Bintitan Di Mata Bukan Karena Mengintip

01.50

Bintitan Di Mata Bukan Disebabkan Oleh Kebiasaan Mengintip

Bintitan di mata. Boleh kita katakan hampir 99 persen manusia Indonesia pernah mengalami hal ini. Terutama anak-anak yang kerap bermain di luar rumah. Maupun orang dewasa yang bekerja di lingkungan yang berdebu.

Bintitan Di Mata
Bintitan Di Mata Bukan Karena Mengintip

Di kalangan masyarakat kita sering beredar mitos yang menyebutkan bahwa orang yang bintitan atau timbilen disebabkan karena punya kebiasaan mengintip. Padahal, para ahli medis mengatakan bahwa hal itu tidak benar. Yang benar, bintitan itu disebabkan kurangnya kebersihan mata.

Istilah kedokteran untuk bintitan atau timbilen adalah hordeoleum, yang artinya benjolan nanah pada kelopak mata atas atau bawah. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri stafilococcus aureus pada kelenjar-kelenjar di kelopak mata. Hordeoleum juga lebih sering timbul pada seseorang yang berjerawat atau mengalami radang kulit.

Bintitan Bisa Sembuh Dengan Sendirinya

Penanganan pada bintitan kecil tidak memerlukan perawatan khusus alias bisa sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk kasus yang berat ada dua tahap terapi penyembuhannya. Pada tahap awal, dapat diberikan kompres hangat. Kemudian, dokter akan memberikan semacam antibiotik.

Namun demikian, ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah adalah lebih baik daripada mengobati. Kebiasaan seperti mengucek mata saat Anda belum mencuci telapak tangan adalah kebiasaan buruk yang harus dihindari. Karena kuman yang berada di telapak tangan Anda akan masuk ke dalam mata dan dapat menyebabkan mata Anda mengalami penyakit seperti bintitan atau timbilen ini.

[Gambar : www.wajibbaca.com]
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya