Abaikan SEO - Percantiklah Konten Blog Anda

08.45
Sobat blogger dan rekan netizen sekalian yang selalu bersyukur dan berbahagia. Beberapa hari yang lalu saya sempatkan diri untuk mengunjungi salah satu blog milik seorang master blog terkenal yakni Mas Sugeng. Mas Sugeng merupakan seorang blogger yang sangat "low-profile", selalu ramah dan rendah hati. Blog Mas Sugeng di setiap artikelnya selalu ramai dibanjiri ratusan komentar.

Secara sengaja saya membaca salah satu artikel pada blog Mas Sugeng yang bertema tentang dampak seo terhadap blog. Dugaan saya mengatakan bahwa artikel tersebut akan memaparkan keuntungan-keuntungan yang akan berdampak pada blog saat menerapkan SEO, yakni sebuah upaya optimasi agar blog selalu nangkring di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Agar blog juga cepat terindeks di mesin pencari, dengan harapan pengunjung akan berbondong-bondong membaca artikel-artikel blog kita.


Alamak! Ternyata dugaan saya terbalik. Pada artikel di blog Mas Sugeng tersebut justru menyebutkan dampak tidak baik SEO terhadap blog. Maksudnya, dalam artikel tersebut tertulis bahwa SEO hanya akan menurunkan trafik blog. Lho kok bisa? Yah...karena saking sibuknya blogger memikirkan SEO, akhirnya ia lupa dan malas menulis artikel. Setiap hari kerjannya hanya mikirin SEO, padahal SEO tak pernah sedikitpun memikirkan diri blogger tersebut.


Abaikan SEO - Percantiklah Konten Blog Anda

ABAIKAN SEO, PERCANTIK KONTEN
SEO memang penting, tapi lebih penting lagi adalah konten. Tanpa SEO, konten tetap mendatangkan trafik. Dan tanpa konten, SEO tidak akan ada. Jadi urutan yang benar adalah percantik konten dulu, baru mikirin SEO. Begitu kira-kira bunyinya.


Percantik konten dengan cara menambahkan artikel setiap hari, kemudian perbaiki artikel-artikel lama dan boleh ditambahkan sedikit teknik SEO di dalamnya. Jika blog diibaratkan KOLAM RENANG, maka air di dalam kolam tersebut adalah artikel-artikelnya. Kolam akan berguna saat terisi air, dan blog akan bermanfaat saat terisi artikel.

Sobat bisa lihat blognya Linda Ikeji, terutama pada artikel yang dibuat sebelum tahun 2010, apakah Sobat melihat SEO di dalam artikel tersebut? Jangankan SEO, Linda Ikeji pun tak ambil pusing dengan posisi gambar pada artikel blognya yang kurang rapi. Biarpun begitu, Sobat lihat sendiri kan trafik blog Linda Ikeji? (Hehehe...pasti bikin ngiler).

SEO - SEBUAH RAHASIA BESAR
Karena sifatnya rahasia seharusnya saya tidak menuliskannya pada artikel ini. Tapi saya ingin agar Sobat blogger dan rekan netizen semua bisa mendapatkan sedikit "wejangan" dari saya (duh ile...kayak Simbah saja...ckckck). Setelah saya membaca artikel-artikel pada blog Juragan Cipir, Mas Sugeng, PanduanIm, dan lainnya, saya mendapatkan sebuah benang merah yang kini menjadi pedoman dan penyemangat saya untuk konsisten memposting artikel.


Benang merah tersebut ternyata ada pada judul dari artikel blog saya kali ini : ABAIKAN SEO - PERCANTIKLAH KONTEN BLOG ANDA. Itulah setitik rahasia yang ingin saya sampaikan. Meskipun sebenarnya ada rahasia-rahasia lainnya yang tidak boleh saya sampaikan saat ini. Kenapa? Lha wong namanya juga rahasia. Saya juga belum tahu. Jadi nggak mungkin dong saya membeberkan sesuatu yang masih rahasia? Hehehe....Salam Olahraga!
Previous
Next Post »

18 komentar

  1. betul tuh gan, karena tujuan orang ke blog kita yah buat baca kontennya, bukan liat seonya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip...selalu memuaskan pengunjung blog agar betah berlama-lama bersandar di blog kita...hehehehe

      Hapus
  2. saya tak memperhatikan seo lagi mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting update dan terus update Bang. Salam Olahraga!

      Hapus
  3. Apalah aku yg punya blog cuma buat tempat curhat.. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mbekayu Ella mah curhatnya sambil travelling, asyik banget itu...hehehe

      Hapus
  4. bner banget mas doddy.. harus percantik template, dan konten yang berkualitas.. SEO belakangan.. wkwkwk kadang klien juga ngelihatnya enak dipandang aja.. DA PA no problem hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuidih mantep nih teteh Vika sudah punya banyak "klien". Semoga lancar yah jobnya biar ratutips makin bersinar seterang matahari... :)

      Hapus
  5. Saya sendiri sebenarnya masih belum paham betul apa itu SEO,baik cara gunainnya dan hal2 yang dimaksud di SEO.
    Saya hanya berusaha sebisa mungkin menulis sebaik mungkin dan terus belajar menyampaikan apa yang ada di kepala agar sampai ke pembaca dengan mudah dibaca dan dipahami.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bang, banyak master blog yang mengatakan bahwa "memikirkan" tentang SEO itu tidak baik. Tetapi menulis artikel sesering mungkin lebih dahsyat dari SEO itu sendiri.

      Hapus
  6. Sampai sekarang saya belum benar benar mengerti perihal SEO yang sesungguhnya, tapi begitu menulis saya lega...he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha...apalagi saya, gagal paham tentang SEO. Seringnya menerapkan SEO yang simple saja. Soalnya kalau sampai edit-edit template bisa pusing sendiri nanti...hehehehe

      Hapus
  7. Semoga sukses dengan prinsip ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih atas doanya Sobat Agoes Supriyono.

      Hapus
  8. Saya baca artikel yang mengandalkan SEO, malah bingung soalnya kata-katanya sering diulang-ulang...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...mending SEO natural saja ya mba Elin?
      Biarkan mengalir apa adanya. Yang penting update artikel hasil kreasi unik masing-masing blogger.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog