Agar Kita Tidak Mudah Stress

02.10
Agar Kita Tidak Mudah Stress

Tuntutan hidup zaman modern dewasa ini semakin beragam dan menguat seiring perubahan mindset manusia modern yang menganggap bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh satu faktor mutlak yakni materi. Sukses saat ini identik dengan kuantitas harta benda yang kita miliki.

Keadaan seperti itu kadang mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan psikis seseorang. Orang menjadi sulit untuk sabar, gampang marah, sebagai ciri orang sedang dilanda stress. Sebuah tekanan kejiwaan yang membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman untuk dijalani.

Stress terjadi akibat tidak terpenuhinya ambisi yang seharusnya dapat tercapai pada waktu dan kondisi tertentu, namun apalah daya semua itu tiba-tiba menjadi tidak berarti. Stress dapat juga terjadi manakali sebuah suasana yang diinginkan berbeda 180 derajat dengan apa yang digambarkan otak bawah sadar manusia. Nah...agar kita tidak mudah stress, tips-tips berikut ini patut kita coba:

UBAH MINDSET KITA TENTANG SESUATU
Stop memikirkan sesuatu yang akan menyiksa diri kita sendiri. Ubah pemikiran bahwa bahagia atau sukses itu adalah berkaitan dengan uang. Kita tidak boleh terbawa arus mengikuti pola pikir kebanyakan orang yang mengabaikan makna kebahagiaan dan kesuksesan. Saya yakin sebagian orang akan sepakat bahwa kebahagiaan adalah situasi yang membuat kita merasa nyaman dalam melakukan suatu aktivitas. Jika tempat tidur yang kita miliki sekarang bisa membuat kita tidur dengan nyenyak, kenapa harus memikirkan untuk memiliki kamar tidur yang mewah dan mahal. Sekali lagi bahagia itu indikator-indikatornya yang menentukan adalah diri kita sendiri, bukan orang lain. Bukan artis, bukan pula tetangga kita.

BERSYUKUR DAN BERDOA
Yah...dalam beberapa ajaran agama mengamini bahwa perilaku syukur membawa kondisi batin kita pada peningkatan kualitas dalam merasakan efek bahagia secara lebih intens dan mendalam. Berdoa dan bersyukur adalah kombinasi aktivitas religi yang mengantarkan kita pada sisi-sisi kehidupan yang menakjubkan. Energi syukur menentramkan batin yang berimbas pada kuatnya cita rasa dalam setiap pengalaman sehari-hari.

SADARILAH BAHWA KITA BERBEDA DENGAN ORANG LAIN
Manusia adalah individu yang memiliki ciri khas berbeda satu sama lain. Dus berarti apa yang menjadi patokan keberhasilan tak boleh disamakan dengan yang lain. Lebih cepat, lebih pintar, atau lebih kaya bukanlah keadaan yang menjadi beban kita dimana kita merasa seolah-olah diri kita tak berguna dibanding orang lain.

NIKMATI PAGI HARI DENGAN SECANGKIR TEH
Rutinitas kadang membuat kita tak pernah bisa menikmati suasana atau kejadian kecil yang sebenarnya merupakan kunci merangkai kebahagiaan. Sesekali rasakan hangatnya secangkir teh di pagi hari sambil menikmati segarnya udara pagi. Rasakan setiap sruputnya dengan perlahan namun pasti. Lihatlah burung-burung yang bersiul menyapa kita dengan senyuman yang tergambar dari kepak sayap mereka.

SAAT LELAH ISTIRAHATLAH
Istirahat sangat ampuh untuk menetralkan emosi manusia. Bebaskan diri kita dengan cara melupakan pikiran-pikiran yang menghambat nyenyaknya tidur kita. Kondisi lelah jangan dipaksa untuk bekerja. Sebaiknya kita paksa sejenak untuk meluruskan badan dan mulai tidur meski hanya beberapa jam saja.

RUTINKAN JADWAL PIKNIK ATAU OLAHRAGA
Piknik, rekereasi, atau plesiran merupakan hal yang tak kalah penting untuk menjaga kebugaran fikiran dan mental. Kita dapat memilih untuk melakukan piknik, memilih untuk berolahraga, atau melakukan kedua-duanya. Semua itu sesuaikan dengan waktu dan budget yang kita miliki. Yang penting aktivitas ini harus rutin dilakukan minimal sebulan sekali.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Artikel Populer Lainnya

Komentar Pengunjung Blog