Waspadalah! - Anak Cepat Meniru Perilaku Orang Dewasa

09.41
Salam sukses dan mulia!. Sobat sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia, tumbuh kembang anak menjadi fokus perhatian orang tua yang didalamnya harus diberikan pengawasan dan bimbingan yang tepat. Agar kelak anak menjadi pribadi-pribadi yang sehat, cerdas, dan memiliki akhlak yang baik. Dengan begitu anak kelak akan menjadi insan yang sukses dan mulia, yang bermanfaat untuk sesama.

Anak-anak zaman now cepat sekali belajar, cepat menangkap informasi, dan juga sangat cepat meniru segala ucapan, tingkah laku orang-orang dewasa yang sehari-hari dekat dengan si anak. Gadget secanggih apapun kini dengan mudah bisa dipelajari oleh anak-anak Indonesia. Malah sering terjadi, bahwa anak lebih jago dalam menggunakan gadget yang dipegangnya.

Perilaku dan ucapan orang dewasa sangat mempengaruhi pembentukan karakter pada anak-anak. Anak yang tinggal di lingkungan yang ramah dan penuh kasih sayang, maka ia akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, peduli, dan memiliki sopan santun yang tinggi. Namun sebaliknya, anak yang tumbuh bersama lingkungan yang tidak baik, maka anak akan menjadi pribadi-pribadi yang acuh, cenderung emosional, dan tidak peduli dengan orang lain.


Anak Cepat Meniru Perilaku Orang Dewasa, Waspadalah!

Melihat tayangan media sosial akhir-akhir ini kita tentu turut merasakan keprihatinan yang mendalam. Terlihat bahwa anak-anak zaman sekarang sangat jauh dari kata santun dan menghargai orang lain. Anak-anak juga sudah terang-terangan berani "menentang" nasihat yang diberikan oleh orang tua maupun guru-gurunya.

Kerja sama antar komponen masyarakat mutlak diperlukan, agar usaha untuk menciptakan lingkungan yang ramah dan sehat untuk tumbuh kembang anak bisa diwujudkan. Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri dalam mendidik dan memotivasi anak-anak Indonesia. Butuh kolaborasi yang sinergis antara warga sekitar, orang tua, guru, ulama (pemuka agama) dan pemerintah. Tanpa kolaborasi yang apik tersebut mustahil usaha membimbing anak menjadi pribadi yang berakhlak baik bisa terlaksana.

Untuk para orang tua maupun orang dewasa lainnya, berhati-hatilah saat sedang berbicara di sekitar anak-anak. Anak cepat sekali meniru ucapan dan perilaku orang dewasa. Jadi, apabila kita tidak mau memberikan suasana lingkungan yang ramah dan sehat untuk anak, maka kelak anak akan menjadi mimpi buruk masa depan bangsa dan negara. Mari lindungi dan awasi anak-anak Indonesia. Semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. anak memang cepat sekali dalam hal meniru. Tengok saja ketika dia melihat iklan di tv, maka dalam sekejap saja bisa menirukan apa yang didengar dan dilihatnya.

    Dewasa butuh beberapa kali iklan tayang baru bisa menirukannya, jadi khawatir dengan hal itu

    peran orangtua dan dewasa lain harus memperthatikan gerak anak ketika melihat sesuatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sobat, anak-anak sekarang cepat meniru "hal-hal buruk" yang dilakukan orang dewasa. Wah...jadi apa nanti mereka kalau sudah besar?

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya