Psikologi - Belajar Memotivasi Diri Sendiri

04.42
Rutinitas hidup sehari-hari kadang melahirkan rasa letih yang luar biasa bagi manusia zaman now. Tujuan hidup yang belum juga tercapai seringkali dapat membuat seseorang merasakan juga yang namanya "titik jenuh". Hidup seperti kata pepatah "Hidup segan mati tak mau". Sehingga dalam keseharian kita sering kehilangan semangat untuk tetap menjalani aktivitas dengan penuh rasa syukur. Gairah hidup pun tiba-tiba hilang dari peredaran.

Memang harus kita akui bahwa dukungan orang-orang terdekat yang kita sayangi sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kita pada kondisi atau mood yang nyaman dan penuh gairah. Seperti dukungan dari keluarga, tetangga, sahabat, guru, teman masa kecil, dan lain sebagainya. Meski kadang keluarga tidak sepenuhnya memberikan support, namun sebenarnya support sejati adalah berasal dari dalam diri kita sendiri.

Psikologi - Belajar Memotivasi Diri Sendiri
Psikologi - Belajar Memotivasi Diri Sendiri

Kita mungkin pernah merasa jengkel, dendam, marah dengan kondisi yang tidak selaras dengan angan dan impian. Karna itu sikap memaafkan diri sendiri, memberikan support untuk diri sendiri adalah hal terberat yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Kenapa Anda harus belajar memotivasi diri sendiri? Jawabannya adalah:
  • Sepandai apapun pendapat orang lain, namun yang perlu dipahami adalah bahwa apa yang mereka sampaikan sebagai nasihat untuk Anda merupakan pendapat atau saran yang bersifat umum bagi rata-rata orang. Padahal diri Anda adalah pribadi yang unik, dan keunikan itu sering kali tersembunyi dalam lubuk hati Anda yang paling dalam. Terus tersimpan sepanjang perjalanan hidup Anda, tak ada orang lain yang tahu. Sehingga, hanya Anda yang benar-benar memahami diri Anda.
  • Anda adalah orang yang paling mengerti, hal-hal apa saja yang bisa menggiring Anda ke dalam situasi yang positif, dan hal-hal lain yang akan mengurangi kualitas kebahagiaan Anda. Kalau Anda yakin bahwa visi atau cita-cita Anda merupakan hal luar biasa bagi diri Anda, maka Anda tak perlu risau melakukan aktivitas yang berbeda dengan orang lain. Ulasan profil orang-orang sukses di dunia banyak mengupas proses panjang yang dialami pribadi-pribadi unik yang berbeda cara pandang dengan orang lain.
Kemudian yang perlu juga untuk diperhatikan, adalah bahwa manusia memang harus memberikan pengertian yang mendalam terhadap dirinya, bahwa dalam kehidupan selalu tiba  saat "datang" dan kemudian saat "pergi". Yah, ini adalah dua sisi yang berlawanan, kadang muncul suka dan kadang yang muncul adalah duka yang tidak diharapkan. Kita harus paham bahwa itu adalah rentetan proses alam yang musti dihadapi. Oleh karena itu, agama sering mewanti-wanti agar ketika manusia mendapatkan kesenangan jangan terlalu berlebihan dan ketika mendapatkan kesusahaan pun jangan terlalu larut dalam kesedihan.

Tak ada gading yang tak retak. Seiring berjalannya waktu marilah belajar untuk mengerti dan memahami diri sendiri, memotivasi diri sendiri sebagai modal bagi kita untuk memahami dan memotivasi orang lain. Meskipun berjuta momen letih dan jenuh, namun kita tetap harus semangat menjalani kehidupan. Tunjukkan pada orang-orang yang kita sayangi bahwa kita adalah insan yang penuh kasih sayang dan bertanggung jawab.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. tetap semangati diri sendiri

    BalasHapus
  2. Betul Bang, agar semangat setiap hari.

    BalasHapus
  3. Yang tahu hanyalah diri sendiri. saling memahami jangan saling menyalahkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip sobat, belajar memahami diri sendiri sangat penting.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog