Pesona Manado - Profil Kota Manado

01.55
Letak dan Luas Wilayah
Kota Manado terletak di ujung Pulau Sulawesi dan merupakan kota terbesar di belahan Sulawesi Utara sekaligus berfungsi sebagai ibukota Propinsi Sulawesi Utara. Secara geografis Kota Manado terletak diantara 10 30' - 10 40' Lintang Utara (LU) dan 1240 40' 00" - 1260 50' 00" Bujur Timur (BT), dan secara administratif memiliki batas-batas sebagai berikut:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kecamatan Wori (Kabupaten Minahasa Utara) dan Teluk Manado
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Dimembe (Kabupaten Minahasa Utara) dan Kecamatan Tombulu (Kabupaten Minahasa)
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Pineleng (Kabupaten Minahasa)
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Teluk Manado (Laut Sulawesi)

Wilayah Kota Manado terdiri dari wilayah daratan dan wilayah kepulauan dengan luas wilayah keseluruhan 15.726 ha. Wilayah kepulauan meliputi Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua dan Pulau Siladen. Secara administratif Kota Manado terbagi atas 9 wilayah kecamatan dan 87 kelurahan sebagai hasil pemekaran wilayah yang dilakukan sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2000 tentang Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan di Kota Manado dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2000 tentang Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan.

Pesona Manado - Profil Kota Manado
Pesona Manado - Profil Kota Manado

Kondisi Geografis
Secara umum kondisi morfologis Kota Manado terbentuk karena karakteristik alam kota itu sendiri yang unik dan berbeda dari kebanyakan kota di Indonesia. Kota ini memiliki bentang alam dengan unsur trimatra yaitu pantai, daratan, dan perbukitan, yang terbentang dengan jarak yang relatif kecil (kurang dari 1 km) diantara ketiga matra tersebut.

Kota Manado memiliki dua buah Gunung, keduanya terletak di Kecamatan Bunaken. Gunung tertinggi adalah Manado Tua dengan ketinggian 655 meter dan Gunung Tumpa dengan ketinggian sekitar 610 meter.

Untuk wilayah berbasis kepulauan Kota Manado memiliki 3 wilayah pulau yang berpenghuni, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan Pulau Siladen. Pulau Manado Tua memiliki luas wilayah terbesar yaitu 1.056,02 ha dengan panjang garis pantai 12,280 km, Pulau Bunaken dengan luas wilayah 811,21 ha dan memiliki garis pantai terpanjang yaitu 17,079 km, serta Pulau Siladen dengan luas wilayah terkecil 49,48 ha dengan garis pantai sepanjang 2,928 km.

Klimatologi
Menurut Koppen, Kota Manado termasuk kategori sub tipe iklim Am (hujan tropika). Artinya pada musim hujan  jumlah hujan sangat besar, sehingga meskipun ada musim kemarau yang sangat pendek, sub-soil tidak mengalami kekeringan.

Berdasarkan tipe hujan menurut Schmidt dan Ferguson, Kota Manado termasuk tipe hujan golongan A (sangat basah), dengan curah hujan rata-rata tahunan 3.187 mm, sedangkan temperatur udara rata-rata tahunan 25 sampai dengan 27 derajat celcius. Musim kemarau biasanya terjadi pada bulan Juli sampai dengan bulan September, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan Oktober sampai dengan bulan Juni. Meskipun di Kota Mando sering terjadi perubahan musim dimana masyarakat melihat bahwa tidak ada perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim hujan.

Pemerintahan
Kota Manado sebagai daerah otonom memiliki perangkat pemerintahan yang terdiri dari DPRD Kota Manado yang menjalankan fungsi legislatif dan Pemerintah Kota Manado sebagai lembaga eksekutif yang dipimpin oleh seorang Walikota.

Dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah sekaligus peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Manado melalui Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2000 tentang Perubahan Status Desa menjadi Kelurahan di Kota Manado dan Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2000 tentang Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan, telah melakukan perubahan status Desa menjadi Kelurahan dan pemekaran wilayah, yaitu dari 5 kecamatan menjadi 9 kecamatan dan dari 68 kelurahan/desa, menjadi 87 kelurahan. Nama kecamatan dan jumlah kelurahan di Kota Manado adalah sebagai berikut:
  • Kecamatan Bunaken : 8 Kelurahan
  • Kecamatan Tuminting : 10 Kelurahan
  • Kecamatan Singkil : 9 Kelurahan
  • Kecamatan Tikala : 12 Kelurahan
  • Kecamatan Wenang : 12 Kelurahan
  • Kecamatan Wanea : 9 Kelurahan
  • Kecamatan Sario : 7 Kelurahan
  • Kecamatan Mapanget : 11 Kelurahan
  • Kecamatan Malalayang : 9 Kelurahan

Kota Manado adalah kota yang sedang tumbuh dan berkembang. Selain sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara, Kota Manado adalah daerah urban terbesar di Kawasan Timur Indonesia belahan Utara. Sehingga Pemerintah Kota Manado senantiasa membuat perencanaan pembangunan kota dengan baik dan diharapkan dapat meningkatkan kemajuan Kota Manado kedepan.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. total ada sembilan kecamatan ya
    Manado memang provinsi top di Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang berkunjung dan berlibur di Indonesia.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog