Today's Diary - Lelah Mulai Terasa Di UNBK SMP Hari Kedua

11.34
Salam sukses dan mulia!. Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Akhirnya saya diberi kesempatan juga untuk bisa menulis artikel meskipun pekerjaan offline sangat menyita waktu dan konsentrasi saya. Rasanya senang, kangen, tapi juga tetap kepikiran karena pekerjaan wajib dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Apalagi yang menyangkut "nasib" anak bangsa yang kelak akan menjadi tumpuan pembangunan di Indonesia. Semoga para pelajar setingkat SMP/MTs yang sedang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun Pelajaran 2017/2018 diberi kemudahan dan kelancaran sampai selesai hari Kamis, 26 April 2018.

Hari ini, Selasa, 24 April 2018 mata pelajaran yang sedang diujikan adalah Matematika. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini dilaksanakan antara 1 sampai 3 sesi di masing-masing sekolah penyelengara UNBK, tentu sesuai dengan peralatan komputer yang tersedia saat Ujian Nasional tersebut. Karena jadwal sesi 3 berlangsung cukup sore yakni mulai pukul 14.00-16.00 WIB, ini tentu sangat melelahkan baik bagi panitia UN maupun peserta didik yang melaksanakan UNBK pada sesi ketiga. Setiap hari / sesi sekolah juga wajib memberikan laporan pelaksanaan UNBK 2018 ini melalui halaman Google Form yang sudah disiapkan panitia UNBK tingkat rayon.

Laporan Harian Pelaksanaan UNBK 2018
Laporan Harian Pelaksanaan UNBK 2018

Proktor dan Teknisi merupakan pelaksana teknis UNBK yang bertanggung jawab menjalankan komputer server UNBK dan memastikan perangkat tersebut berjalan lancar sampai ujian selesai dilakukan. Waktu pengerjaan soal ujian berbasis komputer adalah 2 jam dan komputer server harus selalu terhubung dengan jaringan internet. Karena dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, sesekali terlihat "beban berat" mulai dirasakan server utama di Puspendik Kemendikbud. Saat server sedang banyak permintaan data/koneksi, saat-saat itulah bisa saja server UNBK di sekolah bisa mengalami gangguan.

Dinas Pendidikan dan instansi terkait lainnya mengharapkan kerja sama yang baik dengan beberapa perusahaan penyedia jaringan listrik dan internet untuk membantu kelancaran pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs ini. Karena jaringan listrik dan internet menjadi sarana penting yang mempengaruhi suksesnya penyelengaraan Ujian Nasional Tahun 2018. Semoga sukses dan lancar pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTs di seluruh penjuru tanah air.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. unbk banyak yang standby di berita karena gagal server yang kurang besar
    pemerintah kurang antisipasi besarnya angka kata jawapos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...jumlah sekolah penyelenggara UNBK bertambah, seharusnya kemampuan server diperbesar karena ini diakses ke seluruh Indonesia. Kasihan daerah-daerah yang koneksi internetnya lambat.

      Hapus
  2. wah saya juga proktor mas , lumayan capek 2 hari ini apalagi 3 sesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sering-sering kopi itu Bang...hehehe

      Hapus
  3. Anak sy lagi UNBK ini mas..dilanjut 2 anak sy minggu depan USBN..ishhhh dah pala puyeng banget rasanya..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sukses UNBK si anak ya Mba Desi. Buat anak merasa nyaman dalam masa ujian dan penuhi kebutuhan gizinya setiap hari. Karena ujian akan sangat melelahkan si anak.

      Hapus