Cara Mengatasi Stres Terkait Pekerjaan

01.42
Cara Mengatasi Stres Terkait Pekerjaan
Stres Terkait Pekerjaan

Apakah Yang Dimaksud Dengan Stres Terkait Pekerjaan Itu?
Stres terkait pekerjaan adalah pola reaksi yang terjadi saat pekerja/pegawai/buruh dihadapkan pada tuntutan pekerjaan yang tidak selaras/sesuai dengan pengetahuan, keterampilan atau kemampuan mereka, sehingga menguji daya adaptasi mereka. Ketika dipersepsikan ada ketidakseimbangan antara tuntutan dan sumber daya lingkungan atau personal, dapat timbul reaksi seperti:
  • Respon Fisik: detak jantung mengalami peningkatan, tekanan darah meningkat, frekuensi napas meningkat, ketegangan otot, berkeringat, dan hal ini sejalan dengan meningkatnya hormone stres seperti adrenalin dan kortisol.
  • Respon Emosi: merasa cemas atau yang bersangkutan akan mudah marah, mudah merasa sedih, motivasi berkurang.
  • Respon Kognitif / Pikiran: berkurangnya perhatian dan persepsi, pelupa, pekerjaan menjadi lebih lambat diselesaikan karena fokus seseorang menurun drastis, berfikir tidak efektif, pemecahan masalah terganggu, kemampuan belajar terganggu.
  • Respon Perilaku: agresivitas, impulsivitas, sering membuat kekeliruan, produktivitas berkurang, seringkali dilampiaskan dengan cara merokok yang berlebihan, konsumsi alkohol atau obat-obatan meningkat, dan seringkali tidak masuk kerja tanpa alasan yang jelas.
Reaksi stres dapat terjadi karena seseorang terpapar faktor resiko ditempat kerja. Reaksinya dapat bersifat emosional, perilaku, kognitif, dan / atau fisik. Apabila reaksi stres ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama, maka ada kemungkinan akan berkembang menjadi gangguan kesehatan yang permanen dan akan sangat sulit untuk disembuhkan, seperti terjadinya kelelahan kronis, masalah pada tulang-otot atau penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah.

Karakter seseorang seperti kepribadian, nilai, tujuan, umur, gender, tingkat pendidikan, situasi keluarga akan mempengaruhi kemampuan dirinya untuk menghadapi tuntutan. Ciri-ciri tersebut akan berinteraksi dengan faktor resiko ditempat kerja dan dapat mencetuskan atau meredam efek sampingnya. Karakteristik fisik dan psikologis, seperti kondisi kebugaran fisik atau rasa optimis yang tinggi, telah banyak membantu seseorang untuk meredam stres yang sedang dialaminya. Sehingga ia akan terhindar dari stigma orang yang mengalami gangguan kesehatan jiwa.

Penyebab Stres Terkait Pekerjaan Blog Dody
Penyebab Stres Terkait Pekerjaan

Apabila pekerja atau karyawan mampu menghadapi kondisi kerja yang cukup membuat mereka tertekan, mereka akan lebih berpengalaman dan percaya diri untuk mengatasi kondisi serupa di kemudian hari. Namun sebaliknya, apabila terjadi reaksi stres dan masalah kesehatan, maka akan menurunkan kinerja baik dan semakin memperburuk keadaan berkaitan dengan stres yang dialami. Kondisi yang tidak teratasi secara pribadi ini akan menyebabkan kelelahan, dan tak sedikit yang mengalami kondisi parah / ambruk / breakdown atau burnout.

Bagaimana cara untuk mengatasi stres terkait pekerjaan?
Berikut ini merupakan langkah-langkah atau aktifitas yang dapat dilakukan untuk mengatasi stres terkait pekerjaan:
  • Sediakan Beragam Aktifitas Kesehatan. Latihan fisik dan teknik relaksasi dapat membantu menurunkan respon stres dan memperbaiki kesejahteraan. Ada hasil studi yang menunjukkan bahwa latihan fisik di tempat kerja dapat meningkatkan produktifitas. Anda dapat menyediakan setidaknya setengah jam, dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, akan membuat kondisi tubuh yang lebih bugar, tekanan darah menurun, stamina meningkat, jadwal tidur menjadi lebih teratur. Sehingga Anda telah memperbaiki sesuatu yang disebut dengan manajemen stres, hanya dalam waktu delapan minggu sudah dapat dirasakan manfaatnya. Anda juga dapat melakukan olah raga ringan seperti berjalan kaki atau melakukan senam Yoga.
  • Manajemen Stres. Mengikuti seminar tentang manajemen stres akan sangat membantu pemahaman seseorang mengenai tindakan apa yang mesti segera dilakukan untuk mengurangi resiko akibat stres, dan memperbaiki komitmen terhadap pekerjaan yang dilakoninya. Anda juga dapat menerapkan manajemen stres dengan cara setahap demi setahap memperbaiki kualitas emosi Anda. Ikuti nasihat atau saran dari para pakar kesehatan jiwa yang bisa Anda kunjungi sendiri, atau meminta bantuan teman / sahabat Anda untuk mempertemukan Anda dengan orang tersebut, yang akan memberikan Anda tips atau teknik praktis mengatasi stress.
  • Kelompok Dukungan. Stres dapat diredakan apabila pekerja berbagi kekhawatirannya tentang masalah kerja, permasalahan kehidupan, masalah keluarga, dan berbagai hal lain yang mengganjal di hati Anda. Dengan bergabung dalam komunitas positif, akan banyak membantu Anda dalam mendapatkan support yang kuat untuk mengatasi berbagai problema pekerjaan.
  • Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan. Untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan hal-hal lainnya dalam kehidupan Anda harus mau mengatur waktu dalam bekerja, berbagi pekerjaan, mengerjakan sebagian pekerjaan di rumah karena suasana di rumah pasti lebih terasa nyaman, dan nikmati waktu istirahat Anda untuk mencicipi makan siang yang lezat di tempat favorit Anda. Aturlah waktu sesuai dengan kesanggupan Anda untuk melakukannya. Ingat bahwa dalam situasi yang penuh tekanan, kita tidak boleh melakukan aktifitas apapun yang sifatnya terpaksa. Lakukan hal yang benar-benar membuat Anda merasa enjoy, atau sangat nyaman, atau merasa sangat terlindungi.
Perusahaan memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi tingkat stres di tempat kerja yang bisa terjadi pada karyawan atau pegawai yang bekerja di perusahaan tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan perusahaan untuk membantu mengurangi stres misalnya:
  • Memberikan beban kerja sesuai dengan kapabilitas dan sumber daya pekerja.
  • Mengembangkan budaya kerja yang dapat memberikan kesempatan bagi pekerja atau karyawan untuk mendorong dan menghargai sesama pekerja dalam menggunakan keterampilan-keterampilan yang mereka miliki.
  • Menetapkan peran dan tanggungjawab pekerja secara jelas. Job Description harus sesuai dengan standar beban kerja dan upah yang mesti diberikan untuk pekerja atau karyawan.
  • Memberikan kesempatan bagi pekerja untuk turut serta dalam beberapa keputusan yang berdampak langsung pada pekerjaan mereka.
  • Mengkomunikasikan dengan baik tentang pengembangan karir dan masa depan pekerja.
  • Menyediakan program khusus untuk terjadinya interaksi yang baik antar pekerja dan bisa dilakukan di luar area perusahaan.
Demikian artikel Cara Mengatasi Stres Terkait Pekerjaan ini saya tulis, semoga dapat membantu kita untuk bisa mengatasi berbagai tekanan dalam pekerjaan yang dewasa ini terlihat sulit untuk dihindari, mengingat persaingan bisnis yang semakin sengit setiap harinya.

[Sumber: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia] 
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Good sharing. Stress management is one of the most crucial part in our life. We also can do simple workout when we are at the office.

    BalasHapus
    Balasan
    1. That's true my dear friend, every employee must control their emotion.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Hi Reina, have a nice day. Thank you for dropping by.

      Hapus
  3. rehat sejenak di taman
    bisa kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya..itu lebih menyenangkan, beruntung apabila tempat kerja dengan dengan taman.

      Hapus
  4. Nice info Bang, penting tuh agar kerjaan kita seakan ringan tanpa beban..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai stres berlebihan, bisa kacau nanti. Salam Sukses Selalu.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Arsip Blog - Lihat Artikel Lainnya