Alhamdulillah - UNBK SMP Berjalan Tertib dan Lancar

08.59
Salam sukses dan mulia! Sobat netizen yang selalu bersyukur dan berbahagia, Ujian Nasional menjadi salah satu persyaratan utama kelulusan peserta didik yang ingin mendapatkan ijazah sebagai bukti sah bahwa seorang peserta didik telah berhasil menempuh pendidikan sesuai jenjang.

Dengan demikian para pelajar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Sehingga saat memasuki usia produktif, generasi muda penerus bangsa itu mampu memberikan hal terbaik untuk masa depan diri dan bangsanya.

UNBK BAGIAN DARI PERUBAHAN PADA SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang selama dua tahun belakangan mengalami peningkatan secara kuantitas, membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Sekolah atau satuan pendidikan berharap bahwa perubahan sistem penilaian melalui Ujian Nasional yang semula berbasis kertas (paper based) menjadi berbasis komputer (computer based) selalu mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

Dari mulai tersedianya bantuan perangkat keras komputer, perbaikan jaringan internet di Indonesia, selama ini belum bisa dirasakan gaungnya di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK. Jangankan sekolah swasta, sekolah-sekolah negeri (terutama tingkat SMP) masih harus melakukan peminjaman laptop kepada peserta didik.


Resiko peminjaman laptop tersebut tentu sangat besar. Selain mudah dijual, pengamanan laptop harus ekstra ketat untuk menghindari aksi "pencurian" yang beberapa kali kerap terjadi. Akhirnya sekolah harus menanggung kerugian material yang sangat besar. Mengingat harga laptop yang layak digunakan untuk UNBK harganya masih jutaan.

MESKI SERVER SEMPAT DOWN, ALHAMDULILLAH UNBK SMP WILAYAH JAKARTA UTARA 1 BERJALAN LANCAR
Server yang sempat "down" pada hari pertama pelaksanaan UNBK sempat membuat panik beberapa sekolah, dan juga menyebabkan kegelisahan bagi peserta didik. Dan untuk sekolah-sekolah yang ada di DKI Jakarta yang notabene dekat dengan Kantor Puspendik seharusnya bisa berjalan tanpa hambatan besar. Tapi tampaknya pemerintah harus memperbaiki kekurangan ini agar tahun depan bisa lebih baik lagi.

Sekolah kami, yakni SMP Gunung Jati berada dibawah naungan Sudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, Alhamdulillah kami bisa melaksanakan UNBK Tahun 2018 ini dengan baik. Kelancaran dan tertibnya pelaksanaan UNBK membuat kami merasa lega, setelah sempat "merasakan ketegangan" yang luar biasa selama empat hari.

Ucapan terima kasih kami tujukan kepada pihak-pihak yang turut membantu kelancaran penyelenggaraan UNBK Tahun 2018 ini. Tanpa dukungan dari berbagai pihak tentu kami tak akan mampu melaksanakan tugas negara ini dengan baik.

Kepada masyarakat sekitar sekolah, perangkat RT/RW atau Kelurahan, Kepolisian wilayah Tanjung Priok dan jajarannya, staf Sudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Utara, para pengawas silang, dan kepada rekan guru serta siswa-siswi kami, kalimat syukur dan bahagia mudah-mudahan dapat membawa kita semua pada keberkahan, Aamiin.

Kepada Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, besar kiranya harapan kami agar di tahun depan dukungan berupa bantuan perangkat keras komputer dan jaringan internet yang memadai dapat diberikan kepada sekolah-sekolah penyelenggara UNBK.

Semoga tahun depan, segala kendala teknis maupun persiapan sarana/prasarana komputer segera bisa diatasi dan dilakukan sejak dini. Sukses selalu untuk anak-anak Indonesia tingkat SMP/MTs, tetap semangat untuk terus belajar dan berperilaku terpuji. Salam sukses dan bahagia. Merdeka !!!.

Alhamdulillah - UNBK SMP Berjalan Tertib dan Lancar
Previous
Next Post »

4 komentar

  1. alhamdulillah proktor bisa kembali ngeblog setelah 4 hari mulai pagi sampai malam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditambah USBN selama 6 hari juga membuat aktifitas blogging harus dipending...semoga bisa produktif kembali ya Bang Abd Kadir Rusdi.

      Hapus
  2. Waa tidak kudugem ternyata mas doddy yang penulis ini berprofesi jadi guru toh> wkwkwkkwkw mantafff pantesan tulisannya mengandung arti terus yaaaa.. Alhamdulilah semoga unbknya lancar terus ya pak dodi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...memang dunia kadang penuh dengan hal-hal yang tidak pernah kita dugem teh Vika...😀

      Hapus