Meraih Untung Dari Bisnis Pakaian Seragam Anak

10.25
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Pakaian atau baju memiliki fungsi pokok melindungi bagian tubuh manusia dari kondisi disekitarnya seperti cuaca panas / dingin yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Namun saat ini pakaian lebih berfungsi sebagai bagian dari gaya hidup manusia modern. Bukan hanya kenyamanan saja yang diutamakan, tetapi model dan variasi aksesoris menjadi kriteria utama dalam membeli pakaian. Jadi, bukan sekedar menggunakan pakaian untuk kepentingan kesehatan, gaya berpakaian menjadi tren yang terus berkembang setiap tahunnya.

Kebiasaan hidup berkelompok atau membentuk sebuah komunitas sesuai dengan hobi atau minat yang sama terhadap satu bidang, menyebabkan orang ingin menunjukkan sesuatu yang menjadi ciri khas kelompok tersebut. Dan ada juga kelompok-kelompok / komunitas-komunitas yang terbentuk karena yang bersangkutan berada di suatu lembaga atau organisasi formal maupun informal. Seperti siswa yang berkelompok karena mereka belajar di sekolah yang sama, kemudian karyawan yang berkelompok karena mereka bekerja di bagian atau kantor yang sama.

Meraih Untung Dari Bisnis Baju Seragam Anak
Jaket Seragam Untuk Anak-anak

Berkaitan dengan bisnis pakaian, keberadaan kelompok-kelompok / komunitas-komunitas tersebut memunculkan sebuah kebutuhan akan pakaian seragam yang sama yang menjadi ciri khas suatu kelompok atau organisasi. Seragam untuk anak merupakan salah satu bisnis yang mampu bertahan karena anak-anak yang sekolah jumlahnya selalu meningkat dari hari ke hari.

Kegiatan yang dilaksanakan anak di sekolah seperti olah raga, LDKS, Pramuka, membuat kebutuhan baju seragam untuk mendukung kegiatan mereka menjadi wajib dipenuhi. Bagi Anda yang mempunyai usaha bidang konveksi, Anda dapat membidik pangsa pasar anak-anak sekolah mengingat jumlah mereka sangat banyak. Bisa kita bayangkan, jika pada satu sekolah saja memiliki siswa sebanyak seratus orang, jika Anda berhasil mempromosikan baju seragam yang Anda produksi kepada 10 sekolah saja Anda sudah mendapatkan keuntungan yang banyak.

Agar bisnis baju seragam anak bisa bertahan di tengah persaingan usaha yang begitu pesat, alangkah baiknya Anda perhatikan tips-tips berikut ini:
  • Seragam sekolah seperti seragam berlogo OSIS, seragam Pramuka, dan lain sebagainya adalah produk tekstil yang sangat laku pada waktu-waktu tertentu, yakni permintaan akan sangat tinggi pada bulan-bulan menjelang tahun pelajaran baru. Untuk itu jauh-jauh hari Anda harus menyediakan stok yang cukup untuk memenuhi permintaan pasar.
  • Pada bulan-bulan yang sepi penjualan baju seragam sekolah formal, Anda bisa berkonsentrasi pada bisnis seragam anak jenis lainnya, seperti T-Shirt, Jaket, Kaos Olah Raga. Rajin-rajinlah mempromosikan usaha Anda ke sekolah-sekolah bahwa Anda siap memproduksi berbagai jenis baju seragam anak yang motif, warna, bisa disesuaikan dengan keinginan anak-anak. Anda dapat menghubungi Wali Kelas atau Ketua OSIS dari masing-masing sekolah. Promosikan usaha Anda dengan cara yang santun. Ingatlah agar Anda jangan sampai memaksa seseorang untuk membeli produk Anda. Berikan waktu bagi calon pelanggan untuk memutuskan apakah ia akan membeli / memesan atau tidak.
  • Berikan diskon bagi pelanggan yang sering memesan produk Anda. Jika Anda sukses menjalin kerja sama dengan sekolah atau komunitas dengan jumlah anggota yang sangat banyak, Anda dapat memberikan bonus travelling ke berbagai destinasi wisata yang menarik sebagai pengikat loyalitas pelanggan kepada usaha Anda.
Jadi, agar usaha pakaian seragam anak yang Anda kelola dapat berkembang pesat, jangan ragu-ragu untuk mempromosikan produk Anda ke sekolah-sekolah dengan penawaran yang sesuai dengan kondisi sekolah. Lakukanlah penawaran dengan cara yang santun dan tidak memaksa. Dengan begitu usaha Anda akan stabil karena Anda berhasil mendapatkan pelanggan abadi. Semoga sukses. 
Previous
Next Post »
0 Komentar