Khasiat Batu Giok Untuk Kesehatan

13.50
Salah satu jenis batu permata yang menarik perhatian banyak orang adalah batu Giok. Giok atau jade adalah sejenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor.

Giok dari wilayah atau negara-negara tersebut adalah batu giok yang memiliki kualitas terbaik di dunia dan diakui oleh komunitas penggemar batu giok. Namun begitu bukan berarti bahwa batu giok dari negara lain seperti Indonesia itu kurang bagus, tetapi hal tersebut didasarkan pada berbagai parameter seperti permintaan pasar yang cukup tinggi atau proses pengolahan yang dilakukan dengan profesional dan sangat hati-hati. Bisa jadi, beberapa tahun ke depan batu Giok asal Indonesia bisa menjadi yang paling diminati di dunia asalkan diolah secara profesional dan unik.

Bentuk dan ukuran batu giok
Batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam berbagai macam ukuran dan varian model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk seperti patung Buddha, seperti patung naga dan seperti patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga ada yang dalam bentuk persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer adalah batu giok yang memiliki warna hijau.

Khasiat Batu Giok Untuk Kesehatan
(Giok Tibet: columbiariverdiamondsgems.com)

Batu giok di Cina sudah dikenal manusia pada kira-kira 4000 tahun sebelum masehi. Pada zaman kerajaan batu giok banyak diminati oleh orang Cina, dan batu giok menjadi batu tradisional kerajaan Cina. Mulai dari pembuatan senjata, perkakas atau perabotan, ukiran tulisan atau gambar serta perhiasan semuanya menggunakan batu giok.

Macam-macam batu giok
Batu giok terdiri dari dua macam, nephrite dan jadeit. Keduanya sebenarnya adalah mineral yang berbeda, jadeit lebih keras daripada nephrite tapi lebih gampang retak. Jadeite kurang lebih sama kerasnya dengan batu quartz. Batu giok yang berwarna putih biasanya adalah nephrite dan yang digunakan dan bernilai tinggi di Cina pada saat itu adalah nephrite. Biru kehijauan, oranye kemerahan dan warna lavender biasanya selalu jadeite, jenis batu yang lebih langka dan berharga pada saat ini.

Batu giok mempunyai nilai keras 6-6.5 (Nephrite), 6.5-7 (Jadeite) berdasarkan daftar keras Mohs. Nephrite terbuat dari silikat kalsium dan magnesium, sedangkan jadeite adalah silikat natrium dan alumunium. Kandungan lain yang mungkin terdapat dalam jadeites adalah kalsium, kalium, krom, magnesium, titanium, mangan dan air. Dalam pengamatan menggunakan alat mikroskop, nephrite tampil sebagai gumpalan yang terjalin erat seperti serat filamen. Jadeite menunjukkan struktur yang lebih bersifat kristal.

Batu giok juga disebut-sebut sebagai “the toughest gemstone”, artinya adalah batu yang terkuat di antara batu-batu mulia lainnya, bahkan lebih kuat dari pada intan atau berlian. Intan atau berlian menyandang gelar batu terkeras dari segala macam batu di dunia tetapi batu intan mudah retak dan patah jika terbentur cukup keras karena walaupun susunan komposisi struktur intan membuat mereka keras namun ‘brittle’. Batu intan hanya bisa dipotong dengan batu intan lainnya dan tidak akan tergores oleh batu jenis lain.

Batu giok mudah tergores dan sangat lembut jika dibandingkan dengan intan namun anti-retak atau ketahanan terhadap patah batu giok sangat tinggi. Oleh sebab itu batu giok sering dijadikan sebagai senjata atau alat-alat perang lainnya pada zaman kerajaan Cina.

Warna-warna batu giok
Warna batu giok bermacam-macam, ada yang putih susu, putih kehijauan, hijau, hijau tua bahkan ada juga yang warna abu-abu dan kemerah-merahan atau merah-coklat. Namun batu giok yang paling dicari dan diminati adalah yang berwarna hijau tua bening. Imperial jade adalah nama yang diberikan pada batu giok yang dianggap paling berkualitas, warnanya harus berwarna hijau zamrud yang bening dan agak kental.

Warna batu imperial jade yang hijau dalam dikarenakan oleh adanya zat chromium, sedangkan keberadaan iron (Fe) menghasilkan warna hijau yang lebih pucat, biru-kehijauan atau biru-kehitaman. Warna paling gelap biasanya berisi jumlah yang relatif tinggi akan oksida besi. Bagi para pecinta dan kolektor batu giok atau batu akik, hati-hati karena banyak dealer yang mewarnai giok putih untuk menyerupai warna batu giok imperial jade dan menjualnya dengan harga yang relatif lebih tinggi.

Khasiat batu Giok
Jade atau Giok mempunyai beberapa manfaat bagi seseorang yang memakainya. Batu Giok dapat membantu seseorang untuk relax dan bijaksana. Batu Giok ini disebut juga sebagai batu yang memiliki keseimbangan yang sangat baik. Batu Giok dipercaya dapat melindungi diri dari bencana, mengobati penyakit ginjal, mencerdaskan otak, menolak racun, membawa rasa sejuk, rasa bahagia, dan perdamaian, meningkatkan intuisi dan membangkitkan kekuatan gaib, lambang kesetiaan dan keteguhan. Khasiat batu giok lainnya bagi kesehatan yakni dapat meningkatkan penyembuhan pada organ-organ vital. Batu Giok juga banyak digunakan oleh para Gemstone Therapist seperti pada terapi pijat Ceragem.

Bagi Anda yang akan membeli batu permata giok ini hendaknya harus berhati-hati, karena batu giok ini sekarang ada yang banyak memalsukan. Pemahaman yang baik tentang batu giok mutlak dimiliki agar Anda tidak terjebak oleh oknum nakal yang menjual batu giok palsu. Dapatkanlah batu giok dari toko batu permata terpercaya dan bersertifikat. Atau kalau Anda mau, Anda dapat menggantinya dengan batu giok yang berasal dari Aceh atau dari Sulawesi. Giok dari Aceh dan Sulawesi ini juga memiliki banyak khasiat untuk mendukung kesehatan seseorang. Dan semua khasiat itu tentu berasal dari Dzat yang menciptakan alam semesta beserta penghuninya.
Previous
Next Post »

5 komentar

  1. batu giok indah warnanya
    untuk khasiatnya seperti batu lainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Giok banyak disukai memang karena warnanya yang membuat hati jadi adem.

      Hapus
  2. Good morning and have a nice Sunday.
    Teb.

    BalasHapus
  3. Happy nice Monday my Friend.. Jalan-jalan Sahabat, semoga sehat selalu.

    BalasHapus