Agar Kita Tidak Terbebani Mahalnya Biaya Kesehatan

02.02
Agar Kita Tidak Terbebani Mahalnya Biaya Kesehatan

(Bagian Administrasi Sebuah Rumah Sakit)

Kesehatan adalah hal yang sangat berharga di zaman sekarang. Bagi kita yang anggota keluarganya pernah dirawat inap di rumah sakit tentu sangat memahami akan hal ini. Keterbatasan/sedikitnya ketersediaan pelayanan dan infrastruktur kesehatan di Indonesia yang tidak terlalu mahal dan berkualitas menjadi faktor utama yang menyebabkan biaya kesehatan menjadi mahal. Ada beberapa peralatan medis yang diperoleh dengan cara impor sehingga menentukan biaya suatu tindakan medis.

Sakit merupakan keadaan yang tidak diharapkan oleh banyak orang, kita tentu ingin agar tubuh senantiasa sehat dan tidak menderita suatu penyakit yang sampai harus dirawat inap di rumah sakit. Karena kalau judulnya sudah rawat inap, pasti biaya yang dibutuhkan akan sangat mahal mengingat penyakit yang diderita biasanya adalah penyakit kronis atau berbahaya yang dapat sewaktu-waktu menyebabkan kematian.

Pepatah mengatakan mencegah lebih mulia daripada mengatasi. Pada banyak sisi pepatah ini cukup ampuh untuk menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan. Namun agar di masa yang akan datang kita tidak terbebani mahalnya biaya kesehatan, maka hal-hal berikut ini perlu kita pertimbangkan:
  1. Asuransi kesehatan sosial dari pemerintah seperti BPJS tidak seluruhnya mau meng-cover biaya perawatan (rawat inap) pasien di rumah sakit. Apalagi jika kebetulan kamar untuk rawat inap berbeda kelas dengan yang tertera pada identitas BPJS, Anda harus bersiap-siap membayar biaya yang tidak tercover BPJS. Jadi, memilih rumah sakit yang menyediakan kamar banyak untuk pasien adalah hal penting yang harus diutamakan. Carilah informasi dari tetangga atau saudara mengenai ketersediaan kamar rawat inap ini.
  2. Kurangi resiko mengalami penyakit kronis dengan menjaga kesehatan dengan berolah raga dan mengkonsumsi makanan serta minuman yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Dengan demikian ketika musibah seperti kecelakaan mengharuskan pasien untuk dirawat inap, keluarga tidak terbebani biaya diluar biaya akibat musibah yang kadang tidak terduga.
  3. Memilih asuransi kesehatan perorangan. Asuransi kesehatan perorangan ini memang biaya bulanan yang harus dicicil relatif mahal, namun manfaat yang diperoleh pemilik asuransi jauh lebih baik dari asuransi kesehatan sosial. Asuransi tipe ini diawal sudah mengadakan perjanjian yang cukup fair bagi konsumennya. Anda pun tidak rugi karena dalam beberapa tahun apabila uang asuransi Anda tidak terpakai, alias Anda sehat wal afiat, uang Anda akan menjadi tabungan dan dapat diambil sesuai perjanjian. Cermati dan tanyakan manfaat dan kewajiban jika kita memilih asuransi perorangan. Anda juga dapat belajar dari sanak famili yang pernah menggunakan layanan asuransi kesehatan. Jika Anda memiliki dana yang lebih leluasa, Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang full-protected.
  4. Paksa diri untuk menabung. Menabung memberikan keuntungan dalam berbagai aspek kehidupan. Kebiasaan menabung diawal-awal waktu memang harus dipaksakan agar kita dapat mengatasi pengeluaran tak terduga seperti biaya kesehatan. Daripada kita pusing di kemudian hari lebih baik sedikit demi sedikit mulai menabung sehingga beban biaya di masa yang akan datang bisa dikurangi.
Demikian beberapa hal yang mudah-mudahan dapat mengingatkan kita tentang betapa pentingnya melakukan persiapan akan pengeluaran dan biaya tak terduga berkaitan dengan kesehatan.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya