Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli - Beserta Ruang Lingkupnya

20.40

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli Yang Penting Untuk Diketahui

Sobat sekalian, kali ini kita akan membahas tentang pengertian kewirausahaan. Pengertian kewirausahaan secara umum adalah sikap hidup yang selalu ingin berprestasi, ingin maju dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari dimanapun dia tinggal atau beraktifitas.

Menurut para ahli berikut ini semoga akan semakin memudahkan kita untuk memahami dunia kewirausahaan:

Robbin & Coulter

Kewirausahaan menurut Robbin & Coulter merupakan suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok individu menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai. Yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan, tidak mempedulikan apapun sumber daya yang digunakan pada saat ini.

Raymond

Wirausaha ialah seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat.

Achmad Sanusi

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diwujudkan didalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses dan hasil bisnis.
Dan orang yang memiliki sikap kewirausahaan disebut dengan wirausahawan. Seorang wirausahawan tidak akan pernah tinggal diam dan pasrah dengan kondisi sekarang, ia cenderung mencari cara dan solusi efektif agar harta benda yang dimilikinya dapat berkembang dan terus menghasilkan.
Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli - Beserta Ruang Lingkupnya
Pengertian Kewirausahaan Beserta Ruang Lingkupnya

Agar dapat mendulang kesuksesan dalam menjalankan usahanya, seorang wirausahawan harus memiliki hal-hal berikut ini:

  • Memiliki kesadaran akan potensi diri dan mau mengembangkan untuk berwirausaha.
  • Memiliki sikap wirausaha.
  • Memiliki sikap perilaku wirausahawan.
  • Memiliki kecakapan dalam berkomunikasi.
  • Memiliki kemampuan untuk : menyerap informasi, memecahkan masalah, mengambil keputusan, mengidentifikasi variabel, menghubungkan variabel, merumuskan variabel, merumuskan hipotesis, melakukan penelitian dan pengembangan agar usaha yang digelutinya semakin maju dan menguntungkan.
Seorang wirausahawan hendaknya memahami bahwa segala sesuatu yang ada dalam pikiran sudah seharusnya untuk langsung diterapakan. Agar menjadi wirausahawan yang sukses ia tak boleh terlalu banyak berpikir, namun sedikit tindakan.

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Meliputi kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang wirausahawan terdiri dari:

ASPEK MANUSIA

  • Sikap meliputi: bebas, positif, peduli terhadap lingkungan, percaya diri, berani mengambil resiko seberat apapun, kreatif, inovatif, disiplin, jujur dan dapat dipercaya, ingin maju, mau mencoba, tidak malas, mau bekerja keras dan tekun.
  • Keterampilan meliputi: berpikir kreatif, inovatif, memiliki jiwa kepemimpinan, mampu membaca dan menciptakan peluang, mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan berbagai macam karakter manusia dan kondisi, memiliki kecapakan berkomunikasi dan keterampilan mengelola sumber daya yang dimiliki oleh bisnisnya.

ASPEK KEMASYARAKATAN DAN PERADABAN

Seorang wirausahawan adalah pribadi-pribadi yang peduli dan memahami lingkungan disekitarnya dengan baik. Ia adalah sosok yang sangat mematuhi dan peduli dengan hal-hal berikut:
  • Sistem dan tata nilai yang ada di masyarakat
  • Jenis mata pencaharian masyarakat
  • Pendidikan masyarakat
  • Minat masyarakat terhadap produk
Sumber : www.seputarpengetahuan.co.id
Gambar : mnews.co.id
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya