Hayo, Siapa Yang Hobi Tidur Selepas Sahur?

03.32
Salam sukses dan mulia! Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Bulan puasa menjadi bulan yang unik dan penuh keberkahan. Puasa menurut banyak ahli kesehatan sangat bermanfaat bagi vitalitas sel-sel tubuh manusia, yang sudah mulai rusak karena faktor usia. Sekitar 30 persen sel-sel tubuh akan "diregenerasi" jika kita berpuasa penuh selama satu bulan.

Ada dua momen yang menunjukkan kenikmatan luar biasa bagi orang berpuasa. Yakni, momen saat sahur dan berbuka puasa. Saat berbuka kita merasakan nikmat yang luar biasa saat seteguk air menjadi hal yang berharga sebagai pelepas dahaga dan ungkapan syukur kita kepada-Nya.

Nah, hal berbeda dirasakan saat melaksanakan sahur di pagi hari sebelum Subuh. Di hari-hari pertama puasa, sahur menjadi hal yang cukup mengagetkan, karena biasanya pada jam-jam segitu kita belum terbiasa makan nasi. Lambat laut perut dan tubuh menjadi terbiasa untuk makan sahur meskipun mata masih terasa mengantuk.

Sehabis makan sahur, maka kewajiban menjalankan ibadah Salat Subuh harus segera dilaksanakan. Jika kita menunda Salat Subuh, maka rasa kantuk akan terus menggoda sampai kita telat melaksanakan ibadah Salat Subuh.

Tidur selepas sahur (sesudah salat Subuh) menjadi agenda utama bagi sebagian besar masyarakat Muslim di tanah air. Apalagi bagi mereka yang baru bisa merem diatas jam 11 malam, maka rasa kantuk akan menghantui kita selepas sahur.

Acara tidur selepas sahur sebenarnya tidak dianjurkan, karena sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Usahakan agar Sobat memberikan waktu jeda, yakni tidak langsung tidur sekepas sahur.
Di bulan puasa, habis sahur memang ngantuk karena perut terisi, tapi jangan langsung tidur, sebab ketika tidur semua organ dalam tubuh akan melambat metabolisme nya, seperti usus dan lambung akan lambat dalam mencerna makanan, akibatnya makanan tidak tercerna dengan sempurna, makanan yang tidak tercerna secara sempurna akan di "makan" oleh bakteri buruk.

Jumlah bakteri buruk di lambung dan usus menjadi dominan, dimana sifat bakteri ini adalah anaerob (miskin oksigen), hasil metabolisme bakteri bersifat asam. Bakteri akan menghasilkan zat asam nitrit yang bersifat SANGAT ASAM dan Asam nitrit akan meningkatkan derajat keasaman tubuh. Derajat keasaman tubuh meningkat drastis akan membebani sistem metabolisme tubuh.

Asam nitrit itu sangatlah beracun untuk liver anda!. Liver akan bekerja keras melawan racun, sel darah putih akan gencar diproduksi untuk melawan bakteri jahat tadi. Sehingga tubuh akan bekerja ekstra keras hanya untuk menghilangkan racun. Kemudian terjadi penumpukan gas racun amonia dalam tubuh anda akibat makanan yang tidak tercerna menjadi busuk dalam usus dan lambung anda.

Tidur yang dianjurkan saat sedang berpuasa adalah tidur beberapa menit menjelang waktu Dhuhur, atau satu dua jam selepas Salat Duhur. Jika Sobat terpaksa harus tidur selepas sahur, usahakan agar tidak lebih dari dua jam. Semoga Sobat senantiasa sehat dan bahagia di bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini. Salam sukses dan mulia!.

Hayo, Siapa Yang Hobi Tidur Selepas Sahur? Gambar: WhatsApp Grup
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Wah, jadi khawatir karena kadang tertidur setelah sahur. Apalagi kalau sahurnya agak malam. Pasti tidur lagi, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...berbahaya itu.
      jangan terlalu lama tidurnya. Meskipun begitu saya jg suka tidur lama hbs sahur, terutama di hari libur...hehehe

      Hapus
  2. Meme untuk artikel ini sungguh menarik Mas, saya saja unjung2nya jadi penasaran, heheheh.....

    Bbok setelah sahur memang nikmat sekali Mas, tapi saya baru tahu kalau hal itu akan berdampak buruk terhdap tubuh kita. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...tidur tp jgn terlalu lama Kang Nata.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya