Manfaat Sujud Dalam Sholat Bagi Kesehatan

19.31

Manfaat Sujud Dalam Sholat Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat sujud dalam sholat sudah seringkali kita dengar dewasa ini. Terutama bagi Anda sobat Muslim sekalian. Tentu sudah merasakan manfaat yang luar biasa kita peroleh dengan melaksanakan ibadah sholat lima waktu dengan benar sesuai syariat.

Manfaat Sujud Dalam Sholat Bagi Kesehatan Manusia
Manfaat Sujud Dalam Sholat Bagi Kesehatan

Seorang dokter neurologi dari Amerika telah melakukan sebuah penelitian yang membuktikan manfaat sujud pada saat umat Islam sedang salat bagi kesehatan otak manusia. Penelitian ini menambah khazanah penelitian yang kerap kali dilakukan.

Dokter itu mengungkapkan bahwa sewaktu ia melakukan kajian terhadap syaraf otak. Terdapat beberapa urat-urat syaraf otak manusia yang tidak bisa dimasuki oleh darah. Padahal pada setiap inchi otak manusia memerlukan darah yang cukup agar dapat berfungsi secara normal.

Hanya Saat Sujud Darah Akan Memasuki Urat Syaraf Di Otak

Setelah membuat kajian yang memakan waktu, akhirnya dia menemukan bahwa darah tidak akan memasuki urat syaraf di dalam otak. Melainkan saat seseorang sedang sembahyang, yakni ketika sedang sujud.

Urat tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini artinya darah akan memasuki bagian urat syaraf tersebut menurut kadar waktu sembahyang (sujud) yang diwajibkan dalam Islam. Denga gerakan sholat yang baik dan benar, maka InsyaAllah akan terasa manfaatnya ditinjau dari aspek medis.

Hikmah lainnya adalah sunnah untuk tidak memejamkan mata saat sedang sujud. Ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan penglihatan mata. Dan juga manfaat dibalik mata yang tetap fokus pada satu titik tempat sujud adalah saat ruku’ otot mata akan menekan lensa untuk meningkatkan visi dan saat bangun akan melonggarkan.

Dari penelitian tersebut dia menyimpulkan bahwa selain sebagai kewajiban yang harus dilakukan oleh umat Islam, sholat dapat memberikan manfaat kesehatan bagi yang melaksanakannya. Semoga dengan semakin banyaknya kajian-kajian seperti ini akan memberikan dorongan positif bagi umat Islam untuk rajin melaksanakan sholat secara khusyuk dan sesuai aturan.

[ Gambar : sumurungnews.com ]
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Wah, ternyata di balik setiap gerakan shalat terdapat hikmah yang luar biasa ya, terima kasih atas sharingnya, sangat menginspirasi.

    BalasHapus
  2. Benar terbukti dengan gerakan gerakan yang teratur dan mirip senanm ya

    BalasHapus
  3. Memang luar biasa semua sunnah rasul, apalagi ini yang diwajibkan oleh gusti Allah.

    BalasHapus

Artikel Populer Lainnya