Apapun Masalahnya Sabar Solusinya

01.07
Apapun Masalahnya Sabar Solusinya

Hampir semua manusia pernah mengalami kondisi dimana dia atau keluarganya mengalami masalah yang berat dan kadang hampir saja membuat manusia terjerumus ke dalam jurang kenistaan karena dia atau keluarganya telah berputus asa. Wujud keputusasaan itu bisa beragam sesuai tingkat kesiapan seseorang dalam menghadapi sebuah masalah yang berat.

Putus asa dalam agama jelas tidak diperbolehkan untuk dilakukan, karena putus asa menandakan bahwa keyakinan seseorang akan Tuhan Yang Maha Penolong sangatlah lemah. Dan yang lebih parah lagi adalah ketika orang yang sedang berputus asa itu mengganggap bahwa Tuhan itu tidak ada. Ini merupakan hal buruk yang jangan sampai terjadi pada kita.

Saudaraku sebangsa dan setanah air, kita memang sedang berada di situasi yang tidak menyenangkan. Ekonomi atau sistem ekonomi yang dikelola oleh negara sampai saat ini belum mampu mengangkat kesejahteraan manusia Indonesia pada titik yang membahagiakan. Korupsi telah dianggap hal lumrah yang menjadi agenda besar yang wajib dikerjakan oleh beberapa orang bermoral bejat dan nista, Semoga Tuhan segera memberikan "peringatan kerasNya" untuk mereka, Aamiin.

Sebagai insan yang masih meyakini kasih sayang Tuhan, kita mesti menghadapi setiap permasalahan yang dialami keluarga dengan ikhlas dan sabar. Sabar dan ikhlas merupakan "tips" yang dianugrahkan Tuhan agar manusia bisa menjadi ciptaanNya yang terbaik dan menunjukkan pada makhluk lainnya bahwa manusia bukanlah ciptaanNya yang suka membuat kerusakan di muka bumi.

Sabar adalah sebuah mental positif yang mengandung energi yang cukup dahsyat, sehingga apapun masalah yang sedang terjadi dapat dilalui atau diatasi dengan kepala dingin, tidak mudah marah, tidak curiga pada orang lain, dan tidak berbuat gegabah dalam mengambil keputusan disaat-saat yang sulit.

Dan sabar juga ibarat sebuah pemahaman bahwa masalah dalam kehidupan merupakan sesuatu yang alami seperti keberadaan daun hijau yang layu dan jatuh ke tanah dan menjadi sampah-sampah yang berserakan. Jadi, kita harus lebih tegar dan kuat lagi dengan memberikan support kepada diri sendiri maupun orang lain agar tidak menjadi insan yang gampang "memble" atau "melempem" seperti kerupuk yang kehilangan rasa gurih dan renyahnya. Sambil terus berdoa dan bekerja maksimal, mari kita hadapi setiap masalah yang datang dengan penuh kesabaran. Jadi apapun masalahnya, sabar solusinya.
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Mampir Kawan, maaf ya telat, memang hanya sabar sebagai penolong Kawan.

    BalasHapus
  2. Mampir kembali Bang Dody. Moga cepet selesai masalahnya ya, hehehee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terima kasih Bang Tebe sudah mampir.

      Hapus

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog