Duh Senangnya Jadi Orang Indonesia

20.24

Alangkah Senangnya Jadi Orang Indonesia

Bagi Anda yang merasa sebagai Warga Negara Indonesia, ada satu pertanyaan yang harus Anda jawab dengan jujur. Pertanyaannya adalah...apakah Anda merasa bangga menjadi orang Indonesia? atau pertanyaan seperti : apakah Anda merasa senang menjadi orang Indonesia?

Yah, tinggal di negeri yang teramat subur dan memiliki beragam budaya seperti Indonesia seharusnya bisa membuat Anda merasa bangga, senang, atau mungkin lebih jelasnya lagi dengan mengatakan bahwa Anda merasa bahagia menjadi orang Indonesia.

Memang bahagia itu kadang masih menjadi tanda tanya. Mungkin sebagian besar dari kita salah mengartikan makna bahagia. Sehingga ketidakpahaman itulah yang membuat kita merasa bahwa hidup kita jauh dari kata bahagia.

Duh Senangnya Jadi Orang Indonesia
(Duh Senangnya Jadi Orang Indonesia)
 ~ Gambar : smpn1sepsurabaya.blogspot.com ~

Betapa melimpahnya kenikmatan, anugerah yang diberikan Sang Pencipta untuk orang-orang Indonesia. Sudah seharusnya kita sebagai makhluk Tuhan yang tinggal di bumi Indonesia merasa senang dan bangga menjadi orang Indonesia.

7 Alasan Yang Menyebabkan Kita Harus Bangga Dan Senang Menjadi Orang Indonesia

Masih belum bangga atau senang juga menjadi orang Indonesia? Untuk Anda yang merasa tidak bangga atau kurang senang menjadi orang Indonesia, Anda harus memperhatikan hal-hal berikut ini yang merupakan beberapa faktor yang menjadi alasan bagi kita untuk bangga dan senang menjadi orang Indonesia. Hal-hal tersebut antara lain :


Alasan #1: Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang unik


Keunikan Indonesia dapat terlihat jelas di gambar peta wilayah NKRI yang kalau dinilai secara seni akan mendapatkan skor yang tinggi. Peta wilayah Indonesia terlihat sangat indah dengan komposisi pulau yang harmonis dan artistik.

Sebagai negara kepulauan yang besar, Indonesia memiliki alam yang subur yang mengandung berbagai sumber daya alam yang mampu mencukupi kebutuhan hidup seluruh warga negaranya. Ada bahan pangan, ada bahan tambang dan energi, ada keanekaragaman jenis batu akik.

Ada juga tempat-tempat yang indah dan eksotik yang menjadi destinasi wajib para wisatawan mancanegara untuk mengunjungi negara kita. Yang saya yakin semua itu adalah wujud kasih sayang Tuhan kepada penduduk Indonesia. Lantas, kenapa kita jarang bersyukur?

Alasan #2: Indonesia terdiri dari berbagai suku dan bahasa

Keberagaman suku dan bahasa ini menjadikan kehidupan warga negaranya merasa saling melengkapi dan saling berbagi hal-hal positif yang dapat mempererat persaudaraan dengan suku lain atau dengan saudara sebangsa yang bahasa ibunya berbeda satu sama lain.

Bahkan, dalam satu suku pun memiliki logat dan bahasa yang kadang berbeda satu sama lain. Hal inilah yang membuat pergaulan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi sangat menyenangkan. Karena kita bisa berbagi cerita yang masing-masing memiliki pesona tersendiri.

Setiap suku memiliki adat istiadat, kesenian, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing yang justru semakin menyadarkan kita bahwa Indonesia atau Nusantara ini adalah sesuatu yang sangat berharga.

Alasan #3: Indonesia memiliki keberagaman kuliner yang lezat dan nikmat

Anda pernah makan pecel? Anda pernah makan sate padang? Anda pernah makan Ayam Cincane? Anda pernah makan Ayam Betutu? Anda pernah makan Ayam Taliwang? Anda pernah makan Sup Konro? Anda pernah makan Binte Biluhuta? Anda pernah makan Ikan Asar?

Atau mungkin Anda pernah makan Papeda? Hemm...jika semua jenis makanan yang sudah disebutkan tersebut pernah Anda makan semuanya, berarti Anda termasuk orang yang paling beruntung karena sudah pernah merasakan kelezatan dan kenikmatan berbagai sajian kuliner Nusantara yang aduhai rasanya.

Bukan hanya menggoyang lidah, berbagai macam makanan khas daerah di seluruh wilayah Indonesia memiliki kesamaan yakni rasanya yang kental dengan bumbu rempah-rempah yang enak dan menyehatkan. Saya berani jamin, tidak ada negara lain yang sajian kulinernya sebanyak Indonesia? 

Mau hitung-hitungan Silahkan, karena kuliner Nusantara adalah yang terbaik di dunia. Kalau nggak percaya, coba deh suruh itu bule mencicipi sambel tempe buatan simbah saya. Pasti langsung klepek-klepek deh, dengan keringat yang mengucur deras di wajah karena rasanya yang luar biasa.


Alasan #4: Harga barang dan kebutuhan pokok yang relatif masih murah di sebagian daerah

Untuk wilayah perkotaan memang harus kita akui harga-harga kebutuhan pokok relatif sama, maksudnya adalah sama mahalnya. Namun, apabila Anda membeli kebutuhan pokok di suatu daerah yang menghasilkan bahan atau barang tersebut, Anda akan mendapatkan harga yang relatif murah. Kebanyakan di desa, harga sayur sangat murah. 

Coba Anda bandingkan dengan negara-negara Eropa atau Amerika yang harga makanannya relatif lebih mahal. Anda tentu ingat bahwa di zaman sekarang ini kita masih bisa makan kenyang dan nikmat dengan harga Rp. 15.000 di warteg-warteg kesayangan kita bukan?

Alasan #5: Memiliki banyak waktu untuk bercengkerama dan bersantai

Bila orang Jepang melihat orang Indonesia, mereka pasti akan bertanya-tanya kenapa orang-orang Indonesia bisa duduk ngopi bareng sambil ngerumpi dalam waktu yang lama. Orang Jepang jarang ada yang bisa duduk berleha-leha dalam durasi yang lama.

Mereka terkenal dengan budaya gila kerja yang sangat ketat. Ini perlu kita syukuri, karena ini berarti kita masih diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menyaksikan dan mendengarkan burung-burung yang beterbangan dan berkicau merdu di pagi hari sambil minum wedang teh atau wedang kopi dengan bonus pisang goreng bikinan emak. Nikmat sekali bukan?

Alasan #6: Orang Indonesia itu sopan dan ramah

Keramah-tamahan orang Indonesia masih dapat Anda nikmati di daerah pedesaan. Setiap Anda bertemu atau berpapasan dengan orang-orang desa mereka pasti akan menyapa atau memberi salam meski sebelumnya belum pernah bertemu.

Sikap seperti inilah yang menjadikan orang Indonesia tak tega melihat saudarnya yang sedang terkena musibah. Kalau ada tetangga atau saudara yang terkena musibah pasti akan segera memberikan pertolongan atau bantuan secara ikhlas dan sukarela.

Alasan #7: Perempuan Indonesia itu Cantik, Unik, dan Eksotis

Ini yang membuat para kaum pria di Indonesia selalu bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari. Keragaman suku membuat wajah perempuan Indonesia memiliki wajah ayu yang menarik dan membuat kesengsem para pria yang melihatnya.

Setiap daerah melahirkan rona kecantikan yang sama-sama eksotis. Semakin sering Anda mengunjungi berbagai wilayah Nusantara, Anda akan mendapati sebuah keindahan dan pesona luar biasa dari perempuan Indonesia. 

Bagaimana? Masih belum bangga atau senang juga jadi orang Indonesia? Trus kenapa masih tinggal di Indonesia? "Huss huss...pergi saja sana!" Hahahaha....
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. nah untuk nomor tujuh saya kurang sependapat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya yang selalu dirawat kesehatan badannya dan kecantikannya secara rutin...hehehe
      Kalau yang nggak cantik berarti salah MakeUp...wkwkwkwk

      Hapus
  2. Setuju yang nomor 5. Pernah lihat ekspresi antara orang LN dan Indonesia jalan kaki. Orang LN serius amat dan gayanya cepat, orang Indonesia sebaliknya. Pelan, toleh kanan-kiri dan kalau ada orang yang dikenal langsung gercep buat nyapa dan ngobrol di tengah jalan, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...itulah kenapa kita musti bersyukur. Di luar negeri belum tentu kita bisa melihat pemandangan seperti di Indonesia yang ramah dan bersahabat. Asalkan kita bisa terus merawat lingkungan, niscaya negeri ini akan selalu damai sejahtera.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog