Profil Bunda Yati - Tetap Produktif Di Usia Senja

20.12
Seperti biasa untuk mengawali aktifitas kerja sehari-hari setelah berdoa dan bersyukur atas nikmat yang luar biasa yang Allah swt anugerahkan, saya sempatkan untuk browsing mencari informasi dan tak lupa juga selalu memantau perkembangan trafik blog. Saat mencari-cari informasi di internet inilah kadang saya mendapatkan ide dalam membuat postingan di blog saya ini. Dan sering juga saya menemukan informasi yang membuat saya sangat bersemangat dalam menekuni dunia tulis-menulis lewat blog. Dan kebetulan pagi ini saya menemukan tulisan-tulisan yang dipublish oleh beberapa sobat-sobat blogger di seluruh Nusantara.

Artikel yang berisi tentang profil seorang blogger perempuan yang dikenal dengan panggilan Bunda Yati di beberapa blog ternyata cukup menyita perhatian saya pagi ini. Bagaimana tidak, disaat mood untuk update artikel lagi kendor-kendornya, tiba-tiba saya disajikan infromasi yang cukup menyentil diri saya sebagai seorang blogger. Ada seorang perempuan yang usianya sudah hampir 79 tahun, tetapi masih terus aktif, antusias dalam membuat tulisan. Meskipun Bunda Yati tidak sekencang Mbak Indri Lidiawati dalam memposting artikel, namun untuk ukuran seorang nenek seperti Bunda Yati ini merupakan hal yang sangat luar biasa.

Blogger kelahiran Cirebon, 10 Juli 1939 ini terhitung sejak 2012 sudah sukses menghasilkan 18 buku antologi dan sebuah buku solo berjudul “Me and My Life, Bunga Rampai Kehidupanku”. Beberapa tulisannya dibukukan dalam buku antologi karena menang dalam beberapa lomba blog. Sementara saya yang mengaku masih muda (versi diri saya sendiri, hehehe) ini bahkan belum satu pun buku yang saya rilis. Saya mendapatkan ilmu yang cukup bermanfaat dari Bunda Yati, yakni ketika beliau mengajukan permohonan ke beberapa penerbit dan ditolak, Bunda Yati tidak putus semangat dan memutuskan untuk menerbitkan sendiri buku karyanya atau dikenal dengan istilah "Self Publishing".

Blogger Bunda Yati - Tetap Produktif Di Usia Senja
Bunda Yati ( Blogger ) - Tetap Produktif Di Usia Senja

Memiliki nama lengkap Sjahrijati Yati Rachmat, Bunda Yati memulai karir blognya di bulan April 2009 yang lalu. Berawal dari ketertarikan Bunda untuk ikut menjadi reseller sebuah bisnis online, namun setelah satu tahun menjalankan bisnis tersebut dan hanya mendapatkan satu orang customer saja, akhirnya Bunda Yati memutuskan untuk meninggalkan hal tersebut kemudian memilih aktif sebagai blogger. Awalnya ada banyak blog yang diurus oleh Bunda, namun karena kewalahan, akhirnya Bunda fokus pada blog personalnya yang beralamat di www.bundayati.com.

Rasa suka / cinta terhadap menulis adalah hal yang menjadi alasan bagi Bunda Yati untuk dapat terus aktif menulis, baik itu buku dan juga blog. Ketika SMA cerpennya pernah dimuat di koran mingguan yang bernama Berita Minggu. Kemudian pada tahun 1978 cerpennya juga pernah dimuat di Majalah Femina. Meski sempat tertunda karena kesibukan kerja dan mengurus anak, Bunda kembali lagi aktif menulis melalui ajang lomba blog, yaitu lomba menulis antologi. Selain itu, bagi Bunda menulis di blog juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, agar tidak cepat pikun.

Bunda Yati ingin agar kelak dapat memberikan kenang-kenangan kepada anak dan cucu-cucunya berupa karya tulisan baik dalam bentuk blog maupun dalam bentuk buku. Semangat blogger perempuan seperti Bunda Yati tentu sejalan dengan program pemerintah yang mewajibkan literasi sebagai bagian dari aktifitas anak muda Indonesia agar terbentuk Sumber Daya Manusia yang handal dan memahami diri dan bangsanya.

Terus terang saya jadi malu menyadari kenyataan bahwa perempuan di usia yang tak lagi muda saja bisa memiliki semangat dalam menulis dan memposting artikel, saya yang masih muda (versi pribadi, hehehe) malah males-malesan dan kurang antusias. Semoga dengan membaca Profil Bunda Yati yang Tetap Produktif Di Usia Senja ini, sobat-sobat blogger bisa meledak-ledak energinya dan sukses selalu untuk kita semua.

Sumber:
  • http://www.bundayati.com/p/blog-page_6.html
  • http://sepradik.com/lebih-dekat-dengan-bunda-yati-rachmat/
  • https://bloggerperempuan.com/bunda-yati-rachmat-special-featured-blogger-interview/
  • http://baublogging.com/panduan-menulis-buku-dari-ngeblog/
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. ya Alloh...
    hebat sekali beliau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, betul banget. Bisa jadi penyemangat untuk kita-kita yang sering males update artikel ini.

      Hapus
  2. Salah satu blogger senior inspirasi saya ini selain pakde abdul cholik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan bisa terus menjadi alarm buat kita agar tetap semangat menekuni dunia perbloggeran.

      Hapus
  3. Selamat pagi Ananda Dody Purwanto, entah mengapa bunda sepagi ini berselancar di dunia maya dan ketika searching nama asli bunda koq ketemu tulisan yang membuat serasa telinga bunda menjadi besar, hehe... Terima kasih telah menjadikan bunda sebagai topik postingan Dody. Rasa renta ini seperti melambung tinggi,hihihiii....#ketawanyasangninik. Bunda tak melihat tanggal postingan ini dibuat. Bolehh bunda catat url link postingan ini ya? Untuk apa? Ya, untuk diperlihatkan kepada anak-anak bunda donk agar mereka juga tertarik menjadi blogger. Terima kasih banyak, Dody.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Pagi Bunda. Senang rasanya mendapatkan komentar dari Bunda di artikel tentang Bunda pada blog saya ini. Untuk tanggal postingan artikel tersebut adalah 18 Januari 2018 Bunda. Untuk url silahkan Bunda catat. Sekali lagi terima kasih Bunda, ini merupakan penghargaan kepada saya sebagai blogger pemula. Salam sukses selalu, semoga Bunda senantiasa sehat dan gembira..Aamiin.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya