Artikel Dua Situs Ini Sama, Kok Bisa Yah?

02.17
Search Engine Google biasa digunakan pengguna internet untuk mencari berbagai informasi penting di jagad maya. Tak terkecuali seorang blogger, yang bahkan paling banyak menggunakan Google sebagai tool yang sangat membantu mereka mengembangkan blog. Blogger biasa akan menuliskan beberapa varian kata kunci untuk keperluan optimasi blog. Termasuk digunakan dalam merangkai sebuah judul pada artikel yang akan dipublish. Google benar-benar tool andalan para blogger, mungkin juga untuk para webmaster lainnya.

Pengalaman mengejutkan kadang kita temukan saat sedang mencari informasi tentang sebuah tema artikel. Saya seringkali menemukan beberapa artikel yang judul dan isinya sama. Setelah saya buka halaman situs tersebut ternyata saya jumpai judul dan isi artikel pada kedua situs tersebut sama persis, bahkan gambar yang ditampilkan pun sama. Terbesit pemikiran apakah salah satu blog tersebut sudah menjadi target blog atau website yang menerapkan sistem autoblog? Hemm...sangat mengerikan sekali apabila ini terjadi pada blog atau website yang kita kelola.

Artikel Dua Situs Ini Sama, Kok Bisa Yah?
Artikel Dua Situs Ini Sama, Kok Bisa Yah?

Kalau diamati lebih cermat lagi, ada perbedaan mendasar yang bisa kita lihat pada kedua situs yang saya contohkan tadi. Perbedaannya adalah, situs A terpasang iklan Google Adsense (artinya website atau situs inilah yang asli), dan situs B tidak ada iklannya sama sekali. Situs B jelas tidak bisa dipasang iklan Google Adsense karena pasti akan ketahuan bahwa konten dalam situs tersebut adalah hasil autoblog alias copy-paste mutlak. Ini tentu melanggar kebijakan seperti yang tercantum dalam UU ITE dan berbagai kebijakan lain berkaitan dengan tata cara penyebar-luasan konten digital.

Sebagai seorang blogger sejati, kita sudah sepatutnya menghindari perilaku seperti itu. Kita wajib menghargai hasil jerih payah orang lain. Jika artikel yang Sobat tulis bersumber dari blog lain, maka Anda wajib menyertakan link sumber yang bisa diakses oleh pembaca. Bahkan, link eksternal yang sesuai dengan tema artikel menurut saya memiliki pengaruh yang positif bagi blog. Ibarat kata blog kita akan ikut "nyantel" saat website atau blog yang menjadi sumber artikel tersebut sedang diindex oleh Google.

Jack Ma si pendiri Alibaba
Petuah Bijak Jack Ma

Jack Ma si pendiri Alibaba dan terkenal dengan sebutan si Manusia Triliun Yuan, pernah memberikan wejangan apik tentang bahaya copy-paste hasil karya dan kerja keras orang lain. Menurut Jack Ma, orang yang sering menjiplak, meniru, meng-copy, hasil kerja orang lain secara mentah-mentah, maka ia sebenarnya sedang menunggu saat untuk terjatuh alias tamat. Ini bisa kita perdalam dengan pemahaman bahwa orang yang hobi copy-paste adalah orang yang kreatifitasnya "sangat terbatas". Yah benar, karena kreatifitasnya itu mengundang "energi negatif" yang kelak akan berbalik menimpa dirinya.

Oleh karena itu Sobat-sobat, rekan-rekan blogger sekalian. Marilah kita saling menghargai hasil jerih payah orang lain atau penulis artikel blog yang kita jadikan sumber inspirasi. Anda boleh mengambil "saripati artikel" dan menulis ulang dengan kenunikan tata bahasa dan sudut pandang yang ada pada diri Anda sendiri. Sebagai seorang blogger kita wajib sepakat untuk senantiasa berkarya dengan cara yang elegan, sportif, dan saling mensupport satu sama lain. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Kalau seumpama, memiliki dua blog kemudian artikelnya di backup dan dipindah ke blog satunya bahaya atau tidak iya paduka....dan apakah ngaruh terhadap iklan ads yang terpasang di blog pertama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau artikelnya judul dan isinya sama persis sebaiknya jangan Mas Wafa. Karena akan dianggap sebagai duplikat konten. Dan dalam dashboard masing-masing web penyedia layanan blog sudah ada fasilitas backupnya sendiri. Atau bisa juga backup manual di komputer sendiri memakai notepada.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya