5 Kiat Sukses Agar Hidup Makin Bahagia

08.17

5 Kiat Sukses Agar Hidup Makin Bahagia

Adakah orang yang ingin hidupnya sengsara? Tentu saja tidak. Setiap orang pasti menginginkan hidup bahagia bersama orang-orang yang dicintainya. Menikmati hari-hari dengan penuh keceriaan dan kasih sayang.

Namun, banyak orang yang menjadi tidak bahagia padahal hidupnya bergelimang karunia. Ada orang yang diberi anggota tubuh lengkap, namun sehari-hari tak pernah mensyukuri karunia Tuhan berupa anggota tubuh yang lengkap dan selalu sehat.

5 Kiat Sukses Agar Hidup Makin Bahagia
5 Kiat Sukses Agar Hidup Makin Bahagia

Ada keluarga yang bergelimang harta, namun antara anak dan orang tua seperti matahari dan rembulan, tak pernah bisa bercengkerama gembira menghabiskan waktu bersama-sama. Kondisi seperti ini tentu bukanlah keinginan setiap orang bukan?

Berikut ini ada 5 kiat agar hidup makin bahagia:


Kiat #1: Jangan Menjadi Bahagia Karena Keadaan Atau Lingkungan

Keadaan atau lingkungan bisa berubah sewaktu-waktu. Pabila keadaan menjadi alasan bagi kita untuk menjadi bahagia, maka kita hanya akan terombang-ambing oleh keadaan diluar diri kita.

Kebahagiaan itu dari dalam diri kita, dari dalam hati dan bukan karena keadaan atau lingkungan di luar diri kita. Jangan biarkan keadaan menentukan kapan kita akan bahagia atau bagaimana kita bisa menjadi bahagia.

Baca Juga Artikel : 5 Cara Ampuh Mengusir Rasa Malas 

Keputusan untuk bahagia ada ditangan kita sendiri. Atau istilahnya adalah kebahagiaan itu selalu dalam genggaman kita. Tak peduli ada badai atau petir, ketika kita memutuskan untuk bahagia, maka tak ada orang lain yang dapat menghalanginya.

Kiat #2: Lihatlah Ke Bawah Bukan Ke Atas

Kita mesti bersyukur karena dari banyak hal, hidup kita lebih beruntung dari orang lain. Contohnya, kita punya sepeda motor, lihatlah bahwa masih banyak saudara-saudara kita yang harus berjalan kaki berkilo-kilo meter jauhnya karena tak punya kendaraan sebagai sarana transportasi.

Jika kita terus melihat ke bawah dalam arti mengakui bahwa ternyata kita lebih beruntung dibanding saudara kita lainnya. Maka setiap hari kita tak pernah lupa untuk bersyukur. Bersyukur adalah laku terbaik untuk melahirkan rasa bahagia.

Kiat #3: Nikmatilah Setiap Suap Makanan Yang Kita Santap

Makan selain memberikan asupan gizi untuk tubuh kita, makan juga bisa menjadi sumber kebahagiaan.

Rasakanlah kenikmatan setiap suap demi suap makanan yang kita santap setiap harinya. Kenikmatan atau lahapnya kita saat makan, akan dirasakan juga oleh orang yang duduk dekat dengan kita.

Baca Juga Artikel : Hidup Berawal Dari Mimpi

Selain itu kita juga akan lebih gembira saat melakukan kebiasaan positif saat bangun pagi. Ucapkanlah syukur saat pertama kali Anda membuka mata dan merasakan kesegaran udara pagi. Hidup jadi makin optimis dan penuh gairah.

Kiat #4: Teruslah Membuka Wawasan Dengan Mencari Informasi dan Referensi

Dengan membuka diri untuk menerima banyak informasi dan referensi, kita akan memiliki semakin banyak alasan untuk bahagia. Hal-hal baru yang kita lihat atau baca bisa mengubah mindset buruk yang sempat tertanam di otak bawah sadar kita.

Kita akan terbiasa dengan masukan dan kritik yang membangun dan mendukung kebahagiaan kita. Kadang orang lain punya tips dan trik yang mampu menyederhanakan sebuah persoalan yang rumit sekalipun.

Kiat #5: Lakukanlah Kebaikan Setiap Saat Dimanapun Anda Berada

Kebaikan yang kita lakukan janganlah didorong oleh keinginan untuk mendapatkan imbalan. Tulus membantu teman, tetangga, saudara yang sedang dilanda musibah akan membuat hidup Anda makin berkah.

Setiap kebaikan yang dilakukan oleh seseorang, cepat atau lambat akan berbalik kembali pada yang bersangkutan. Jadi, di dunia ini ada "hukum tersembunyi" yang menyebabkan kebaikan akan berbuah beribu kebaikan lagi. Dan saya yakin, semua Agama meyakini akan hal ini.
Anda dapat mencoba melakukan hal yang sederhana setiap harinya. Misalnya, Anda memberi sedekah kepada orang miskin, menyeberangkan seorang lansia, atau menolong orang lain yang tidak Anda kenal di luar sana.

Luangkan waktu Anda juga untuk bercengkerama atau menyapa tetangga sebelah rumah Anda atau di komplek rumah Anda. Buatlah suasana kekerabatan makin hangat dan dekat. Tentu dengan tetap menjaga dan menghormati privasi masing-masing orang.

Kesimpulan

Bahagia memang sudah menjadi tujuan hidup bagi sebagian besar manusia. Banyak cara dilakukan dan diperjuangkan agar manusia bisa merasakannya. Dan banyak yang salah kaprah mengkaitkan kebahagiaan dengan kepemilikan harta.

Beberapa hal tersebut bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar senantiasa bahagia. Meski masih banyak tips atau kiat lainnya yang bisa mendongkrak kualitas kebahagiaan.

Namun 5 Kiat Sukses Agar Hidup Makin Bahagia diatas merupakan hal yang kadang terlihat sepele padahal sangat berpengaruh pada kita untuk bisa menjadi insan-insan yang hidup bahagia dan sejahtera. Jadi, berbahagialah mulai dari sekarang.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Setuju dengan 5 kiat sukses agar hidup makin bahagia di atas. Bersyukur itu yang harus dilakukan setiap hari. Saya jadi ingat ceramah salah seorang guru bernama Bapak Aladin Yunus. Beliau berkata, "Alhamdulillah itu wajib diucapkan setiap kesempatan. Kalau kecelakaan, harus Alhamdulillah karena diberi cobaan ... Alhamdulillah cuma lecet tidak sampa kehilangan kaki ..." Dan seterusnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan bersyukur maka nikmat atau anugerah akan bertambah. InsyaAllah dengan sering mengucapkan hamdalah, setiap kejadian akan berujung kepada kebaikan lainnya...Aamiin.

      Hapus
  2. Jadi teringat sebuah buku yg baru saya baca, ada sebaris kalimat yg berkesan bagi saya:
    "Kebahagiaan datang dari ketenteraman hati, bukan dari materi".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup betul Bang Aris Armunanto. Materi hanya perantara. Tuhan sudah menciptakan manusia lengkap dengan persediaan sandang, pangan, dll yang sebenarnya melimpah dan lebih dari cukup.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya