Tips Ngeblog - Bertahan Disaat Yang Lain Bosan

09.40

Tips Ngeblog - Bertahan Disaat Yang Lain Bosan

Blog merupakan media yang multifungsi dan sangat mudah untuk kita kelola. Dengan perangkat teknologi zaman now yang makin canggih dan beragam tentu akan mempermudah aktifitas ngeblog. Blogger bisa menulis artikel menggunakan handphone Android, menggunakan PC / Laptop, menggunakan IPad, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan blogger-blogger pada masa satu dekade yang silam. Blogger zaman now semakin dimanjakan dengan kemampuan berbagai perangkat TIK yang makin menjamur. Plus dengan harga yang makin terjangkau pula.

Namun, dalam praktiknya banyak blogger zaman now yang justru kurang memaksimalkan kemudahan tersebut. Seharusnya dengan kehadiran perangkat TIK yang mudah didapatkan (dibeli), blogger zaman now harus lebih bersemangat. Terutama dalam memposting artikel karya unik dirinya.

Disaat Rasa Bosan Mulai Menghampiri Diri Seorang Blogger

Bosan merupakan salah satu jenis perasaan yang dimiliki manusia. Sejak zaman Nabi Adam sampai kini, ada beribu alasan yang bisa membuat manusia merasa bosan. Entah karena belum tercapainya apa yang diimpikan, godaaan lingkungan, lelah menunggu, dan perasaan-pikiran negatif lainnya.

Tips Ngeblog - Bertahan Disaat Yang Lain Bosan
Gambar : www.idntimes.com

Hal ini jelas pernah saya rasakan sebagai seorang blogger. Bukan hanya sekali, tapi berkali-kali. Saya pernah mengalami rasa bosan yang begitu hebat. Sampai-sampai blog yang saya kelola pernah saya diamkan hampir satu tahun lamanya.

Rasa bosan menurut saya ada kadar atau levelnya. Nah, agar rasa bosan ini tidak berlarut-larut maka Sobat harus mencari cara agar bisa kembali memiliki semangat dalam ngeblog. Bosan itu berbeda dengan kondisi kosong ide. Kalau kita merasa kehabisan ide, kita bisa mencari ide dimana saja.

Tapi kalau sudah terjangkit rasa bosan, tentu berbeda ceritanya. Biarpun ada ide untuk membuat artikel, karena diri kita sudah merasa bosan menyebabkan artikel tersebut tak pernah kita tulis.

Mulai Berdamai Dengan Rasa Bosan

Disini kita temukan satu kunci sukses ngeblog. Yakni bertahan disaat yang lain mulai bosan. Artinya bagaimanapun caranya, rasa bosan itu harus bisa kita abaikan. Dan saya yakin, makin lama rasa bosan itu pun akan "bosan" juga pada akhirnya....hehehe (Do you understand what i mean?).

Ada beberapa hal yang bisa membantu blogger agar keluar dari jeratan rasa bosan:

1. Istirahatlah Sejenak Sampai Sobat Rindu Untuk Menulis Artikel Kembali

Saat kita mulai merasa bosan, maka jangan dipaksakan untuk mengerjakan hal tersebut. Kita mesti memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk benar-benar merasakan momen yang bebas. Tidak tertekan alias merilekskan diri Sobat.

Baca Juga : 5 CARA AMPUH MENGUSIR RASA MALAS

Jalan-jalan, makan bareng, nonton bioskop adalah beberapa contoh aktifitas yang bisa mengobati rasa bosan Sobat. Atau jika rasa bosan itu berkaitan dengan kondisi fisik yang kurang fit, maka tidurlah dengan nyenyak beberapa saat. Kalau perlu carilah hotel atau villa yang bisa membuat Sobat bisa istirahat dengan maksimal.

Jangan pikirkan tentang blog, artikel, adsense, trafik, atau apapun yang berkaitan dengan aktifitas ngeblog. Pikirkan tentang embun yang menetes manja di dedaunan, yang diiringi suara kicauan burung. Nikmatilah udara dan matahari pagi yang menyambut Sobat dengan kehangatan.

2. Saatnya Men-charge Spirit Ngeblog Sobat

Sebagai manusia normal kita tentu sering merasa kehilangan motivasi untuk melakukan banyak hal. Nah, saat-saat seperti ini sebetulnya diri Sobat sedang butuh untuk diberi asupan energi atau spirit. Caranya adalah bisa melalui aktifitas menonton video-video motivasi, membaca buku, melihat album foto keluarga.

Nanti Sobat akan menemukan sebuah benang merah. Yakni pemahaman yang makin mendalam tentang arti kehidupan, atau tentang arti kesuksesan. Dengan menonton video motivasi Sobat sedang membangunkan energi positif. Saat itulah spirit ngeblog akan datang kembali.

Baca Juga : KEKAYAAN MATERI TAK MENJAMIN KEBAHAGIAAN MANUSIA

Perluas wawasan dan pergaulan. Toh, saat ini kita bisa berkomunikasi dengan siapapun meskipun ia berada di luar kota atau di luar negeri sekalipun. Sapalah mereka, tanyakan kabar, dan dengarkan kisah bahagia sahabat dan sanak famili. Berbagilah cerita dan informasi yang positif.

3. Jika Sobat Masih Bosan Juga, Maka Berhentilah Ngeblog Selamanya

Hehehe...ini kedengarannya menyeramkan alias S4DI5. Tapi saya yakin, jika berbagai nasihat, motivasi ngeblog tidak mampu membuat Sobat tergugah. Itu artinya Sobat memang sebaiknya menghentikan aktifitas ngeblog untuk sementara waktu, atau bisa juga untuk selamanya.

Lho kok malah begitu?. Ya, manusia diberi banyak pilihan untuk menghabiskan sisa hidupnya di dunia. Ada yang bahagia menjadi seorang petani, ada yang bahagia menjadi seorang pegawai negeri, dan aktifitas maupun profesi lainnya.

Ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger, maka komitmen kita harus selalu diperkuat. Apapun rintangannnya musti kita hadapi. Apapun kesusahan yang dirasakan saat harus lembur menulis artikel misalnya, musti diterima dan dijalani dengan ikhlas dan gembira.

Alhamdulillah, gangguan karena rasa bosan saat sedang ngeblog sudah bisa saya abaikan. Karena saya telah memegang teguh impian, belajar dari pengalaman, menikmati proses, dan melakukan semua ini dengan hati. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Previous
Next Post »

18 komentar

  1. saya nggak pernah bosan mas karena aku memang tidak terlalu berharap dari blog beda dulu jadi penghasilan utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog Bang Abd Kadir Rusdi sudah bagus trafiknya. Tinggal ditekuni dan ditambahkan artikel tentang makanan lainnya. InsyaAllah berkah.

      Hapus
  2. Betul, kalau semua cara sudah dicoba dan masih bosan dan nggak mau update atau nggak mau ngeblog juga, tinggalkan selamanya. Karena, hasratnya bukan di situ (dunia blog) hahaha. Harus perkuat komitmen dan belajar dari pengalaman blogger lain; kenapa mereka bertahan? Kenapa mereka bisa terus meng-update blog? Dari mana ide menulis? Dan seterusnya, niscaya bakal kembali rajin ngeblog. Lha saya juga cukup lama hiatus, hilang muncul nggak jelas :p mungkin karena ada kesibukan lain yang betul2 menyita waktu. Setelah itu, kembali ngeblog!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang hilang muncul itu masih bosan tingkat ringan. Dan lebih sering karena kurang banyak memiliki waktu atau kesibukan offline lainnya Sobat Tuteh. Nanti pasti ada waktu khusus untuk update artikel. Semangat ya sobat Tuteh.

      Hapus
    2. Semangat juga mas Dody :)

      Hapus
  3. Mas Doddy, ini huruf buat komennya jenisnya apa ya :D saya suka jenis hurufnya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga nggak merhatiin Sobat Tuteh. Kayaknya sih kalau nggak Arial ya Calibri. Buat saya yang penting masih bisa terbaca. Baik saat memakai laptop maupun handphone. Salam.

      Hapus
    2. Heheh baik, terima kasih Mas Dody :)

      Hapus
  4. Bosan itu manusiawi, tapi bosan terus yah say good bye to blog hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...yup betul itu Bang Aris Armunanto.

      Hapus
  5. hmmmm teguran keras buat saya kayaknya ini mz :)

    kangen buat menulis emang benar dirasaiin ketika sudah terbisa nulis lalu tiba-tiba karna sesuatu hal tidak bisa menulis..

    kalau aku paling sering buka email mz.. jadi inget terus tetang blog, soalnya kalau di email suka ada notif dari disqus :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teguran pelan kok...hihihi

      Hapus
    2. oooh pelan ya kikiki kirain kode keras

      Hapus
    3. Semangat terus ya Kak Risna.👍👍👍
      Saya tunggu saweran Adsensenya...ckckckakak

      Hapus
  6. Kadang bosan itu krn pas lg gk da bahan, jd pas sdh ddpn laptop, lngsg buntu. Tp sjk ad android, smw ny bs lbh mudah, hny aj ketika kembali k laptop, sllu sj ada halangan.

    Ngeblog enak itu kalau bsk ngantor, malam blm ngntuk2, itu enak bgt. Tp giliran wkt libur panjang, waduh itu ada aj alasan bwt buntu ddpn laptop.

    Makanya bwt nyiasati itu, sy cri hp android yg nyaman bwt ngetik2. Cm sayangnya app blogger yg ad d Play Store gk pernah dpt pembaharuan aplikasi, pdhl klo sering dpt pembaharuan ngeblog jadi makin mudah di smartphone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...betul banget itu. Kadang saat liburan saya juga suka males ngeblog. Pas hari kerja justru kita sering kuat begadang. Semoga saja aplikasi Blogger bisa ada pembaharuan agar kita semakin nyaman menggunakannya.

      Hapus
  7. Artikel nya yang penuh motivasi untuk mengatasi kebosanan menulis blog.
    Makasih mas Dody Saangat bermanfaat bagi kita terutama saya sebagai pendatang baru, pemula yang masih harus terus belajar tentang dunia blogger..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba Fidy Sandri. Saya juga masih newbie di dunia blogging...hehehe

      Hapus

Artikel Populer Lainnya