Inilah Alasan Mengapa Ngeblog Wajib Dilakukan

06.36
Salam sukses dan mulia!. Sobat blogger dan rekan netizen yang selalu bersyukur dan berbahagia. Pada kesempatan yang berharga ini saya ingin mengupas sebuah tema tentang alasan mengapa ngeblog wajib dilakukan. Sebuah tema yang merupakan intisari dari aktifitas ngeblog (membangun dan memonetasi blog) yang selama ini saya lakukan. Berdasarkan pengalaman pribadi yang turut merasakan betapa ngeblog memberikan bermacam sensasi, baik itu hal yang menyenangkan, suasana hati saat dilanda kejenuhan, dan support yang berasal dari diri sendiri maupun yang berasal dari sobat-sobat blogger sekalian yang senantiasa meniupkan "spirit" yang luar biasa.

Menurut analisis subyektif saya, ngeblog mirip sekali dengan aktifitas bisnis yang dijalankan oleh para pengusaha. Dalam bisnis dikenal dengan berbagai prinsip yang harus "ditaati" oleh para pelaku bisnis apabila menginginkan kesuksesan usahanya bisa terwujud dengan baik. Prinsip-prinsip seperti uang bukanlah modal utama, kerja keras dan siap menerima tantangan, menghargai waktu, memiliki inovasi, memiliki impian, adalah beberapa prinsip yang sebenarnya bisa digunakan oleh seorang blogger agar selalu "istiqomah" dengan aktifitas ngeblog yang dilakoninya saban hari.

Beberapa alasan mengapa ngeblog wajib dilakukan diantaranya adalah:

1. NGEBLOG ADALAH AKTIFITAS YANG MENGGEMBIRAKAN
Bagi Sobat blogger yang sudah bisa merasakan bahwa ngeblog adalah aktifitas yang menggembirakan, saya ucapkan selamat dan semoga dapat tercapai apa yang diimpikannya. Dengan ngeblog setiap hari yang diiringi blogwalking, saya menjumpai banyak hal-hal unik dan lucu saat melihat postingan sobat-sobat blogger lainnya. Kenapa saya katakan unik dan lucu? Yah, karena hanya di dalam artikel blog sajalah berbagai detail dan pernak-pernik hidup diceritakan. Dari mulai tema SEO yang serius sampai sendal jepit yang putus pada salah satu bagiannya. Komentar-komentar yang dilontarkan pada sebuah artikel pun lebih menggambarkan suasana kekeluargaan, penuh canda tawa, dan saling support satu sama lain.

2. NGEBLOG ADALAH SARANA AKTUALISASI DIRI
Keberadaan Sobat di dunia nyata seringkali tidak secara maksimal memberikan kesempatan kepada Sobat untuk beropini, berekspresi, menyampaikan gagasan unik atau nyentrik, atau hanya sekedar ingin menunjukkan eksistensi diri sebagai manusia. Nah, blog memberikan semua hal tersebut kepada Sobat. Sobat bisa menyampaikan sebuah ide melalui artikel yang diposting pada blog.

Alasan Mengapa Ngeblog Wajib Dilakukan
Alasan Mengapa Ngeblog Wajib Dilakukan

Topik-topik yang dominan diposting pada blog juga akan mengabarkan dan memberikan sinyal khusus tentang sosok pribadi sang penulisnya. Tetapi karena blog bersifat dinamis, maka sinyal khusus tersebut juga ikut berubah. Mungkin hari ini Sobat berasumsi bahwa si Anu adalah sosok yang sangat jujur, tetapi dilain waktu ia juga merupakan sosok yang humoris.

Blog membantu Sobat menemukan hal apa sajakah yang sebenarnya selama ini "dicari" dan "diinginkan". Blog membentuk pola pikir yang teratur, sistematis, inovatif, yang akhirnya membuat kita menemukan berbagai hal yang bisa membuat kita merasa sangat bersemangat untuk menjalani suatu aktifitas dan rutinitas tertentu. Dalam istilah bisnis, blog membantu Sobat menemukan passion dalam hidup ini. Sehingga Sobat semakin hari semakin gembira dan produktif.

3. BLOG ADALAH "TABUNGAN PENSIUNAN" KITA BEBERAPA TAHUN MENDATANG
Topik yang membahas bagaimana blog bisa menghasilkan uang tentu sudah berlimpah jumlahnya di benua maya ini. Tetapi khusus untuk publisher Adsense, untuk bisa "mencairkan" gaji bulanan dari blog, tentu ada syarat nominal tertentu per bulan yang harus dicapai agar bisa berpindah ke dompet Sobat sekalian. Google Adsense mensyaratkan jumlah pencapaian 100 dollar agar bisa dicairkan.

Saat blogger belum bisa mendapatkan 100 dollar per bulan, maka saat-saat indah seperti itulah yang memberikan keyakinan kepada kita semua, bahwa blog adalah "tabungan pensiunan" kita beberapa tahun mendatang. Karena dari beberapa kisah blogger yang dituangkan dalam artikel, jarang sekali blogger yang bisa payout rutin per bulan pada tahun pertama / awal-awal membangun blog. Bahkan rata-rata blogger baru bisa merasakan manisnya "harta maya" sekitar 2-3 tahun.

Walaupun ada juga beberapa blogger yang sukses meraih penghasilan dari artikel seperti "job review" yang mereka buat, dan uangnya bisa mereka rasakan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Tetapi saya yakin sebagian besar blogger "mengharapkan" Adsense sebagai sumber utama penghasilan blog.

4. NGEBLOG ARTINYA MEMANFAATKAN SISA KUOTA INTERNET YANG BERLIMPAH
Dewasa ini komunikasi melalui telepon dan sms sudah mulai tergantikan oleh dominasi media sosial seperti WhatsApp yang kini lebih sering digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Untuk dapat menggunakan media sosial tersebut, maka setiap bulan kita wajib mengeluarkan biaya untuk membeli kuota internet. Karena media sosial kini juga sudah digunakan untuk membantu pekerjaan terutama yang berkaitan dengan sistem pelaporan online, para karyawan rata-rata menghabiskan 50 sampai 100 ribu rupiah per bulan.

Baca Juga : WOW! - TERNYATA ARTIKEL INI ADA JUDULNYA BRO!

Karena berdasarkan pengalaman saya, membeli paket internet yang tanggung sering menganggu pekerjaan. Resikonya ada sisa kuota yang berlimpah yang sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik. Bagi para karyawan kantor, menggunakan internet untuk bermain game atau menonton Youtube sering tidak bisa maksimal dilakukan, mengingat badan sudah lelah karena seharian bekerja.

Berbeda halnya kalau sisa kuota itu kita gunakan untuk ngeblog, ada manfaat positif yang didapatkan meskipun kadang harus menulis artikel sambil terkantuk-kantuk. Dan bagi saya, penghasilan dari blog dapat mengganti biaya yang sudah dihabiskan untuk membeli kuota internet setiap bulan.

5. BLOG SOBAT SUATU SAAT BISA MENJADI SEBUAH BISNIS BESAR
Blog yang dirawat dengan apik akan tumbuh menjadi blog yang tangguh dan menghasilkan. Ada blogger yang sukses membangun bisnis media karena ketekunannya membangun blog. Yah, sosok Linda Ikeji merupakan contoh blogger yang sukses memiliki stasiun televisi sendiri sebagai akibat ketekunannya merawat blog. Bahkan Linda Ikeji tak pernah sedikitpun menggunakan teknik SEO di beberapa tahun saat awal-awal membangun blog. Tapi kini, karyawan-karyawan Linda Ikeji lah yang melakukan optimasi blog miliknya.

Potensi pengguna internet di Indonesia yang sangat besar, membutuhkan ketersediaan konten digital yang berlimpah pula. Kalau dilihat dari statistik jumlah blogger Indonesia yang saat ini benar-benar aktif dari beberapa media sosial, kita bisa menyimpulkan bahwa peluang blogger zaman now terlihat sangat besar dibanding blogger zaman kelak. Artinya sebelum bermunculan blogger-blogger zaman nanti, blogger zaman now wajib mempersiapkan blognya dengan semaksimal mungkin. Sehingga kelak Sobatlah yang akan menjadi trending topic kisah blogger sukses di Indonesia.

Demikianlah ulasan saya tentang Alasan Mengapa Ngeblog Wajib Dilakukan. Semoga Sobat sekalian tetap bergairah dan bersemangat merawat blog kesayangan tanpa kenal lelah. Dengan kemauan untuk terus belajar dan berkarya, niscaya suatu saat blog Sobat akan berkembang menjadi blog yang tangguh dan menghasilkan. Daripada waktu dan kuota yang ada hanya digunakan untuk ber-sosial media ria, akan lebih baik dimanfaatkan untuk berbagi ilmu dan sharing informasi. Semoga bermanfaat dan salam olahraga!.
Previous
Next Post »

29 komentar

  1. blog adalah hal yang mengasikkan pokoknya buat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah Bang Abd Kadir Rusdi, semoga semakin berkah...Aamiin.

      Hapus
    2. AAMIInn bang Dody mari terus ngeblog

      Hapus
  2. Klau sy pas di no.3, 4 dan 5 dan akhirnya tercipta no.1 gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm...kadang saya juga begitu. Uang memang menggiurkan...hehehe

      Hapus
  3. Akhirnya tambah lagi penyemangat ngeblog..ngeblog itu membuat jalan agar uang tetap mengalir meski kita sedang tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Pakudin. Menuju kebebasan finansial lewat blog.

      Hapus
  4. Bagiku menulis merupakan cara terbaik terbaik untuk mengabadikan pengalaman. Mau dimana aja nulisnya, salah satunya ya di blog..

    Bawa senang aja, kalau udah saatnya dapet rezeki dari ngeblog pasti juga ada ya, Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...selalu berpikir positif, karena rezeki kita tak akan tertukar dengan lainnya.

      Hapus
  5. Lemparin kuotanya Mz, cuma ada 200 mb buat 2 hari 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat Kak Risna, nanti juga akan bisa beli kuota unlimited. Yang penting update terus blognya dgn artikel sebanyak mungkin.

      Hapus
  6. Wahhh...saya tambah semangat ngeblog nich setalah membaca tulisan diatas, biar ada sumber dana pensiun dimasa akan datang. Trim's Mas infonya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo digeber Kang Nata biar bisa pensiun muda...hehehe

      Hapus
  7. Mengelola blog bukan hal yang mudah, butuh keseriusan, kesabaran dan kekonsistenan. Bila seorang blogger memiliki itu, niscaya akan sukses dan mendapatkan penghasilan baik.

    Terkadang keseriusan dan kekonsistenan tidak selamanya hinggap, mulai muncul rasa jenuh, malas, tidak sabar dan ingin cepat dapat hasil besar. Saya meyakini bahwa blog-blog berpenghasilan besar tidak dibangun dalam waktu sekejab.

    No. 3 sebenarnya yang mendasari saya mulai mengelola blog beberapa tahun lalu. Teringat kata Bapak "Ketiga adikmu PNS, dapat pensiun, kalau kamu kerja di swasta, hanya seorang staf biasa, lalu bagaimana nanti?". Di blog-blog yang saya kelola inilah ada secercah harapan uang pensiun. Semoga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. InsyaAllah sukses selalu menyertai kita Bang Hindro. Karena saya lihat peluangnya masih sangat besar. Persaingan di dunia blogging kelak bisa semakin ketat. Saat ini mumpung masih ada celah, untuk mendulang kesuksesan.

      Hapus
  8. Amin donk kak doddy saya selalu berdoa semoga menjadi bisnis besar secepatnya balik modal xixiix.. Intinya mah stress release juga dan menyalurkan hobbi agar lebih bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih teh Vika. Semoga bisa terus semangat dan happy.

      Hapus
  9. Ngeblog juga membuat kita update wawasan, jadi tiap hari tahu info up to date dari kegiatan blog walking :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak kejangkit penyakit gaptek dan kudet ya mba Anisa Ae? Hehehe.

      Hapus
  10. Benar kata mas dody ketika pertama kenal ttg blog dan membangunya. blog bisa menghasilkan setelah 1 - 2 tahun untuk dapat gajian rutin bulanan, setelah itu akan mengalir seterusnya sehingga menjadi tabungan pensiunan dan bahkan bisa di wariskan ke anak anak kita sebagai generasi zaman now..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Betul Bang, blogger harus punya semangat bertubi-tubi. Dan terus berkarya karena suatu saat akan panen abadi selama hayat msh dikandung badan.

      Hapus
  11. Yg pensiunan itu cairnya taun berapa kak? Untuk saat inisl saya sendiri sekedar hobi tanpa pusing memikirkan keuntungan yg didapet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk blog gado-gado 2-3 tahun sdh bisa pensiun asalkan rutin update artikel setiap hari. Tapi utk blog niche bisa lebih cepat lagi. Rata-rata sifat males sangat menghambat kesuksesan seorang blogger, termasuk saya hehehe...

      Hapus
  12. daripada duduk termenung lebih baik ngeblog to

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyo toh Bang. Sambil ngopi dan lain sebagainya, ngeblog bisa makin asyik. Apalagi diiringi lagu yg ngebeat....makin semangat deh.

      Hapus
  13. Aku sepakat banget sama tulisan di atas, bagiku ngbolg adalah refleksi batin. Aku bahgaia ketika bisa menuliskan apa yg ada di pikiranku, apa yg aku rasakan. Meskipun blogku isinya cuma curhat doang pak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. It's oke wae. Yang penting curhatnya jangan kebablasan. Harus tetap merahasiakan identitas pribadi atau hal-hal yang mengandung privacy.

      Hapus
  14. Bagi saya Ngeblog itu ibarat ngopi kalau belum dilakukan tuh serasa ada yang kurang, Target 1 Hari 1 Artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip...Saya lihat blog Sobat Dwi Sugiarto sudah mantap trafiknya, tinggal dirampingin lagi ke angka ratusan ribu. Saya malah masih berjuang nih biar makin maknyuss.

      Hapus