Harga Sembako Di Pasar - Naik Menjelang Puasa

15.27

Harga Sembako Di Pasar Menjadi Informasi Penting Bagi Kaum Ibu

Harga sembako di pasar menjadi informasi penting yang selalu dipantau setiap hari oleh kaum hawa. Terutama ibu-ibu yang memang rutin berbelanja kebutuhan pokok sehari-hari untuk keluarga. Salah satu hal yang tidak diharapkan adalah kenaikan harga sembako yang cukup drastis.

Kenaikan harga sembako terjadi pada waktu-waktu tertentu disaat permintaan sembako terbilang sangat tinggi. Seperti kenaikan harga sembako di pasar menjelang bulan puasa yang tak dapat dihindari lagi. Kenaikan harga dapat terjadi baik di tingkat grosir maupun eceran.

Harga Sembako Di Pasar - Naik Menjelang Puasa
Gambarlebakkab.go.id

Hukum ekonomi sejak lama mengatakan bahwa ketika persediaan barang sedikit namun permintaan pasar tinggi maka akan terjadi kenaikan harga. Begitu juga sebaliknya, ketika persediaan barang melimpah dan permintaan pasar rendah maka akan terjadi penurunan harga.

Membeli Sembako Tertentu Jauh-Jauh Hari

Membeli sembako yang bisa awet ketika disimpan lebih awal alias belanja jauh-jauh hari merupakan salah satu trik yang dapat mengurangi beban pengeluaran keluarga untuk membeli sembako. Juga sebagai salah satu bentuk mengantisipasi harga sembako di pasar yang bisa tiba-tiba naik.

Misalnya, jika suatu keluarga sudah mengestimasi bahwa kebutuhan pokok seperti beras, minyak, gula adalah kebutuhan yang pasti habis selama bulan puasa. Maka membeli produk jenis sembako tersebut wajib kita beli jauh-jauh hari sebelum harga sembako di pasar naik semakin tinggi. Istilahnya kita akan mendapatkan harga yang 10 sampai 30 persen lebih murah.
Namun, pengetahuan dan pemahaman situasi pasar untuk kenaikan harga sembako ini kurang diantisipasi banyak keluarga Indonesia. Membeli segala macam kebutuhan dalam waktu bersamaan ditambah lagi dengan membeli atau berbelanja saat harga sedang naik tinggi-tingginya sering mengakibatkan terkurasnya "cadangan devisa" keluarga. Dan akhirnya kenaikan harga ini menimbulkan kepusingan yang mendalam.

Cermati Harga Sembako Dipasar, Ketahui Waktu Kenaikan Harga Terutama Saat Bulan Puasa

Membeli sembako atau kebutuhan lainnya memang terbukti membantu kita mengontrol keuangan keluarga. Seperti membeli baju lebaran beberapa bulan sebelum bulan puasa. Langkah tersebut juga terbukti efektif menghemat pengeluaran selama bulan puasa. Dan selama musim lebaran, toh model baju yang dibeli sebelum bulan puasa kebanyakan masih sama seperti yang dijual saat bulan puasa.

Jadi nanti kita tinggal fokus ke biaya atau ongkos mudik ke kampung halaman dan bagi Anda yang memilih untuk tidak mudik lebaran 2019 ke kampung halaman. Anda dapat menggunakan anggaran yang telah diatur dengan cara cerdas tersebut untuk berwisata mengunjungi tempat-tempat rekreasi indah favorit keluarga. 
Jangan sampai bulan puasa dan lebaran ternoda kebahagiaannya hanya karena kita salah dalam menggunakan uang yang pas-pasan. Uang yang pas-pasan jika dibelanjakan dengan bijak akan memberi berkah yang luar biasa bagi keluarga. Dan menjadi rezeki yang wajib selalu untuk disyukuri.

Cermati harga sembako di pasar, dan juga untuk produk-produk lainnya. Ketahui kapan sering terjadi kenaikan harga. Maka sudah seyogyanya Anda menghindari berbelanja banyak kebutuhan pada waktu-waktu tersebut.
Previous
Next Post »
0 Komentar