5 Cara Ini Bikin Trafik Blog Makin Oke

00.17

5 Cara Yang Dapat Membuat Trafik Blog Makin Oke

Trafik blog yang semakin meningkat setiap waktu tentu menjadi impian para blogger. Berbagai cara dilakukan agar trafik blog naik. Meskipun Sobat jarang posting artikel misalnya, minimal jumlah visitor blog stabil.

Tantangan yang dihadapi seorang blogger adalah bagaimana bisa bersaing dengan konten-konten milik situs berita. Mengingat situs-situs berita populer kini sudah mengembangkan postingan ke berbagai jenis tema atau topik. Jadi, mereka selain selalu update berita terbaru, banyak juga artikel-artikel topik lainnya yang tak kalah update.

Cara Agar Trafik Blog Naik

Cara Agar Trafik Blog Naik

Namun kita mesti optimis, bahwa masih banyak artikel-artikel yang bisa kita buat dengan sentuhan personal. Sentuhan personal inilah yang membuat artikel Sobat menjadi unik dan memberikan kesan tersendiri bagi pengunjung blog.

Cara-cara berikut ini bisa membuat trafik blog makin bagus, terutama untuk blog berplatform blogspot:

1. Rutin Posting Artikel Baru

Ada beberapa blogger yang terkendala untuk dapat memposting artikel rutin setiap hari. Idealnya setiap hari minimal ada 1 judul artikel yang Sobat ketik. Karena prinsip Konten Adalah Raja, masih berlaku di penilaian mesin pencari.

Seperti pada trafik blog Aina Mulyana yang makin hari makin melejit karena postingan artikel baru yang rutin disajikan setiap saat. Namun, apabila hal itu tidak bisa dilakukan, berusahalah agar minimal ada 5 sampai 10 artikel yang diposting setiap bulannya.

Tips untuk Sobat yang jarang bisa update artikel adalah dengan membuat sebanyak mungkin Evergreen Content kata Mas Sugeng, atau Konten Abadi menurut Mas Timon. Yakni artikel-artikel yang tetap relevan dibaca kapan saja. Konten blog yang tidak akan lekang dimakan waktu, yang tidak pernah kadaluarsa.

2. Perbaiki Artikel Lama

Artikel lama yang pernah ditulis sekian tahun yang lalu, perlu Sobat lihat kembali. Karena biasanya artikel-artikel tersebut dibuat pada saat awal-awal membangun blog. Dimana pada waktu itu mungkin kita belum paham apa itu SEO, apa itu riset keyword.

Bisa saja artikel tersebut masih terlalu pendek, hanya beberapa paragraf. Sobat bisa tambahkan dan kembangkan agar jumlah kata dalam artikel lama itu bisa memenuhi kisaran jumlah kata dalam artikel yang baik.

Sobat bisa juga melakukan perbaikan artikel yang salah ketik. Terutama jika kata yang salah ketik itu merupakan keyword yang dibidik. Tentu akan berakibat fatal jika tidak segera diperbaiki. Nah, dengan cara mendaur-ulang artikel lama, akan berdampak baik yakni terjadinya banjir trafik pada blog.

3. Cek Broken Link Pada Artikel

Broken link adalah sebuah tautan yang ketika diklik akan menampilkan halaman kosong. Atau bisa juga pesan error. Artinya blog Sobat nge-link ke artikel zonk. Nah, broken link yang terlalu banyak jumlah, akan terlihat kurang baik dimata mesin pencari.

Cek Broken Link Pada Artikel

Cek Broken Link Pada Artikel

Link-link yang mati biasanya terdapat pada bagian komentar blog, video Youtube yang sudah dihapus (jika menjadikan Youtube sebagai sumber artikel), atau bisa juga blog yang domainnya sudah tidak diperpanjang lagi.

4. Jangan Tinggalkan Blog Walking

Mengunjungi beberapa blog untuk meninggalkan jejak komentar masih menjadi hal baik yang disarankan untuk dilakukan. Karena persaingan halaman beranda Google makin ketat, dengan rajin blog walking akan mendatangkan suntikan trafik yang cukup besar untuk blog.

Baca Juga : Panduan Menulis Artikel Blog Versi Mas Donda

Bahkan, dengan berkomentar pada blog-blog tertentu, kita akan mendapatkan sebuah backlink yang nantinya bisa mendongkrak popularitas blog. Sobat bisa ngintip blog-blog mana yang ternyata memberikan backlink. Misalnya Sobat bisa ngintip blognya si Anu backlinknya dari mana saja sih ya. Nah, Sobat bisa mengikuti jejak untuk berkomentar di blog tersebut.

5. Update Tampilan Blogger Profil Untuk Blog Platform Blogspot

Ketika berkomentar dengan menggunakan akun Google, maka link yang terdapat pada Blogger Profile seringkali terlihat kurang dioptimasi secara maksimal. Saya melihat ada Sobat Blogger yang halaman Blogger Profilnya tidak menampilkan blog yang dikelola.

Baca Juga : Rahasia Sukses Ngeblog Linda Ikeji

Padahal dengan berkomentar menggunakan Blogger Profile ini, akan memudahkan sesama blogger untuk mengunjungi blog Sobat. Tapi syaratnya akun Google Sobat harus selalu aktif. Karena ada juga komentar menggunakan Blogger Profile ini yang terdeteksi sebagai broken link nantinya karena sudah tidak aktif lagi atau terhapus oleh sistem Blogger karena keseringan memberikan komentar spam.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Terima kasih buat tipsnya Mas.
    Lumayan buat nambah-nambah ilmu biar blog bisa lebih baik lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga blog yang Bang Rudi kelola juga semakin bagus trafiknya. Salam sukses selalu.

      Hapus