Naik Kereta Mini Di Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto

07.57
Libur akhir pekan menjadi momen yang dirindukan anggota keluarga. Anak-anak biasanya akan rewel dan meminta orang tua untuk mengajak mereka jalan-jalan ke berbagai tempat yang terdapat sarana dan prasarana hiburan serta permainan untuk anak-anak. Ini adalah kesempatan baik yang wajib dituruti orang tua untuk memberikan aktivitas berkualitas bagi anak-anaknya.

Orang tua dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke tempat wisata air, ke taman kota, tempat-tempat bersejarah seperti museum, dan berbagai tempat menarik lainnya. Sehingga anak tidak melulu terkungkung di dalam rumah apalagi mereka selalu sibuk dengan gadget yang memanjakan mereka dengan aplikasi Game yang sebenarnya kurang bagus untuk tumbuh kembang mereka.

Nah, salah satu tempat rekreasi menarik yang berada di Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah adalah Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto. Taman ini merupakan tempat rekreasi alternatif keluarga selain alun-alun Purwokerto. Terletak di Kelurahan Karangklesem Purwokerto Selatan.Diresmikan pada tanggal 13 April 2011 oleh Bupati Banyumas pada saat itu Drs. Mardjoko.

Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto
Taman Kota Andhang Pangrenan Purwokerto, Gambar: banyumasku.com

Dulunya Taman Kota Andhang Pangrenan merupakan terminal bus Purwokerto (sekarang dipindah ke Terminal Bus Bulu Pitu Purwokerto), dikarenakan ada perubahan pemerintahan pada waktu itu terminal bus Purwokerto dipindahkan ke Teluk. Dan tempat bekas terminal tersebut dibuat sebuah taman kota yang kita kenal dengan Taman Kota Andhang Pangrenan.

Di Taman Kota ini, Anda bisa menjumpai beberapa wahana atau media rekreasi seperti taman bermain anak, komedi putar, kereta mini, sepeda, atv, odong-odong dan masih banyak lagi. Selain wahana rekreasi, di Andhang Pangrenan Anda juga bisa bersantai dibawah rimbunnya pepohonan, menikmati angin segar, dan udara yang bersih. Di tempat terbuka seperti inilah anak akan berinteraksi sinergis dengan alam dan sosial bersama anak-anak lainnya.

Karena fungsi dari taman kota tidak hanya untuk media rekreasi atau wisata saja, melainkan juga sebagai paru-paru kota. Dengan adanya taman kota ini tentu sangat membatu meminimalisir polusi udara di area kota Purwokerto. Di Andhang Pangrenan juga sering diadakan kegiatan hiburan seperti pentas seni, pentas kebudayaan, pameran-pameran, dan lomba-lomba tingkat kota/kabupaten. Pelajar di berbagai daerah yang ada di wilayah Banyumas dan sekitarnya sering terlihat berlatih menari / dance di tempat yang menyediakan sarana panggung pertunjukkan ini.

Naik Kereta Mini Di Taman Kota Andhang Pangrenan

Maka dari itu, di Taman Kota ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, ada aula yang luas, toilet, air bersih, kamar ganti, kantin, mushola dan internet gratis alias jaringan Wi-fi. Hanya dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, Anda sudah bisa berekreasi dengan nyaman, bersantai dan melepas penat. Selain ada kegiatan hiburan, biasanya Andhang Pangrenan ramai pada hari Sabtu malam atau malam Minggu, juga pada hari Minggu pagi sampai sore, waktu yang sangat pas sekali untuk melepas rasa lelah akibat kesibukan pekerjaan sehari-hari.

Taman Kota Yang Asri dan Sejuk
Taman Kota Yang Asri, Gambar: banyumasku.com

Arti Nama Andhang Pangrenan

Nama Andhang Pangrenan sendiri memiliki sebuah arti, kata Andhang berarti tempat dan Pangrenan memiliki arti hati yang riang atau senang. Jadi Andhang Pangrenan berarti tempat untuk bersenang-senang. Anda boleh bersenang-senang sepuasnya di Andhang Pangrenan, tapi ada yang perlu diingat Anda dilarang membawa makanan/minuman, membawa minuman keras, membawa hewan peliharaan, membawa benda tajam, membawa sepeda/otopet/sepatu roda, dan dilarang membawa bola / bermain bola. Semua fasilitas untuk bermain anak disediakan untuk memuaskan rekreasi keluarga Anda. Selamat berekreasi bersama keluarga Anda!

Sumber:
  • http://www.banyumasku.com/taman-kota-andhang-pangrenan-purwokerto/
  • https://www.youtube.com/watch?v=sAh5dR5Q2gk
Previous
Next Post »

2 komentar

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog