Kekuatan Maritim Indonesia, Potensi Besar Yang Perlu Dibangun

16.49

Kekuatan Maritim Indonesia, Sebuah Potensi Yang Perlu Untuk Dibangun

Kekuatan maritim Indonesia menjadi sebuah potensi yang seharusnya mulai serius dibangun. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak pulau sudah seharusnya mau dan mampu anugerah alam yang luar biasa berupa laut. Sumber daya alam yang tersebar di seluruh laut Nusantara adalah aset ekonomi yang harus diolah secara maksimal untuk memajukan perekonomian tanah air tercinta ini.

Membangun kekuatan maritim Indonesia yang powerful memang tidak semudah mengedipkan mata. Namun, dengan niat dan kesungguhan antara pemerintah dan nelayan serta TNI AL sebagai penjaga laut Nusantara, niscaya kita akan mampu membangun kekuatan maritim kita menjadi lebih hebat lagi.

Tentu sangat disayangkan, apabila sumber daya alam yang ada di laut Indonesia dibiarkan begitu saja. Tidak kita olah dengan baik. Justru, yang terjadi adalah hilangnya kekayaan alam tersebut akibat ulah manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab. Berbagai berita mengabarkan, betapa seringnya terjadi kasus pencurian ikan di laut Indonesia.

Perlu Sistem Dan Fasilitas Yang Handal

Untuk mencapai impian tersebut hal pertama yang harus dipenuhi adalah keberadaan fasilitas kelautan yang harus diperbaharui, baik dari segi fisik maupun sistemnya. Dari segi fisik, pelabuhan yang sudah ada direhab dan dibuat dengan tata ruang yang baik sesuai standar internasional. 

Pelabuhan untuk bersandar berbagai jenis kapal harus tersedia dengan lengkap. Dan yang perlu diingat adalah jangan sampai pembangunan sarana fisik pelabuhan itu merusak ekosistem fauna dan flora laut yang ada.

Kekuatan Maritim Indonesia, Potensi Besar Yang Perlu Dibangun
Kekuatan Maritim, Potensi Besar Yang Perlu Dibangun

Dari sistemnya juga perlu diperbaharui, seperti layaknya software komputer atau handphone yang selalu harus diupdate. Sistem yang dimaksud seyogyanya bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna dari dalam negeri maupun turis asing atau pelaku bisnis yang berinvestasi di negeri yang terkenal subur ini.
Gambar yang saya sertakan dalam artikel ini adalah gambar salah satu pelabuhan di Miami, Amerika yang digunakan untuk bersandar kapal pesiar. Tata kelola yang baik bisa kita adopsi dan terapkan di negara kita.
Yah, tidak perlu membayangkan seperti di Miami, kita buat fasilitas kelautan yang benar-benar kita butuhkan seperti pelabuhan untuk nelayan dan ekspedisi barang dan jasa. Menurut Anda, jika dibanding-bandingkan dengan pelabuhan di Tanjung Priok, Jakarta Utara dimana air laut lebih tinggi dari jalan atau pemukiman, mana yang lebih menarik mata kita?
Previous
Next Post »
0 Komentar