Pesona Papua - Surga Kecil Bernama Arborek

15.32
Indonesia kaya akan destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi adalah Arborek. Arborek merupakan satu-satunya pulau kecil berpenghuni yang terletak di Selat Dampier Raja Ampat. Secara geografis pulau ini terletak diantara Pulau Mansuar dan Pulau Gam. Karena sudah sangat terkenal, maka Arborek menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia di Raja Ampat.

Banyak hal yang menarik dan unik yang dimiliki pulau ini. Salah satunya adalah ketersediaan terumbu karang yang banyak bertebaran di depan pulau. Keberadaan terumbu karang ini menjadi semakin sempurna karena merupakan daerah persinggahan manta ray untuk melepaskan diri dari parasit-parasit yang menempel. Manta Ray  adalah hewan laut mirip ikan pari tetapi memiliki ukuran yang jauh lebih besar, memiliki “sayap” segitiga, dengan 2 buah “paddle” didekat mulut serta ekor yang panjang namun tidak mengandung racun. Merupakan hewan yang cukup cerdas, biasa hidup berkelompok dan bermigrasi.

Manta Ray di Pulau Arborek
Manta Ray - Gambar : destinasian.co.id

Bagi Anda yang memiliki hobi menyelam, ada beberapa titik penyelaman di Pulau Arborek untuk melihat manta ray. Dan salah satu titik yang paling terkenal adalah Sandy Dive Spot, karena disini terdapat batu-batuan besar yang digunakan oleh manta ray untuk membersihkan diri mereka. Banyak para peneliti manta ray dari seluruh penjuru dunia yang datang ke tempat ini untuk mempelajari hewan laut ini secara mendalam.

Pulau Arborek menjadi tempat singgah dan beristirahat karena ia merupakan satu-satunya pulau kecil yang berpenghuni. Wisatawan yang datang dari berbagai resort di sekitar Raja Ampat, kemudian kapal-kapal yang membawa para penyelam akan singgah baik untuk bersantai sejenak maupun untuk menginap di Pulau Arborek ini. Pantai di Pulau Arborek ini juga memiliki ombak yang tenang dan mendamaikan. Berjalan menyusuri tepian Pantai Arborek sambil menikmati embusan angin yang menerpa wajah terasa sangat menentramkan pikiran, membuat semangat Anda menjadi fresh kembali.

Pesona Papua - Surga Kecil Bernama Arborek
Pulau Arborek - Gambar : jesicaturot.blogspot.co.id

Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan di Arborek. Di tempat ini tersedia homestay dan diving center yang siap menyambut kedatangan para wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa menikmati keindahan Arborek dengan aktivitas snorkeling yang dipandu oleh petugas yang stand by mengelola kawasan wisata ini. Selain itu berkat kreativitas masyarakat sekitar, tersedia aneka kerajinan lokal yang dapat Anda jadikan cinderamata untuk keluarga.
Previous
Next Post »
0 Komentar