Tampilan Google Doodle Hari Ini Sangat Menawan

19.30
Saat pertama kali membuka situs Google, pada hari-hari biasa kita hanya disuguhi tampilan search box standar, yang berbentuk persegi panjang dengan background halaman berwarna putih. Warna latar putih bertujuan untuk memberikan kesan simpel dan elegan yang memang dirasakan langsung oleh pengguna internet yang sedang mencari informasi. Google tampaknya sudah mempertimbangkan kondisi psikis pengguna internet yang menggunakan situs mesin pencari miliknya. Google sadar bahwa orang yang sedang mencari informasi membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan saat itu juga benar-benar membutuhkan informasi tersebut.

Desain yang simpel dan elegan ini jelas tidak mengganggu konsentrasi orang dalam mencari, menelusuri satu per satu setiap artikel / website yang ditampilkan Google. Bayangkan jika Google menggunakan background situs yang berwarna hitam atau cokelat misalnya, tentu akan membuat buyar konsentrasi pengguna mesin pencari Google.

Pada momen-momen tertentu kita akan melihat perbedaan yang cukup mencolok pada mesin pencari Google. Google melalui desain kreatifitasnya yang dikenal dengan Google Doodle, merubah tampilan logo utamanya sesuai tema yang bisa mengingatkan pengguna internet akan seorang tokoh atau peristiwa-peristiwa penting yang pernah terjadi di masa lalu. Google selain memberikan kemudahan bagi pengguna internet dalam aktifitas searching and browsing, Google juga ingin menunjukkan bahwa perusahaan di bidang IT tersebut sangat mengapresiasi, menghargai tokoh-tokoh / peristiwa-peristiwa penting seperti yang dilukiskan pada logo utama Google.

Tampilan Google Doodle Hari Ini Sangat Menawan
Tampilan Google Doodle Hari Ini Sangat Menawan

Nah, hari ini saya mengamati dan dibuat terpesona dengan Google Doodle edisi hari ini, Selasa, 6 Maret 2018. Desain logo Google ini tampak sangat menawan, sangat artistik, yang menggambarkan ulang tahun seorang penulis asal Kolombia, Gabriel García Márquez yang ke-91 melalui Google Doodle. Gabo, panggilan akrab orang kepada Gabriel, lahir di Aracataca, Kolombia pada 6 Maret 1927.


Gabriel García Márquez meninggal dunia di kota Meksiko, Meksiko, 17 April 2014, saat berusia 87 tahun. Peraih nobel kesusastraan itu telah menulis lebih dari 25 judul buku. Karya-karyanya secara luar biasa mampu membawa pembacanya ke dalam dunia realisme magis sehingga merasa berada di daerah tropis yang lembab. Meski telah tiada, Gabriel Garcia Marquez tetap menjadi ikon budaya yang terus bersinar di dunia sastra dan jurnalistik terutama di Amerika Latin. Dalam doodle yang tampil di laman pencarian hari ini, ia tampil dengan kumis khasnya didampingi ilustrasi yang penuh dengan warna.

Ada satu hal lagi yang menarik perhatian saya, yakni animasi seekor kupu-kupu berwarna kuning yang tampak hidup seperti sedang menclok dan bertengger di atas sebuah daun pohon. Jumlah kupu-kupu yang hanya satu ekor ini menimbulkan tanda tanya besar dalam hati saya. Kira-kira apa yah maksudnya? Hemm...sampai saat ini dan mungkin lebaran nanti saya belum bisa memecahkan teka-teki ini. Adakah Sobat sekalian yang bisa membantu saya menjawab teka-teki ini?

Sumber:

  • http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2018/03/06/karya-agung-gabriel-garcia-marquez-di-google-doodle-hari-ini-420697
  • http://tekno.liputan6.com/read/3346309/gabriel-garcia-marquez-tampil-sebagai-google-doodle-siapa-dia
Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Saya juga terkagum-kagum. beda dari biasanya. Doodle kali ini lebih menarik. Soal kupu-kupu, saya sendiri juga kurang tahu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang..perpaduan warna pada Doodle hari ini sangat melekat dan terlihat agak sedikit tebal.

      Hapus
  2. Tidak pernah kehilangan ide si Mbah ini ada aja yang beda Doodlenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang Dwi Sugiarto, mudah-mudahan Google juga memunculkan sesuatu yang wow juga buat para blogger. Misalnya dengan menaikkan pendapatan / upah per klik pada adsense, hehehe saya rasa ini ide yang bagus buat Mbah Google.

      Hapus
  3. Selalu suka melihat doodle-nya simbah. kapan ya doodle-nya bahas blogger hist di dunia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tunggu saja kabar baik selanjutnya Sobat Adi Pradana.

      Hapus
  4. Emang mas, masuk ke google langsung disuguhin tampilan yang cantik dan ciamik.. Makin semangat aja nulis wkkwkww.. makasih mas dody sudah bw saya yaaa salam kenal kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...salam kenal juga mba Vika Hamidah, sering-sering ajj mampir ke blog saya. Terima kasih dan salam sukses selalu.

      Hapus
  5. dulu suka banget posting tentang doodle bang namun sejak web besar juga posting tentang ini jadi mundur saya bang tidak bisa bersaing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap semangat Bang Abd. Kadir Rusdi, kita lama-lama juga bisa kok. Salam sukses selalu!

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya