Cara Jitu Untuk Menjadi Kaya

20.46
Menjadi kaya dan memiliki banyak uang merupakan impian sebagian orang, yang ingin merasakan kesenangan dan kebahagiaan yang berkualitas di masa depannya. Namun demikian kita jangan sampai hanya mengejar kekayaan yang tujuannya untuk memenuhi hawa nafsu kita semata, karena ini adalah suatu cara meraih cita-cita yang paling rendah dan tidak memberikan arti lebih dalam kehidupan manusia. Ada pepatah yang menyebutkan, orang yang sukses adalah orang yang dapat mensukseskan orang lain juga.

Oleh karena itu, janganlah menginginkan kekayaan itu hanya karena semata-mata untuk kepentingan diri sendiri. Tetapi raihlah kekayaan itu berdasarkan suatu cita-cita yang besar. Bukan hanya sekedar untuk membahagiakan keluarga Anda, seperti orang tua, istri / suami, anak-anak, tetapi lebih kepada menciptakan peluang dan kesempatan kepada orang lain untuk bisa bekerja atau berbisnis sesuai visi atau cita-cita Anda.

Cara Jitu Untuk Menjadi Kaya
Cara Jitu Untuk Menjadi Kaya

Setiap tahun kita sering melihat perubahan yang cukup mencengangkan tentang lahirnya orang kaya baru dari berbagai negara di dunia. Daftar orang terkaya di dunia kini tidak lagi didominasi oleh orang-orang Amerika dan Eropa, tetapi mulai banyak lahir milyader-milyader baru dari kawasan Asia seperti China, India, dan lain sebagainya.

Untuk menjadi kaya, cara jitu untuk mewujudkannya adalah dengan belajar dari orang kaya. Bagaimana cara mereka bekerja, rutinitas apa yang mereka lakukan sehingga aset yang mereka miliki setiap tahun semakin meningkat, pola pikir seperti apa yang terekam dalam diri mereka. Kita juga perlu memahami secara pribadi dari orang-orang kaya tersebut.

Banyak dari kita yang tidak mengetahui secara pribadi orang orang sukses tersebut. Tetapi kita dapat mempelajari mereka melalui buku-buku dan tulisan mereka. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari buku-buku yang mereka tulis adalah sebagai berikut:

1. Pemikiran Orang Kaya Tentang Pendidikan Formal
Pendidikan Formal itu berpengaruh tetapi tidak mutlak (makanya diantara mereka ada yang menulis buku berjudul: Kalau Mau KAYA, Ngapain SEKOLAH). Kita disarankan untuk menempuh jalur formal pendidikan untuk memulai suatu bisnis. Tetapi dari semua orang kaya terbesar yang sukses, kita melihat mereka sukses bukan hanya karena semata-mata telah menempuh pendidikan yang bagus dan tinggi. Memang kebanyakan dari orang kaya besar (sekitar 90%) memiliki gelar. Tetapi ini bukanlah merupakan syarat utama untuk meraih kesuksesan. Dari beberapa orang kaya besar saat ini seperti Bill Gates, Steve Jobs, Fred DeLuca, David Geffen, Andrei Melnichenko adalah individu tidak lulus perguruan tinggi. Dan ada sebagian dari orang-orang kaya tersebut yang bahkan tidak sampai lulus SMU.

2. Manajemen Waktu Menurut Orang kaya
Orang Kaya atau para pebisnis yang meraih kesuksesan ternyata bekerja jauh lebih keras dan lebih panjang waktunya daripada karyawan-karyawan yang bekerja untuk mereka. Kebanyakan pebisnis sukses tersebut mengatakan bahwa mereka rata-rata menghabiskan waktu untuk bekerja antara 50 sampai 55 jam per minggu. Bahkan ada yang dengan penuh ketekunan bekerja lebih dari 10 jam dalam satu hari. Inilah yang dilakukan oleh Bill Gates ketika ia masih bekerja di Microsoft dan Jeff Skoll si penemu eBay, mereka ini sama sekali tidak pernah beristirahat maupun cuti ketika bisnis mereka selagi berkembang.

3. Cerdas Dalam Mengamati Peluang
Pebisnis sukses selalu mencari dan secara terus-menerus mengambil peluang bisnis. Setiap informasi yang mereka lihat dan dengar akan langsung dianalisis untuk keperluan bisnis. Dan mereka selalu mengeluarkan satu pertanyaan, "Bagaimana saya bisa mendapatkan keuntungan dari hal ini / dari keadaan yang sedang terjadi ?" 

4. Menjadikan Kegagalan / Kesalahan Sebagai Proses Yang Tak Perlu Dirisaukan 
Mereka menilai kegagalan dan kekalahan sebagai peluang belajar. Ketika menemui kegagalan, mereka langsung berfikir bahwa ini adalah peluang yang besar untuk memecahkan suatu masalah. Kesalahan-kesalan kecil pun mendapatkan perhatian yang lebih yang mereka catat dalam buku analisis bisnis harian. Hal ini sebagai pengingat untuk mendukung mereka dalam mengambil keputusan yang sangat penting.

5. Orang Kaya Tidak Setuju Dengan Istilah "Takdir Baik" Menurut Pemahaman Orang Banyak. 
Dalam suatu angket yang dilakukan oleh majalah Forbes pada 400 responden dari orang orang terkaya di dunia, TIDAK ADA SEORANGPUN yang mengatakan bahwa mereka menjadi kaya hanya semata-mata karena takdir baik atau nasib baik. Sebagian menyatakan bahwa mereka mempertimbangkan nasib sebagai faktor yang minor. Kebanyakan, seperti Oprah Winfrey, mengatakan bahwa Takdir Baik / Nasib Baik adalah cara orang luar menafsirkan seseorang yang bekerja keras dan mengambil kesempatan.

6. Pemikiran Orang Kaya Tentang Modal 
Modal menurut orang kaya bukanlah berkaitan dengan uang atau harta apa yang kita miliki saat merintis suatu bisnis. Justru menurut mereka modal yang paling utama adalah Komitmen, Visi Misi, yang mereka tuangkan dalam rencana strategis jangka panjang dalam bisnis yang mereka kelola. Untuk menjadi kaya bukan uang yang menentukan, tetapi lebih kepada seperti apa gambaran Anda tentang masa depan. 

7. Pandai Dalam Menahan Keinginan Semu.
Banyak orang mudah tergoda untuk membelanjakan uang atau pendapatannya yang sebenarnya lebih alias sedikit ada sisa, untuk memenuhi keinginan semu yang hanya akan memperburuk keadaan keuangan keluarga. Mereka lebih menginginkan kesenangan yang bertahan lama, bukan sensasi sesaat. Orang kaya pada masa awal-awal usaha merupakan orang-orang yang sangat berhemat, mereka prioritaskan kebutuhan yang benar-benar primer, atau jika uang itu dibelanjakan maka diusahakan uang yang dikeluarkan itu akan berimbas untuk menambah nilai lebih pada bisnisnya.

8. Saham, Emas, dan Properti
Tiga jenis investasi yang sering menjadi pilihan orang kaya untuk berinvestasi adalah saham, emas, atau properti. Ketiga jenis investasi ini adalah yang paling menguntungkan karena terbukti telah melipatgandakan aset mereka setelah sekian tahun berinvestasi. Meskipun berinvestasi pada saham memiliki resiko yang cukup tinggi, namun resiko ini bisa diminimalisir dengan cara membeli saham perusahaan-perusahaan yang memiliki track record yang bagus, terutama dalam melaporkan laba perusahaan setiap tahunnya.

9. Sangat Religius dan Peduli Dengan Sesama
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianut merupakan hal mutlak yang menjadi kebiasaan baik orang kaya. Mereka membuktikan bahwa kekayaan yang tidak dilandasi dengan iman sesuai agamanya masing-masing, hanya akan membawa manusia ke dalam kehampaan yang menusuk jiwa dan sukar dicari obat penawarnya. Agama menuntun hidup orang kaya yang sudah bergelimang harta menjadi semakin bahagia. Mereka juga merupakan orang-orang yang dengan senang hati memberikan sebanyak mungkin bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Sehingga terciptalah apa yang dinamakan keseimbangan hidup, tidak ada ketimpangan antara yang kaya dan yang belum kaya.

Apabila anda ingin sukses seperti orang-orang kaya di dunia, maka buatlah visi misi yang lebih berarti untuk kehidupan. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan yang diterapkan orang sukses dalam mewujudkan visi misi mereka. Dan niscaya kelak Anda akan memetik usaha yang sudah Anda lakukan dengan ketekunan dan komitmen yang kuat. Tidak pernah melihat pada kegagalan melainkan bagaimana membuat semuanya menjadi lebih baik, lebih bagus dan lebih bermanfaat. Sehingga kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Cara Jitu Untuk Menjadi Kaya adalah dengan belajar kepada orang-orang kaya dan menerapkan prinsip hidup atau visi mereka dalam aktivitas keseharian kita. Semoga sukses menyertai niat baik dan langkah kita semua.
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. orang kaya memang banyak memiliki prinsip hidup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Bang Rustadi, terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya