarkannya atas tindakannya mencegah diri sendiri merasakan dan mengalami masa sekarang.

Pandangan Gestalt menyatakan bahwa individu memilki kesanggupan memikul tanggung jawab pribadi dan hidup sepenuhnya sebagai pribadi yang terpadu. Disebabkan oleh masalah-masalah tertentu dalam perkembangannya, individu membentuk berbagai cara menghindari masalah, dan karenanya menemui jalan buntu dalam pertumbuhan pribadinya.

Bertujuan Agar Masalah Kegamangan Kepribadian Bisa Teratasi

Terapi menyajikan intervensi dan tantangan yang diperlukan, yang bisa membantu individu memperoleh pengetahuan dan kesadaran sambil melangkah menuju pertumbuhan. Dengan mengakui dan mengalami penghambat-penghambat pertumbuhannya, maka kesadaran individu akan penghambat-penghambat itu akan meningkat.

Sehingga dia kemudian bisa mengumpulkan kekuatan guna mendapatkan keberadaan yang lebih otentik dan vital. Terapi Gestalt memiliki beberapa sasaran penting yang berbeda. Sasaran dasarnya adalah menantang klien agar berpindah dari "didukung oleh lingkungan" kepada "didukung oleh diri sendiri".

Baca Juga : Manfaat Pisang Ambon Untuk Pria Maupun Wanita

Menurut Perls (1969), sasaran terapi adalah menjadikan pasien tidak tergantung pada orang lain, menjadikan seorang pasien menemukan sejak awal bahwa dia bisa melakukan banyak hal, lebih banyak daripada apa yang dipikirkannya.

Gambar: https://dachun91.wordpress.com/2012/03/13/terapi-psikologi-gestalt-theraphy/ 

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar