7 Ayat Pengingat Saat Musibah Melanda

21.57

Selalu Bersabar Saat Mengalami Musibah

Mengemban tugas sebagai khalifah di muka bumi, kita sebagai hamba Allah swt. yang beriman kepada-Nya, dalam kehidupan di dunia ini tidak akan luput dari berbagai macam cobaan, baik berupa kesusahan maupun kesenangan.

Hal itu merupakan sunnatullah yang berlaku bagi setiap insan yang bisa terjadi kapan saja, dimana saja, dan berbagai faktor lain yang melatarbelakangi datangnya musibah, bencana alam, atau ujian-ujian dari Allah swt. kepada kita semua. Ini adalah "kehendak mutlak" Yang Maha Kuasa yang tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

7 Ayat Pengingat Saat Musibah Melanda
7 Ayat Pengingat Saat Musibah Melanda

Sabar adalah hal yang mesti kita asah. Agar hal ini menjadi kebiasaan dalam menjalani kehidupan. Sabar artinya kita menahan diri untuk melakukan hal-hal negatif, meskipun dalam kondisi yang tidak menyenangkan, tidak sesuai harapan, atau dalam kondisi kritis sekalipun.

Orang bilang sabar itu ada batasnya. Kalau secara khusus memang iya. Tapi, secara umum batas kesabaran manusia ya sampai raga terpisah dengan jiwanya. Batas sabar dalam menjalani kehidupan ada dan terjadi sampai akhir hayat manusia.

Baca Juga : Doa Agar Mudah Mendapatkan Karier Yang Cemerlang

Untuk sabar yang ada batasnya misalnya, Anda sabar saat menunggu waktu berbuka puasa dengan mengerjakan ibadah-ibadah yang bermanfaat. Maka batas kesabaran Anda adalah sampai waktu berbuka tiba.

7 Ayat Pengingat Dan Penenang Saat Musibah Melanda

Agar saat mengalami musibah atau cobaan dapat kita sikapi dengan bijak dan penuh keihklasan, 7 ayat berikut ini bisa kita jadikan penasihat, pengingat, bahan renungan, untuk dapat menghadapi setiap hal yang tidak baik dengan penuh ketenangan, ketujuh ayat tersebut adalah:

Ayat Pertama

Pesan dari ayat yang pertama ini adalah memberi keyakinan bahwa kita bisa berubah, jika kita mau mengubah diri kita.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri".
(Q.S. Ar-Ra'd: 11)

Ayat Kedua

Pesan dari ayat yang kedua ini adalah memberikan keyakinan yang mantap kepada diri kita bahwa sesungguhnya tetap ada kebaikan dibalik sesuatu yang tidak kita sukai.

"Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui".
(Q.S. Al-Baqarah: 216)

Ayat Ketiga

Pesan dari ayat yang ketiga ini adalah memberikan keyakinan yang mantap kepada diri kita bahwa kita pasti sanggup mengemban amanah atau tugas yang Allah swt. berikan kepada hamab-hamba-Nya yang sangat Dia cintai.

Bacaan Saat Tertimpa Musibah
Bacaan Saat Tertimpa Musibah

Insya Allah kita sanggup menghadapi setiap cobaan, dan memilki segudang ide untuk bisa menyelesaikan suatu masalah atau urusan.

"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan dengan kesanggupannya".
(Q.S. Al-Baqarah: 286)

Ayat Keempat dan Kelima

Pesan dari ayat yang keempat dan kelima ini adalah memberikan keyakinan yang mantap kepada diri kita bahwa akan datang kemudahan sesudah kesulitan. Ini merupakan "hukum alam" yang sudah Allah swt. kabarkan melalui rasul-rasul-Nya.

Artinya dalam hidup itu kesenangan dan kesusahan akan berjalan berdampingan, saat senang kita wajib bersyukur, dan saat susah pun kita wajib bersyukur dengan dilapisi kesabaran.


Subhanallah, saudaraku sekalian, rupanya hal inilah yang jarang dipahami, sehingga manusia seringkali inginnya senang terus dan tidak mau atau tidak terima saat kesusahan menimpa dirinya. Padahal Allah swt. sudah jelas menegaskan bahwa kesusahan dan kesenangan itu berjalan beriringan. Sehingga kita tak perlu risau dan khawatir yang terlalu berlebihan.

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan".
(Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Ayat Keenam dan Ketujuh

Pesan dari ayat yang keenam dan ketujuh ini adalah memberikan keyakinan yang mantap kepada diri kita bahwa barang siapa yang konsisten melaksanakan perintah Allah swt, dan menjauhi semua larangan-Nya dengan penuh kesungguhan.

Maka ia akan merasa bahagia karena ia yakin Allah swt, selalu bersama dirinya setiap saat. Taqwa dan tawakal menjadi target prestasi yang harus digapai dengan sekuat tenaga.

"Barang siapa bertaqwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberikan rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya".
(Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)

Demikianlah artikel dengan judul "7 Ayat Pengingat Saat Musibah Melanda" ini saya share untuk sahabat-sahabati sekalian, tentunya masih banyak ayat-ayat Al-Quran lainnya yang bisa kita ambil hikmah dan fadhilahnya dalam menjalani kehidupan di dunia yang hanya sesaat ini. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar