Pesona Kalimantan - Museum Mulawarman Kutai Kartanegara

02.11
Bagi Anda yang hobi mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Indonesia, Anda dapat berkunjung dan plesiran ke Museum Mulawarman yang terletak di Kota Tenggarong, Ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Museum Mulawarman menyimpan banyak peninggalan catatan dan benda-benda bersejarah dari sultan Kutai Kartanegara yang berkaitan dengan kerajaan kuno Hindu tertua Kutai Mulawarman di Indonesia sampai Kerajaan Kutai Kartanegara disimpan di sini.

Salah satu koleksi museum yang menarik adalah Kalung Uncal. Kalung uncal hanya ada dua di dunia yaitu di India dan di Indonesia. Menurut cerita Ramayana, kalung yang ada di India adalah milik Rama dan yang ada di Museum Mulawarman adalah milik Shinta.

Selain itu, setiap tahun di tempat ini juga dilaksanakan Upacara Erau, yaitu tarian Khas Kedaton Upacara Adat dan Mengulur Naga di Desa Kutai Lama. Dimana pada setiap pelaksanaan Erau juga ditampilkan atraksi Seni Budaya baik berupa tarian tradisional dan Upacara Adat dari berbagai suku lainnya di Indonesia serta mancanegara. Masih banyak peninggalan hal-hal lain yang ada di musium ini bahkan sampai 5.373 barang penginggalan sejarah di musium ini. Banyak sekali bukan. Anda punya cukup lebih seharian untuk dapat mengunjungi seluruh isi musium Mulawarman ini.

Museum Mulawarman Kutai Kartanegara
Museum Mulawarman Kutai Kartanegara
[Gambar: jalanjalanyuk.com]

Letak museum ini strategis karena berlokasi dekat sungai Mahakam dan dekat dengan beberapa objek wisata lainnya. Dari Kota Balikpapan, jarak ke Tenggarong sekitar 145 km atau waktu tempuh sekitar 3 jam. Jalan menuju Museum Mulawarman dapat dicapai dalam dua moda transportasi, yaitu: Bus, dari Terminal Batu Ampar Balikpapan tarif Rp. 21.000,-/ orang, berhenti di persimpangan jalan Tenggarong-Samarinda.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Tenggarong (Mulawarman Museum) menggunakan angkutan umum antar-daerah tarif sebesar Rp. 20.000,-/orang tiba di Terminal Timbau. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan “Ojek” menuju ke Museum Mulawarman tarif Rp. 15.000,-.

Bagi Anda yang ingin menyewa mobil / rental, Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp.400.000,- / mobil dan langsung tiba di tempat (one way) dengan rute Balikpapan – Tenggarong. Dan jangan lupa untuk mengabadikan acara jalan-jalan Anda beserta keluarga di tempat bersejarah ini. Anda juga bisa membuat video tentang Museum Mulawarman ini untuk dipromosikan kepada wisatawan mancanegara.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. Bersih dan rapi ya museumnya. Yuk dolan ke museum...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kalau ada yang ngajakin kesana dan mbayarin akomodasinya sih saya nggak nolak.

      Hapus
  2. Menarik.... boleh plan untuk datang melawat ke sini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Sobat...semoga menyenangkan liburannya.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya