Body Boleh Mungil, Tapi Manfaatnya Luar Biasa

21.34
Sobat blogger yang selalu bersyukur dan berbahagia, aktifitas utama seorang blogger adalah menulis artikel yang kemudian akan dipublish agar segera bisa dibaca oleh pengunjung blog. Para pengunjung setia blog tentu mengharapkan ada hal-hal baru yang senantiasa diupdate setiap saat. Karena blog bersifat dinamis, maka sudah seharusnya blogger selalu siap untuk memberikan informasi yang bermanfaat positif bagi pengunjung setia. Kegiatan menulis artikel blog kini menjadi semakin mudah semenjak Google meluncurkan sistem operasi multi-platform Android.

Sistem operasi Android yang mampu bekerja energik hampir di seluruh perangkat berbasis komputer ini tentu sangat mendukung aktifitas utama para blogger. Dahulu, seorang blogger harus bolak-balik mengunjungi warnet jika ingin mengupdate artikel. Ini terjadi karena akses internet menggunakan perangkat mobile belum beredar sempurna di berbagai daerah di Indonesia. Saya pernah mengalami masa-masa dimana untuk mengakses internet sepuasnya, saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 2000-3000 per jam.

Saya rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3 jam di warnet. Waktu itu saya belum mengenal dunia blog dan hanya menggunakan internet untuk melihat situs-situs berita yang kebanyakan berbahasa Inggris, sesekali saya selingi dengan aktifitas chatting menggunakan mIRC. mIRC merupakan aplikasi chatting berbasis teks yang ramai digunakan oleh para netizen pada waktu itu. Kalau dipikir-pikir aktifitas chatting menggunakan mIRC tersebut sebenarnya hanya untuk mengisi waktu luang, iseng karena yang diobrolin nggak karuan topiknya. Ujung-ujungnya nanyain alamat dan nomor telepon dengan harapan bisa kencan alias kopi darat dengan kenalan kita di dunia maya.

Body Boleh Mungil, Tapi Manfaatnya Luar Biasa
Body Boleh Mungil, Tapi Manfaatnya Luar Biasa
(Gambar: INDOBERITA.com)

Perubahan besar-besaran pada perangkat teknologi informasi memberikan kemudahan bagi blogger untuk senantiasa produktif sepanjang hari. Jika bisa ngeblog memakai komputer ya itu lebih bagus, tapi dalam kondisi tertentu kita bisa menggunakan perangkat lainnya untuk ngeblog. Saya saat ini sudah tidak perlu khawatir lagi karena saat ini perangkat berbody mungil berbasis Android yang saya miliki (handphone) memiliki fungsi yang sejajar dengan PC atau laptop kesayangan. Sehingga dengan kecanggihan dan kegesitan si mungil ini, 2-3 artikel bisa konsisten saya buat.

Samsung Galaxy J1 (2016) sangat membantu kinerja saya sebagai seorang blogger. Bukan sedang mengiklankan produk tersebut lho!. Yah...si mungil ini benar-benar telah mengobati rasa malas saya jika harus menyalakan laptop yang tentu kurang praktis untuk dilakukan sehabis pulang kerja. Kalau di tempat kerja memang sih laptop akan selalu menyala selama 8 jam per hari dan saya matikan sementara saat jam makan siang.


Menggunakan handphone untuk menulis artikel memang memiliki banyak kekurangan, namun saya rasa belum waktunya untuk membeli handphone yang lebih besar atau IPad (hehehe...karena duitnya sudah saya belikan beras, minyak, dan lain-lain). Nah, kekurangan-kekurangan yang dirasakan saat saya menulis artikel menggunkan si mungil ini diantaranya:
  • Paragraf tidak bisa disetting rapi untuk bisa rata kiri-kanan, sehingga artikel terlihat kurang rapi.
  • Sulit mengatur posisi, lebar, dan tingggi gambar / foto yang disertakan dalam artikel.
  • Sering terjadi salah ketik, karena kenyamanan mata saat melihat PC dan Laptop berbeda dengan gadget seperti handphone.
  • Saya sering kesulitan menuliskan komentar rekan-rekan blogger dan pengunjung lainnya. Kalau di PC / Laptop komentar-komentar tersebut mudah saya tuliskan. Oleh karena itu, untuk rekan-rekan blogger yang komentar-komentarnya belum sempat saya balas, Insha Allah di hari berikutnya saya akan membalas komentar sobat sekalian.
  • Baterai cepat habis, karena setelah menulis artikel saya biasanya mengunakan media sosial seperti Google Plus untuk sharing artikel yang baru saya posting tersebut.

Kekurangan-kekurangan pada handphone saya tersebut tidak membuat semangat saya kendur. Apalagi ada kemudahan utama yang saya rasakan, yakni kapanpun saya bisa langsung action menulis artikel. Karena handphone nggak perlu melewati proses "Loading" sistem operasi yang cukup lama seperti di PC / Laptop, apalagi pada Laptop yang sudah diatas lima tahun, tentu proses loadingnya sering membuat kita merasa kesal dan ingin menggigit itu LCD Laptop.

Prinsip saya adalah: "Yang penting artikel ditulis dan dipublish dulu agar cepat terindex oleh Google, baru urusan kerapihan bisa dilakukan di lain waktu". Prinsip inilah yang sangat membantu aktifitas saya sebagai seorang blogger. Semoga kita dapat memanfaatkan apapun perangkat yang kita miliki untuk terus aktif dan produktif. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. saya juga pemakai dan pengemar samsung, samsung dng spesifikasi diatas sepertinya bikin ngiler untuk membelinya, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan kebablasan ngilernya Kang Nata, ntar banjir lho!
      Terima kasih sudah mampir kesini, jangan lupa kasih kabar tentang emak asuh saya Juragan Cipir. :)

      Hapus
  2. beuh samsung mah gausah ditanyaaa,, bagus bangettt mas dodyy.. saya aja ampe sering pinjem hp kakak dulu yang pake hape samsung, selain internet cepet, hp samsung juga punya kamera yang keren banget mas dodyyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...iya mba Vika. Apalagi kalau itu HP Samsung hadiah dari teman sekantor, makin kenceng saja itu handphone.

      Hapus
  3. Saya juga ngeblognya sering pakai HP, soalnya fleksibel bisa dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan bisa sambil bobo bobo cantik ya mba Elin? Hehehehe...

      Hapus

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya