20 Artikel Dalam Sehari - Are You Ready?

07.55
20 Artikel Dalam Sehari - Are You Ready? Ini adalah tema yang ingin saya kupas meski tak tuntas pada blog saya www.dodypurwanto.com ini. Sobat blogger dan rekan netizen yang selalu bersyukur dan berbahagia, menulis artikel menjadi aktifitas produktif yang bisa memberikan banyak manfaat positif bagi seorang blogger. Blog terbukti membawa segudang perubahan apik bagi orang-orang yang serius menggelutinya.

Tapi sayang seribu kali sayang, saat ini masih banyak blogger yang selalu "ragu" dan "angot-angotan" dalam merawat blog kesayangan. Ada yang sesekali mengupdate postingan artikel, ada yang setahun sekali menulis artikel, dan yang lebih sering adalah menulis blog sesuka hati kapan saja ia mau.

Saya termasuk kategori yang terakhir tersebut. Kalau lagi "mood" menulis, ya saya lakukan, dan kalau lagi malas, pasti dalam beberapa hari atau minggu blog tidak pernah saya update. Ini sebenarnya salah satu bentuk "ketidakadilan" saya, karena saya kurang memberikan fokus dan sentuhan lembut saya pada blog saya dalam waktu yang cukup lama. Mungkin jika blog bisa "bicara", maka ia pasti akan "menggugat" saya dan mengajak berpisah....hehehehe.


20 Artikel Sehari, Are You Ready Boss?

MENJADI PENULIS BLOG YANG PRODUKTIF
Penulis blog yang produktif merupakan usaha maksimal yang dilakukan oleh seorang blogger dengan cara menulis sebanyak mungkin artikel-artikel bermanfaat melalui satu atau beberapa blog yang dimiliki.



Masalah kualitas bukan menjadi prioritas dalam menulis artikel. Karena kualitas itu sifatnya relatif, sedangkan manfaat itu sifatnya pasti dan tidak dapat diganggu gugat. Artinya adalah...bahwa jika artikel Anda sudah banyak membantu / memotivasi orang lain, maka "dunia" akan mengabaikan kata kualitas.

Lalu, seberapa banyak kah blogger bisa menulis berbagai jenis artikel? Jawabannya adalah bisa tergantung pada titik-titik, dan bisa juga tak terbatas. Anda bisa saja menulis artikel tergantung pada mood Anda, bisa juga karena kebetulan Anda seorang jurnalis di situs berita, atau tergantung pada hal-hal lainnya.

Saya lebih "sreg" dengan pernyataan bahwa blogger bisa menulis artikel hingga jumlah tak terbatas dalam satu hari. Ada yang mampu menulis 5 buah artikel per hari, ada yang mampu 20, bahkan ada yang mampu menulis artikel lebih dari 20 per hari. Wow! Kok bisa begitu ya? Sobat jangan nanya begitu dulu, terus terang saya juga masih "bingung" bagaimana cara melakukannya...hahahaha.

BELAJAR DARI ALI MUAKHIR
Siapakah sosok Ali Muakhir? Yup...dia ternyata adalah seorang penulis buku (terutama untuk anak-anak) yang sangat produktif di tanah air. Pria kelahiran Kota Tegal Jawa Tengah ini juga seorang BLOGGER lho! Dan Ali Muakhir pernah mendapatkan penghargaan MURI pada tahun 2009 karena pernah menulis 300 judul buku anak-anak dalam kurun waktu 8 tahun. Subhanallah! Luar biasa pake banget ini mah.


Seandainya 300 judul buku itu "dikonversi" menjadi beberapa judul artikel, bayangkan berapa banyak artikel yang telah ia tulis selama 8 tahun itu? Kalau mengikuti "kalkulasi cepat" saya, Bang Ali Muakhir memiliki kemampuan menulis 50.000 artikel jika buku-buku yang ia tulis "dikonversi" menjadi artikel blog. Dan menurut saya aktifitas menulis buku yang dilakukan Bang Ali tersebut setara dengan seorang blogger yang mampu menulis sejumlah 20 artikel per hari. Nggak percaya? Hitung saja sendiri....hehehehe.

Nah lho! Dengan ilustrasi seperti diatas, apakah Sobat masih ragu dengan kemampuan diri sendiri? Sudah siap menulis 20 artikel per hari? Ckckckck...saya yakin dahi Sobat akan terasa "cenat-cenut" memikirkannya. Kalau saya pribadi untuk saat ini jujur saya akui belum sanggup untuk bisa menulis 20 artikel per hari. Tapi saya ingin berusaha dan terus berlatih agar keterampilan tersebut kelak bisa melekat pada diri saya.

KESIMPULAN


Manusia sesungguhnya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam melakukan hal-hal tertentu. Seorang blogger pun memiliki kemampuan yang sama pada waktu menulis artikel pertama. Jangan pernah menyalahkan BAKAT sebagai penyebab kegagalan. Bakat manusia itu sama. Saya, Sobat, atau mungkin Jack Ma sama-sama diberi bakat yang relatif sama satu sama lain. Jack Ma bisa berbahasa Mandarin, saya juga bisa berbahasa Jawa. Tapi kok isi dompet saya dan Mr. Jack Ma bisa beda yah? Semoga bermanfaat dan salam olahraga!
Previous
Next Post »

12 komentar

  1. semoga berhasil bang dengan targetnya , luar biasa 20 sehari ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bang Abd Kadir Rusdi. Mudah-mudahan kita semua bisa memenuhi target, walaupun sekarang belum bisa tercapai.

      Hapus
  2. Wah, mau jadi penulis yang produktif ya seperti Pak Ali Muakhir.

    Yang jelas semakin banyak yang ditulis berarti harus semakin banyak juga yang harus dibaca dan dipahami.

    Mungkin kalau blogger yang topik blognya puisi bisa saja menulis 20 puisi dalam sehari.

    Tapi bagi blogger yang topik blognya tutorial hadeh... bakal berat tuh.

    Boleh tahu pak Blog Dody Purwanto ini topiknya tentang apa.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blog saya topiknya gado-gado Sobat Nurhan. Saya juga kadang nulis artikel jenis puisi. Pokoknya gado-gado banget deh. Jadi jangan kaget kalau tiba-tiba ada tema yang beda menjadi artikel di blog ini.

      Hapus
  3. Membaca artikel mas dody ini saya jadi lebih semangat ngeblog . Kereen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat dan sukses selalu Sobat :)

      Hapus
  4. hahahah,,,, sedang praktek jurus bangau mematok ikan yach mas... ?

    utk menulis sebanyak itu dlm sehari, agak sulit kalau kita sendiri yang menulisnya, kecuali dibantu oleh beberapa orang.

    kecuali klu kita memang sedang tidak ada kegiatan offline lainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe...betul Kang Nata. Meskipun hanya beberapa orang saja yang bisa melakukan hal itu, tapi saya yakin dalam waktu-waktu / periode tertentu kita bisa mencapai target tersebut. Misalnya bulan ini 20 artikel setiap hari, bulan depan dan seterusnya jadi kecapean deh...hehehe

      Hapus
  5. Semangaaaat! Saya 1 artikel per hari saja masih sulit. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...itu bisa dijadikan artikel dengan judul "Inilah Penyebab Saya Kesulitan Menulis Artikel, Meski Hanya Satu Buah Sehari", hehehehe...

      Hapus
  6. Waaw,
    20 artikel
    Seandainya 1 artikel 500kata dikaliin 20 artikel = 10.000 kata sehari.
    Penuh imajinatif bang ali, ya to mass

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...betul sekali Mas Irvan. Orangnya juga "low-profile", sangat ramah dan sangat menghargai blog dan blogger.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya