Bisnis Kontrakan Petakan, Cara Jitu Menambah Penghasilan

21.49

Bisnis Kontrakan Petakan - Mendesaknya Kebutuhan Rumah Tempat Tinggal

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer bagi manusia. Rumah menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk beristirahat, bercengkerama dengan keluarga. Bahkan di dalam rumah kita dapat menjalankan aktivitas dan perkerjaan.

Maka, memiliki rumah yang nyaman dan sehat adalah dambaan setiap keluarga. Sebagai aset yang bernilai jual tinggi kebutuhan rumah semakin tahun semakin meningkat. Tak heran bila sekarang kita lihat tanah yang tadinya adalah lahan persawahan telah berubah banyak menjadi lahan perumahan. Yang disulap oleh pengusaha properti dalam mengais pundi-pundi rupiah.

Bisnis Kontrakan Petakan, Cara Jitu Menambah Penghasilan
Bisnis Kontrakan Petakan, Tak Pernah Sepi Peminat
Gambar : tokopedia.com

Namun demikian, memiliki rumah sesuai impian tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Harga rumah yang terbilang mahal menjadi faktor utama yang menghalangi banyak orang untuk memiliki rumah. Bagi yang memiliki rezeki berupa uang yang berlebih tentu tak menjadi masalah. Namun, bagi yang kurang mampu tentu sangat susah untuk membeli rumah.

Jangankan untuk membeli rumah secara tunai, membeli rumah secara kredit pun terbilang cukup memberatkan. Uang muka pembelian yang cukup besar, cicilan yang sangat menguras gaji bulanan membuat beberapa orang yang akan membeli rumah mengurungkan niatnya. Sehingga pilihan untuk mengontrak rumah adalah hal nyata yang bisa dilakukan.

Mengontrak Karena Terdesak Oleh Keadaan

Kebutuhan akan rumah tempat tinggal terutama di kota-kota besar telah menjadi kebutuhan mendesak. Yang mau tidak mau wajib dipenuhi. Dengan keterbatasan keadaan, misalkan baru saja diterima bekerja, mengontrak rumah tentu tak bisa terlalu lama ditunda.

Terutama bagi pasangan muda yang belum lama menikah dan baru saja merantau ke kota besar. Meskipun sang suami belum memiliki penghasilan yang mencukupi, tak nyaman rasanya jika harus tinggal menumpang di rumah saudara atau teman.

Hal inilah yang menjadikan bisnis kontrakan petakan menjadi salah satu bisnis yang menggiurkan. Dengan menggunakan sistem petakan, pemilik kontrakan memiliki keuntungan. Yakni lahan yang tidak luas bisa dijadikan beberapa petak kamar.

Ada yang kamar mandinya di dalam, dan ada juga yang diluar alias digunakan rame-rame. Kontrakan dengan sistem petak lebih banyak disukai karena harga sewanya yang lebih terjangkau. Dan terbukti mampu bisa menambah pundi-pundi rupiah bagi pemilik kontrakan.

Pemilik rumah kontrakan terutama di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, tak perlu pusing memasarkan rumah kontrakan yang dimilikinya. Usaha kontrakan di lokasi yang padat aktifitas bisnis terbilang tak pernah sepi peminat.
Tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan yang besar, para pencari rumah kontrakan petak akan berbondong-bondong mencari lokasi rumah kontrakan Anda. Ini terjadi karena jumlah kebutuhan rumah kontrakan di kota besar lebih tinggi daripada di wilayah lainnya.

Bagian Rumah Kontrakan Sistem Petakan Yang Sering Rusak Dan Butuh Perawatan Rutin

Bagi Anda yang ingin menjalani bisnis kontrakan petakan. Ada beberapa bagian dari rumah kontrakan yang harus diperhatikan kualitasnya agar tidak menimbulkan kerepotan di kemudian hari. Beberapa bagian dari rumah kontrakan petakan yang sering mengalami kerusakan antara lain:
  • Bagian Atap dan Plafon, atap dan plafon seringkali mengalami kerusakan karena cuaca yang ekstrim yang sering terjadi sepanjang tahun. Hujan yang cukup deras dan panas yang berlebihan saat musim kemarau menyebabkan dua bagian rumah kontrakan ini bocor atau retak. Kita dapat memilih bahan bangunan yang tahan dari segala macam cuaca selama bertahun-tahun.
  • Pintu, bagian rumah kontrakan ini juga sering mengalami kerusakan akibat benturan atau rayap yang menggerogoti dan merusak bagian dari pintu, dan juga kerusakan akibat penggunaan. Ini terjadi karena pintu adalah bagian rumah yang paling sering dibuka dan ditutup. Buatlah pintu dari kayu atau papan berkualitas agar penggantian pintu di waktu yang akan datang tidak sering dilakukan.
  • Instalasi Listrik, pekerjaan pemasangan instalasi listrik di rumah kontrakan perlu diawasi dengan ketat mengingat sering terjadi korsleting listrik karena instalasi yang buruk. Percayakan pekerjaan ini kepada ahlinya atau Anda dapat meminta bantuan kepada petugas PLN yang bisa mengerjakan instalasi listrik dengan baik dan benar.
  • Saluran Pembuangan Air, bagian ini juga sering bermasalah. Buatlah saluran air yang memudahkan saat perawatan. Setiap sekian meter pipa pralon saluran air pada rumah kontrakan harus di tampung airnya dalam lubang / kolam kecil yang mudah dibuka. Sehingga jika ada tumpukan sampah dan pasir yang menyumbat dapat langsung dibersihkan.
Dengan memperhatikan bagian-bagian rumah kontrakan tersebut, mudah-mudahan kita tidak perlu melakukan rehab lagi yang kadang bisa menghabiskan uang dalam jumlah yang cukup besar. Anda tinggal mengelola aspek manajerial sendiri atau menitipkan pada orang yang bisa dipercaya. Bisnis kontrakan petakan ini akan membuat pemiliknya kaya dengan aset yang terus bertambah. Salam Sukses Selalu.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. mungkin suatu hari nanti kalau sudah punya rumah sendiri, dan punya modal dikit bisa invest buat punya kontrakan juga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga terwujud impiannya Sobat Rafi :)

      Hapus