7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google

09.09
7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google

Sebelumnya saya sempat ragu untuk menulis artikel berjudul 7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google ini. Ini terjadi karena harus diakui bahwa blog saya ini bukanlah termasuk dalam kategori blog yang mapan seperti blog-blog sukses lainnya. Karena faktanya adalah banyak artikel-artikel yang saya buat tidak masuk pada halaman awal dari mesin pencari Google dan lainnya. Namun, ada beberapa artikel yang diluar dugaan menjadi artikel yang selalu muncul di halaman awal Google.

Menurut beberapa blogger yang memahami aspek SEO, mengatakan bahwa ada 7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google, yakni:
  1. Buat Artikel Berkualitas dan Orisinil. Artikel yang berkualitas adalah artikel yang dalam penulisannya memenuhi kaidah kebahasaan yang benar, mudah dibaca dan dipahami pengunjung, dan memberikan manfaat positif bagi pengunjung blog Anda. Artikel juga harus asli made-in diri Anda sendiri dan jangan pernah sesekali pun untuk menjiplak karya orang lain, apalagi dengan meng-copy-paste artikel secara terang-terangan. Ini akan menurunkan kepercayaan pembaca blog kita. Anda boleh mempelajari intisari tulisan dari beberapa blog maupun website yang ada di internet, sedangkan penerpannya dalam artikel lakukanlah dengan usaha dan kerja keras Anda. Konten yang baik setidaknya memuat sebanyak 500-1000 kata agar mesin pencari percaya bahwa itu tulisan yang bermanfaat dan bukan tulisan iseng yang tujuannya tidak jelas. Be yourself!, kata nenek saya waktu dia masih hidup.
  2. Masukkan Keyword Dalam Artikel. Keyword harus ada pada sebagian kalimat pada tulisan yang Anda buat. Yang perlu diingat adalah jangan menuliskan keyword secara berlebihan pada artikel karena ini akan dianggap spam oleh mesin pencari. Saran saya, gunakan maksimal 5 persen keyword dari artikel yang Anda buat.
  3. Tambahkan Deskripsi Penelusuran. Menambahkan deskripsi penulusuran atau meta description pada setiap artikel merupakan trik SEO yang tidak banyak orang peduli namun sebenarnya secara tidak langsung merupakan salah satu dari 7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google. Gunakan deskripsi yang memberikan solusi kepada pengunjung dan menarik dari susunan kalimatnya.
  4. Berikan Label Pada Postingan. Apabila Anda bingung akan menuliskan label apa saja untuk tulisan yang sudah Anda buat, Anda dapat memakai cara saya yakni dengan mengikuti judul artikel dan memisahnya dengan tanda koma. Cara ini akan memberikan kesesuaian antara judul artikel, label, dan keyword.
  5. Update Secara Kontinyu Artikel Blog. Belajar dari situs berita yang terbukti rank mereka di mata Google selalu bagus, ternyata ada satu bukti yang logis kenapa situs berita kebanyakan tampil di halaman awal Google. Jawabannya adalah karena artikel mereka banyak dan menjadi bertambah banyak setiap hari karena update terus-menerus. Padahal saya yakin jika kita mau memperhatikan artikel yang ada, kadang isinya tidak lebih berbobot dari artikel bloger-bloger kawakan yang mahir membuat artikel apik. Namun, karena terus diperbaharui setiap saat, menjadikan situs berita selalu memiliki rank yang bagus. Anda juga bisa menimba banyak konten dari situs berita dengan cara mengambil inti sari tulisan, kemudian mengembangkannya dengan bahasa Anda sendiri.
  6. Daya Gunakan Social Media. Menurut beberapa tulisan blogger, mesin pencari Google sangat mengapresiasi sebuah blog yang pengunjungnya datang dari berbagai Social Media. Share artikel Anda pada sebanyak mungkin website media sosial yang familiar dengan Anda. Dengan cukup sekali share untuk satu judul artikel akan meningkatkan traffic dan melangsingkan alexa rank blog Anda. Apalagi kabarnya jika Anda terbiasa menggunakan sosial media buatan google, maka artikel yang di share akan mendapatkan perhatian khusus. Artikel Anda akan dianggap spesial.
  7. Dapatkan Backlink Berkualitas. Backlink yang baik bisa kita peroleh dengan cara blogwalking ke sebanyak mungkin blog-blog yang ada di internet. Anda sebaiknya menggunakan akun Google dalam memberikan komentar. Sehingga traffic yang didapatkan oleh blog Anda adalah traffic yang terlihat murni dan berbobot. Sesekali boleh memakai fasilitas Name dan URL, tapi jangan terlalu sering karena ini akan terindikasi spam jika berlebihan.
Demikianlah artikel  7 Cara Jitu Agar Blog Tampil Di Halaman Awal Google yang dapat kita semua terapkan agar artikel pada blog selalu mendapatkan posisi terbaik di mata mesin pencari. Meskipun demikian, hasil yang didapatkan tentu saja akan berbeda-beda dari masing-masing blog. Mudah-mudahan langkah-langkah diatas dapat meningkatkan kunjungan pada blog kita.
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. sangat sulit di halaman pertama google
    apa labe sangat penting untuk penentuannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Label harus ada, karena algoritma search engine akan menelusuri hal itu.

      Hapus
  2. ternyata mendingan pake akun google dibanding pake name + url yaaa,, noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...kira-kira begitulah ceritanya.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya