Antara Sandiaga Uno dan Mens Sana In Corpore Sano

20.26
Mens Sana In Corpore Sano. Kalimat dalam bahasa Latin tersebut memiliki arti "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Ini berarti untuk mendapatkan jiwa yang kuat (sehat) orang harus melakukan usaha untuk terus menjaga kesehatan atau kebugaran tubuhnya. Olahraga merupakan aktifitas yang berkaitan dengan jargon mens sana in corpore sano tersebut.

Dapat kita flashback kembali saat pemerintahan Orde Baru dibawah kepemimpinan Soeharto, Indonesia pernah menggiatkan kampanye untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Tujuannya sangat jelas pada waktu itu, yakni agar Indonesia bisa memiliki sumber daya manusia yang unggul karena kualitas kesehatannya tetap terjaga dengan baik. Senam Kesegaran Jasmani (SKJ 1988) merupakan salah satu program yang dilakukan pemerintahan Soeharto untuk menjaga kualitas kesehatan rakyat yang dipimpinnya.


Kini, seiring bergulirnya waktu dan sejarah, di Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia kita tentu sudah mulai mengenal sosok pemimpin DKI Jakarta yang kini menjabat sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta. Yah benar sekali, sosok fenomenal yang kini sangat mencuri perhatian warga Jakarta adalah Sandiaga Uno. Sandiaga Uno kedapatan sering melakukan kegiatan olahraga disela-sela kesibukannya menjadi orang nomor dua di DKI Jakarta.

Antara Sandiaga Uno dan Mens Sana In Corpore Sano

Sandiaga Uno menyukai berbagai macam olahraga. Dari mulai berlari, berenang, bola basket, sepakbola, memanah, dan lain sebagainya. Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga diberitakan sering mengikuti kompetisi/kejuaraan lari marathon tingkat nasional. Dan yang baru-baru ini hangat diperbincangkan adalah saat ia beradu cepat dengan Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Festival Danau Sunter. Meskipun sebenarnya Bang Sandiaga Uno ini sudah pernah melakukan olahraga yang lebih ekstrim lagi yakni berenang menyeberangi lautan yang ada di Kepulauan Seribu seperti seorang prajurit TNI AL yang gagah dan cekatan.

Dalam keseharian, masyarakat juga dibuat senang dengan kebiasaan Sandiaga Uno yang mengontrol dan mengawasi langsung setiap sudut kota Jakarta sambil melakukan olahraga lari di sepanjang jalan-jalan protokol di DKI Jakarta. Ia merupakan salah satu tokoh yang secara tidak langsung memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gaya hidup sehat. Hal ini selaras dengan usaha pemerintah pusat dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, bermoral, dan bermartabat.


Sandiaga Uno boleh dikatakan telah sukses menjadi teladan yang baik bagi rakyat Jakarta yang dipimpinnya. Ia tak perlu banyak berbicara tentang peningkatan kualitas kesehatan masyarakat DKI Jakarta, tetapi telah banyak melakukan aksi nyata yang terjadi tanpa rekayasa. Ini berdampak baik bagi kehidupan warga Jakarta. Warga Jakarta akan langsung memahami dan menyadari bahwa salah satu cara yang baik untuk hidup sehat adalah dengan berolahraga.

Apa yang dilakukan Bang Sandiaga Uno merupakan strategi yang jitu dalam mewujudkan Jakarta yang maju bersama, Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya, Jakarta yang selalu "energik" dalam membangun kemajuan dan kemakmuran dalam jangka panjang. Dan kita pun akan sepakat mengatakan bahwa Sandiaga Uno telah menebarkan "energi positif" berupa prinsip hidup Mens Sana In Corpore Sano. Salam Olahraga!
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Semoga warga jakarta lebih senang untuk berolah raga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Sobat, supaya lebih sehat dan gembira.

      Hapus
  2. Yg danau sunter jadi bersih sekarang, tak salah dia memimpin jakarta,, semoga amanah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga danau-danau yang lain juga akan dipercantik lagi nanti. Saya sebagai warga Jakarta turut mendukung dan mendoakan agar program-program yang dilaksanakan Bang Anies-Sandi bisa mensejahterakan warga Jakarta. Aamiin.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya