Tips Ngeblog - Kekuatan Sebuah Fokus

02.35
Salam sukses dan mulai!. Sobat blogger dan rekan netizen sekalian, membangun dan merawat sebuah blog tentu membutuhkan "keseriusan" meskipun hal tersebut bisa dilakukan dengan penuh kegembiraan. Karena dengan keseriusan akan terasa dampaknya pada blog yang kita rawat. Salah satu hal yang menunjukkan bahwa kita termasuk salah seorang blogger yang serius mengelola blog, yakni dengan memusatkan perhatian pada aktifitas-aktifitas yang lebih menguntungkan bagi blog kita masing-masing. Yes!, benar adanya bahwa fokus sangat dibutuhkan dalam mengelola blog.

Berbagai buku dan seminar-seminar tentang pengembangan diri telah banyak memberikan informasi yang tegas tentang kekuatan sebuah fokus bagi tercapainya kesuksesan seseorang. Fokus bisa berarti memusatkan perhatian pada aktifitas-aktifitas yang mendorong agar sukses bisa diraih dalam tempo yang lebih cepat. Dengan fokus maka tenaga yang kita keluarkan akan benar-benar efektif dan efisien. Waktu juga bisa digunakan dengan bijak sehingga target dapai dicapai sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

BLOG TERBENGKALAI AKIBAT KURANG FOKUS
Membaca adalah salah satu hobi yang setiap saat sering saya lakukan. Namun, karena saking asyiknya membaca (baik itu buku, majalah, maupun pdf), saya malah jadi enggan untuk menulis artikel. Bulan April ini boleh dibilang semangat menulis artikel saya mulai merosot tanpa harus ada yang merosotin (celana keles bro, hehehe). Saya akhirnya sadar bahwa fokus saya sudah berubah. Seharusnya membaca sebagai langkah awal untuk menulis artikel, justru saya terbawa pada kenyamanan baru yang tentu kurang baik bagi perkembangan blog ini nanti. Saya memang merasa nyaman dengan sering membaca, tetapi di lain sisi timbul rasa malas untuk menulis artikel.
Meskipun membaca mampu memberikan manfaat positif, yakni kita dapat menulis artikel dengan kualitas yang lebih baik, namun fokus yang berlebihan pada aktifitas membaca kadang membuat kita enggan untuk memposting artikel baru. Saya akhirnya memahami bahwa fokus itu juga berkaitan erat dengan proritas. Artinya kita mesti memilih hal manakah yang akan kita dahulukan. Atau bisa dilakukan kedua-duanya dengan membuat jadwal khusus. Misalnya, pagi untuk membaca dan malam untuk menulis artikel.

Satu hal lagi yang membuat saya kurang fokus adalah pekerjaan offline yang sedang berada pada masa-masa paling mendebarkan, yakni mempersiapkan segala sesuatu agar pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk tingkat SMP/MTs dapat berjalan lancar. Karena menggunakan perangkat komputer dan jaringan, kewajiban sekolah penyelenggara UNBK adalah memastikan bahwa komputer server dan client bisa bekerja dengan baik. Pekerjaan ini terus terang membuat saya tidak bisa fokus dengan baik untuk mengerjakan hal-hal lainnya.

BAGI SEORANG PEMBALAP, FOKUS ITU HUKUMNYA WAJIB
Ketika menyaksikan sebuah acara pertandingan balap sepeda motor atau mobil kita dapat mengamati ekspresi wajah dan gerakan tubuh seorang pembalap. Kebetulan saya salah seorang penggemar MotoGP. Pembalap MotoGP tentu harus fokus pada lintasan balap yang sedang dilalui sepeda motornya. Sedikit saja ia kehilangan fokus, maka pembalap dan sepeda motornya akan terlempar ke luar lintasan, dan yang lebih membahayakan lagi adalah terjadinya kecelakaan hebat yang bisa "merenggut nyawa" si pembalap tersebut.

Tips Ngeblog - Kekuatan Sebuah Fokus
Pembalap Harus Fokus, Gambar: tribunnews.com

Fokus pada aktifitas balapan yang sedang dijalani merupakan hal wajib bagi seorang pembalap, karena itu adalah letak kekuatan dan ketangguhan seorang pembalap. Begitu juga bagi seorang blogger, ia dapat melakukan hal ini dalam merawat blog kesayangan. Seorang blogger hendaknya fokus pada dua hal, yakni menulis artikel dan blogwalking.Jangan tergiur untuk melakukan hal lain seperti asyik berchat ria dengan lawan jenis di sebuah aplikasi media sosial.

Berdasarkan pengalaman, dua hal wajib tersebut merupakan kunci kesuksesan seorang blogger. Semoga saya bisa selalu fokus dengan kedua hal tersebut agar blog tetap terawat dengan baik. Agar pikiran ini tidak melayang kemana-mana. Dan hasrat hati pun tidak "keluyuran" ke sembarang tempat. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!.
Previous
Next Post »

22 komentar

  1. wah.. blogq terbengkalai sekali bang.. bener kata bang dody.. kurang fokus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip...yuk mari kita fokus...hehehe.

      Hapus
  2. bagi pembalap, fokus adalah hal yang wajib
    konsentrasi agar meraih yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fokus meningkatkan energi pada satu hal. Sehingga meski waktu terbatas bisa menyelesaikan banyak hal.

      Hapus
  3. Iya. Betul sekali Mas untuk ngeblog membutuhkan " Fokus " , tapi yang sering terjadi, banyak hal2 lain yang membuat kita tidak bisa fokus, misalnya saat akan ngeblog ada teman disamping kita yang rajin ngajak kita ngobrol, padahal mood ngeblog sedang kambuh2nya, giliran ia berhenti ngajak ngobrol,,,,eeee mood jadi lenyap, haduhhhhh.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...harus selalu fokus Sobat. Jangan malah asyik nonton dan ngeliatin yang enggak-enggak termasuk ngerumpi.

      Hapus
  4. Amin ya allah mas doddy.. Semangat nulis terus yaa.. tapi saya percaya mas doddy lebih rajin dari saya lho.. kadang saya tinggali 2 hari aja udah banyak postingan baru yang belum saya komentari wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk...tapi bulan ini lagi menurun prestasi menulisnya.

      Hapus
  5. Gk bisa fokus Mz liat rossi di srempet hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolongin dong Bang Rossinya, siapa tahu kakinya terluka...hehehe

      Hapus
    2. Kakinya sih gk apapa Mz, cuman hatinya yang terluka.. aseek 😂

      Hapus
  6. Fokus tidak harus pada 1 bidang bisa juga sambil menekuni bidang lain asalkan bisa mengelola semuanya. Saya sih ngeblog oke, buka toko online juga tambah jualan offline dan saya sangat menikmatinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap itu. Saya juga kepengen sih punya toko offline nanti kalau sudah bisa dapet tempat yang cocok. Sekarang lagi nabung sambil update artikel dulu Sobat.

      Hapus
  7. saya tidak fokus blog karena urusan kuliah, karena tujuan ngeblog sebagai pengisi waktu luang saja..kalau kuliah lagi sibuk otomatis blog jadi terbengkalai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lancar kuliahnya Sobat Dzikri. Semangat dan sukses selalu.

      Hapus
  8. aku seringnya malah salfok bang buka laptop internetan eh malah buka yutub jadi lupa ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...disitulah kadang saya merasa sering melakukaknnya juga.

      Hapus
  9. sering ikutan kontes nih gan jadinya topik blog ku jadi semrawut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti juga bisa normal kembali dengan sedikit perubahan sana-sini. Kalau kontes bisa meningkatkan trafik itu bagus.

      Hapus